Apa Tujuan Manusia Melakukan Kegiatan Ekonomi? Yuk Ketahui Jawabannya

Rika Pangesti - detikEdu
Selasa, 18 Jan 2022 11:30 WIB
Ilustrasi belanja buah
Ilustrasi belanja/Motif melakukan kegiatan ekonomi, salah satunya belanja. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak dapat hidup sendiri. Tidak ada seorangpun dapat membuat semua barang yang dibutuhkannya. Manusia selalu membutuhkan orang lain. Oleh sebab itu, ada kerja sama antara orang yang satu dengan orang lainnya.

Manusia mempunyai kebutuhan yang harus dipenuhi seperti makanan, pakaian, rumah dan kendaraan. Selain itu, masih banyak kebutuhan manusia yang lain berupa barang maupun jasa. Beragamnya barang dan jasa itu merupakan bukti kebutuhan manusia sangat bervariasi.

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menemukan banyaknya manusia sibuk dengan pekerjaannya masing-masing. Mereka melakukan pekerjaan itu dengan tujuan memperoleh penghasilan. Penghasilan ini akan mereka gunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Tujuan manusia melakukan kegiatan ekonomi dapat disebut juga dengan motif ekonomi. Merangkum dari Modul Belajar Mandiri, motif adalah alasan atau niat dari suatu kegiatan. Semua yang dilakukan manusia pasti ada alasan tertentu.

Dengan demikian, motif ekonomi adalah sebuah alasan yang mendasari seseorang dalam melakukan kegiatan perekonomian. Berdasarkan alasannya motif ekonomi terdiri dari

2 Motif ekonomi

1. Motif ekonomi instrinsik

Motif ini adalah sebuah alasan yang berasal dari dalam diri manusia itu sendiri dengan tanpa paksaan atau pengaruh dari pihak lain. Orang itu sendiri yang menentukan perilaku ekonomi seperti menjual barang yang ia miliki dan lain sebagainya.

2. Motif ekonomi ekstrinsik

Motif ini terpengaruh oleh situasi di luar individu seperti ajakan dari orang lain untuk berbisnis. Motif ini terjadi karena stimulus yang diberikan oleh pihak luar seperti teman maupun situasi dan kondisi lingkungan sekitar. Misalnya, seorang bekerja karena tuntutan dari keluarga dan anak untuk membayar keperluan dan kebutuhan sehari-hari.

Selain alasan, motif ekonomi juga dibagi berdasarkan aspeknya yaitu:

1. Mendapatkan sebuah keuntungan.

2. Memenuhi kebutuhan hidup dan mencari sebuah kesejahteraan.

3. Mencari sebuah kekuasaan dalam perekonomian.

4. Mendapatkan penghargaan dari pihak lain.

5. Dorongan untuk perbuatan sosial (berbagi).

Nah, itulah tujuan manusia melakukan kegiatan ekonomi semoga meningkatkan pengetahuan kamu ya.



Simak Video "Olla Ramlan Isyaratkan Rumah Tangganya Sedang Tak Baik"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia