6 Contoh Sel pada Tumbuhan beserta Fungsinya

Rika Pangesti - detikEdu
Minggu, 09 Jan 2022 10:00 WIB
Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan
Foto: Getty Images/iStockphoto/Vitalii Dumma
Jakarta -

Semua makhluk hidup memiliki sel dalam tubuhnya, termasuk tumbuhan. Seperti apa contoh sel dalam tumbuhan?

Sel adalah unit terkecil yang menjadi dasar kehidupan. Semua fungsi kehidupan diatur dan berlangsung di dalam sel, dapat dikatakan bahwa sel adalah penyusun utama makhluk hidup.

Kata "sel" pertama kali dikemukakan oleh Robert Hooke yang artinya "kotak-kotak kosong", setelah ia mengamati sayatan gabus dengan mikroskop.

Berdasarkan Modul Biologi kelas XI yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, bentuk dan ukuran sel bermacam-macam, tergantung pada tempat dan fungsi dari jaringan yang disusunnya. Berdasarkan ada atau tidaknya selaput inti maka sel dibedakan menjadi dua, yaitu sel prokariotik dan sel eukariotik.

Sel prokariotik merupakan sel tidak mempunyai membran inti dan sistem endomembran, seperti retikulum endoplasma dan kompleks golgi. Selain itu, prokariotik juga tidak memiliki mitokondria dan kloroplas. Sedangkan, sel eukariotik adalah sel yang mempunyai membran nukleus dan sistem endomembran.

Contoh Sel pada Tumbuhan

Sel tumbuhan adalah kelompok sel eukariotik, yaitu kelompok sel yang mempunyai materi genetik (DNA) yang dibungkus oleh membran. Selain itu, sel tumbuhan mempunyai struktur yang khas dibandingkan dengan sel eukariotik lain. Berikut contoh sel yang ada dalam tumbuhan:

1. Sel Parenkim

Sel parenkim adalah sel yang memiliki sejumlah fungsi mulai dari penyimpanan hingga dukungan terhadap fotosintesis. Sel parenkim juga disebut jaringan dasar karena terdapat pada hampir seluruh bagian tubuh tumbuhan.

2. Sel Kolenkim

Sel kolenkim adalah sel penguat pada organ-organ tumbuhan yang masih aktif mengadakan pertumbuhan dan perkembangan. Jaringan ini terdapat pada batang, daun, bagian-bagian bunga dan buah, serta akar yang terkena sinar matahari.

3. Sel Sklerenkim

Sel sklerenkim adalah sel penguat pada organ tumbuhan yang sudah berhenti melakukan pertumbuhan dan perkembangan. Jaringan ini tersusun dari sel-sel yang mengalami penebalan sekunder dari bahan lignin pada dindingnya.

4. Sel Xilem

Sel xilem adalah sel pengangkut yang berfungsi mengangkut air dan garam mineral dari akar menuju daun.

5. Sel Floem

Sel floem disebut juga sebagai sel pengangkut. Sel ini bertugas mengangkut dan mendistribusikan zat makanan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tubuh tumbuhan.

6. Sel Epidermis

Sel epidermis tanaman adalah sel jaringan yang tersusun dari lapisan sel-sel yang menutupi permukaan organ tumbuhan, seperti daun, batang, dan akar.

Nah itulah, contoh sel yang ada dalam tumbuhan. Semoga bermanfaat ya, detikers!



Simak Video "Ingin Jalani Pembekuan Sel Telur? Ini Syarat yang Harus Diperhatikan"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/kri)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia