Gen: Pengertian, Simbol, Fungsi, dan Contohnya

Rika Pangesti - detikEdu
Jumat, 07 Jan 2022 19:30 WIB
3D medical background with DNA strand
Ilustrasi DNA. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Pernahkah detikers merasa ada kemiripan ciri-ciri fisik dengan orang tuamu? Bagaimana hal itu dapat terjadi? Ternyata hal tersebut dipengaruhi oleh keberadaan gen yang mewariskan sifat kepada keturunannya.

Gen pertama kali diperkenalkan oleh seorang ahli Genetika dan Embriologi Amerika Serikat, Thomas Hunt Morgan. Morgan mengatakan bahwa substansi hereditas-pewarisan sifat- yang dinamakan gen terdapat dalam lokus, di dalam kromosom.

Pengertian Gen

Gen adalah materi genetik yang terdiri atas sepenggal DNA yang menentukan sifat individu. Unit terkecil materi genetik ini terdapat dalam setiap lokus yang khas pada kromosom. Gen terdiri atas sepenggal DNA yang menentukan sifat individu melalui pembentukan polipeptida. Gen berukuran antara 4 - 8 m (mikron), dilansir dari modul Biologi Kelas XII karya Susi Nurul Fitri.

Gen juga berperan sebagai pengendali sifat pada organisme. Dalam hal ini, gen memegang peranan penting dalam proses pewarisan sifat. Beberapa sifat yang diwariskan antara lain warna kulit, bentuk mata, bentuk rambut, atau beberapa jenis penyakit tertentu. Proses pewarisan sifat dari orang tua (induk) ke anaknya disebut hereditas.

Sifat Gen

Merangkum dari Modul IPA Kelas IX yang disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, gen memiliki sifat-sifat, sebagai berikut:

1. Mengandung informasi genetik.
2. Masing-masing gen mempunyai tugas dan fungsi berbeda.
3. Pada waktu pembelahan mitosis dan meiosis dapat mengadakan duplikasi.
4. Ditentukan oleh susunan kombinasi basa nitrogen.
5. Sebagai zarah yang terdapat dalam kromosom.

Simbol Gen

Dilansir dari berbagai sumber, berikut simbol gen dari masing-masing jenisnya:

1. Gen Dominan

Gen dominan adalah gen yang dapat menutupi ekspresi gen lain, sehingga sifat yang dibawa muncul pada individu. Gen dominan disimbolkan dengan dengan huruf kapital, seperti A dan W.

2. Gen Resesif

Gen resesif adalah gen yang tertutupi oleh gen dominan sehingga sifat yang dibawanya tidak muncul pada keturunannya. Gen resesif ditulis dengan huruf kecil, contohnya a dan w.

3. Gen Heterozigot

Gen heterozigot adalah perpaduan dua gen dari sel sperma dan sel telur. Gen heterozigot disimbolkan dengan dua huruf yang terdiri dari satu huruf kapital dan satu huruf kecil, contohnya Aa dan Ww.

4. Gen Homozigot Dominan

Gen homozigot dominan adalah perpaduan dua gen dominan dari sel kelamin jantan dan sel kelamin betina. Gen homozigot dominan disimbolkan dengan dua huruf kapital, seperti AA dan WW.

5. Gen Homozigot Resesif

Gen homozigot resesif adalah hasil perpaduan dua gen resesif dari dua sel kelamin. Simbol gen homozigot resesif adalah dua huruf kecil, contohnya aa dan ww.

6. Kromosom Homolog

Kromosom homolog adalah kromosom yang berasal dari induk betina yang berbentuk serupa dengan kromosom dari induk jantan.

7. Fenotipe

Fenotipe merupakan sifat-sifat keturunan yang dapat dilihat secara langsung. Contohnya adalah tinggi, rendah, warna, dan bentuk.

8. Genotipe

Genotipe adalah sifat-sifat keturunan yang tidak dapat dilihat. Seperti simbol AA, Aa, dan aa.

Fungsi Gen

Berikut fungsi gen sebagai materi hereditas:

1. Gen berfungsi sebagai zarah tersendiri yang terdapat dalam kromosom.
2. Menyampaikan informasi genetik dari induk kepada keturunannya.
3. Mengatur proses metabolisme dan perkembangan

Contoh Gen

Contoh pewarisan sifat atau hereditas dapat dilihat dari ciri-ciri fisik sebagai berikut:

1. Warna rambut
2. Warna kulit
3. Bentuk hidung
4. Jenis rambut
5. Warna mata
6. Bentuk wajah
7. Tinggi badan

Nah, itulah pengertian gen, sifat, simbol, fungsi, dan contohnya yang menjadi alasan mengapa kita bisa mirip dengan orang tua kita. Sudah terjawab ya, detikers!



Simak Video "Pemerintah Terkesan Lepas Tangan soal Kerugian Para Member DNA Pro "
[Gambas:Video 20detik]
(kri/kri)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia