Nama-nama Hari dalam Bahasa Inggris dan Sejarahnya, Berasal dari Nama Dewa

Anatasia Anjani - detikEdu
Jumat, 07 Jan 2022 11:30 WIB
Kalender tahunan. dikhy sasrailustrasidetikfoto
Nama-nama hari dalam bahasa Inggris Senin-Minggu. Foto: detikcom/Dikhy Sasra
Jakarta -

Apakah detikers pernah penasaran mengapa nama hari dalam bahasa Inggris disebut Monday, Tuesday, Wednesday, dan seterusnya?

Nama-nama hari dalam Bahasa Inggris awalnya berasal dari kalender Babylonians. Kalender ini didasarkan pada kalender Sumeria yang berasal dari abad ke 21 SM.

Aturan tujuh hari dalam seminggu disesuaikan dengan waktu yang dibutuhkan bulan untuk bertransisi yaitu penuh, setengah penuh, dan sebagainya. Karena siklus bulan adalah 29,53 hari, orang Babilonia akan memasukkan satu atau dua hari ke dalam minggu setiap akhir bulan.

Selanjutnya bangsa Romawi menamai hari-hari dalam seminggu terinspirasi dari nama para dewa. Selain itu juga berhubungan dengan lima planet yang diketahui ditambah matahari dan bulan.

Nama-nama hari dalam bahasa Inggris dan sejarahnya

Berikut adalah asal mula nama hari dalam bahasa Inggris yang dikutip dari laman Live Science:

Sebenarnya kata-kata bahasa Inggris dalam setiap hari berasal dari tradisi Romawi, namun juga dipengaruhi dari mitos Jerman dan Nordik selama berabad-abad.

Orang-orang Jerman mengadaptasi sistem Romawi dengan mengidentifikasi dewa-dewa Romawi dengan dewa-dewa mereka sendiri.

1. Sunday atau Minggu

Kata ini berasal dari bahasa Inggris kuno yaitu Sunnandæg yang dalam bahasa latin dies solis atau hari matahari. Mitologi Jerman dan Nordik menganggap matahari sebagai dewi bernama Sunna atau Sól.

2. Monday atau Senin

Monday berasal dari bahasa Inggris kuno yaitu Mōnandæg, dari dewa Mani yang berarti bulan dan merupakan saudara dari Sol.

3. Tuesday atau Selasa

Selanjutnya, Tuesday berasal dari bahasa Inggris kuno yaitu Tīwesdæg, dewa bertangan satu. Ia dianggap sebagai planet Mars dan juga dewa perang Romawi.

4. Wednesday atau Rabu

Momen ini disebut sebagai hari Weden. Dinamai dari dewa Odin, dewa kebijaksanaan, sihir, kemenangan, dan kematian. Dewa Odin dihubungkan dengan planet Merkurius karena merupakan pemandu jiwa setelah kematian. Wednesday berasal dari bahasa Inggris Kuno Wōdnesdæg.

5. Thursday atau Kamis

Thusday terinspirasi dari dewa Guntur, kekuatan, dan perlindungan dan memegang palu yaitu Thor. Dewa ini disamakan dengan planet Yupiter karena menguasai langit dan guntur. Thursday berasal dari bahasa Inggris Kuno Þūnresdæg.

6. Friday atau Jumat

Penamaan ini terinspirasi dari istri dewa Odin yang dikenal sebagai dewi Freya atau Frigg. Dewi Freya sering disamakan dengan Venus, yang merupakan dewi cinta, kecantikan, dan kesuburan. Friday berasal dari bahasa Inggris kuno yaitu Frīgedæg.

7. Saturday atau Sabtu

Saturday berasa dari kata Anglo Saxon yaitu Sæturnesdæg. Kata tersebut berarti hari Saturnus.

Selain sejarah, berikut dijelaskan juga cara membaca nama hari dalam bahasa Inggris

1. Sunday

Sunday merupakan kata bahasa Inggris dari hari Minggu dan dibaca dengan /ˈsʌndeɪ/. Kara Sun juga bisa disingkat menjadi Sun.

2. Monday

Monday dalam bahasa Indonesia artinya adalah hari Senin. Pelafalan kata Monday yakni /ˈmʌndeɪ/. Monday biasa disingkat menjadi kata Mon.

3. Tuesday

Bahasa Inggris dari hari Selasa adalah Tuesday. Kata Tuesday ini dibaca dengan /ˈtjuːzdeɪ/. Tuesday dalam bahasa Inggris memiliki singkatan Tue dan Tues.

4. Wednesday

Nama hari selanjutnya adalah Wednesday, yakni yang berarti hari Rabu. Menurut kamus Oxford, kata Wednesday dilafalkan dengan /ˈwɛnzdeɪ/. Biasanya kata ini disingkat menjadi Wed atau pun Weds.

5. Thursday

Selanjutnya adalah Thursday yang artinya hari Kamis. Thursday dilafalkan dengan /ˈthərzdē/ dan memiliki singkatan Thur atau Thurs.

6. Friday

Hari Jumat dalam bahasa Inggris disebut dengan Friday yang dibaca /ˈfrʌɪdeɪ/. Dikutip dari kamus Oxford, kata Friday hanya bisa disingkat menjadi Fri.

7. Saturday

Nama hari yang terakhir adalah Saturday. Saturday berarti hari Sabtu dalam bahasa Indonesia. Kata Saturday dibaca dengan /ˈsatədeɪ/ dan disingkat menjadi Sat.

Demikianlah sejarah nama hari dalam bahasa Inggris. Bagaimana, menarik kan detikers?



Simak Video "Surabaya Jadi Kota Pertama Tur 30 Tahun Dewa Berkarya"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia