Ini Daftar Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot, Fresh Graduate Bisa Bersaing?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 06 Jan 2022 18:00 WIB
robot canggih
Foto: Screenshoot The Print/Youtube/Ilustrasi Robot Pekerja
Jakarta -

Tantangan baru di masa depan bagi fresh graduate mungkin tak hanya persaingan lapangan kerja dan skill individu saja. Namun, persaingan posisi dengan robot pekerja yang bisa menyelesaikan kerja dengan cepat.

Beberapa posisi pekerjaan saat ini sudah bisa dilihat banyak yang tergeser oleh robot. Pekerjaan tersebut umumnya yang membutuhkan keterampilan, ketelitian, atau kecepatan seperti pekerja pabrik, kasir, pegawai bank hingga pilot.


Daftar Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot

Melansir CNBC Indonesia, Kamis (6/1/2022), berikut daftar pekerjaan selengkapnya yang berpotensi bakal digantikan robot di masa depan.

1. Sopir

Munculnya banyak kendaraan otomatis sangat mungkin menggantikan pekerjaan sopir di masa depan. Bukan tak mungkin kendaraan seperti bus, taksi dan truk di masa depan akan dikendalikan oleh robot.

2. Pekerja Pabrik

Tidak dipungkiri, banyak perusahaan di dunia telah menggunakan robot untuk mempercepat produksi. Bahkan di Amerika pesanan robot pekerja pabrik terus mengalami kenaikan pada tahun 2021 berdasarkan data kelompok industri Association for Advancing Automation.

Robot yang bekerja di pabrik tersebut bukan untuk menggantikan peran manusia melainkan untuk menambah jumlah pegawai agar produksi semakin cepat.

Sebut saja robot seperti Baxter dan Sawyer dari Rethink Robotics yang bisa diprogram oleh siapapun. Pekerjaan ini juga tak memerlukan lagi teknisi terampil memprogram robot.

3. Kasir

Di Indonesia Self checkout sering ditemukan pada mesin makanan/minuman otomatis. Namun, di beberapa negara seperti Jepang telah menguji robot sebagai kasir.

Layaknya manusia, robot bernama Regirobo telah dirancang untuk menghitung total belanjaan, mengurus pembayaran, hingga membungkus barang tersebut.

Meski begitu, pekerjaan kasir tersebut tidak sepenuhnya menggantikan manusia karena operasional robot kasir tetap perlu diawasi.

4. Pegawai bank

Pekerjaan ini menjadi salah satu profesi yang banyak diburu para fresh graduate. Namun, di masa depan mungkin pekerjaan sebagai teller atau pegawai bank bakal digantikan oleh robot.

Apalagi saat ini, transaksi keuangan termasuk pengembangan Bitcoin sudah bisa dilakukan dari perangkat sendiri tanpa perlu lagi datang ke bank.

5. Resepsionis dan operator telepon

Teknologi voice recognition mudah kita kenali melalui google voice. Suara kita akan dikenali dalam melakukan pencarian dan layar akan mendeteksi kemudian menampilkan hasil pencarian berdasarkan suara.

Di beberapa negara maju seperti Korea, teknologi tersebut sudah digunakan untuk mengoperasikan lampu rumah otomatis, pembuka tirai ataupun yang lainnya.

Bukan tak mungkin di masa depan, peran orang dalam pekerjaan operator atau telemarketer yang membutuhkan komunikasi suara akan digantikan oleh mesin atau robot.

6. Bartender

Pernah melihat mesin pembuat kopi otomatis? Di masa depan, akan banyak perusahaan menggunakan sistem mesin otomatis atau robot untuk menggantikan bartender dalam menyajikan minuman.

Misalnya saja layanan Briggo di Amerika Serikat yang menggantikan barista dengan robot untuk membuat minuman populer dan belajar membuat minuman baru.

7. Analis dan Peneliti

Kemampuan robot yang unggul adalah bisa menyisir jutaan dokumen dan menemukan fakta relevan dan data seperti nomor telepon dan email berdasarkan kata kunci.

Dengan kemampuan tersebut, pekerjaan analis keuangan mungkin akan digantikan dengan komputer yang dirancang khusus menganalisis dan menemukan pola dan tren dalam data.

8. Pilot

Salah satu contoh pesawat awak bisa kita temukan di mana-mana yakni melalui drone. Meski berawal dari bentuk yang kecil namun hingga saat ini banyak pesawat besar yang mulai dirancang tanpa pilot.

Teknologi canggih tersebut pernah dilakukan oleh Airbus yang menerbangkan pesawat otonom tanpa bantuan pilot.

Di masa depan teknologi tersebut mungkin lebih canggih dan merambah ke sektor lain, seperti pesawat kargo.

Nah, itulah daftar pekerjaan yang berpotensi bakal digantikan oleh robot. Oleh karena itu, agar bisa tetap berkarya di masa depan, mahasiswa harus banyak melatih skill individu sebelum lulus, ya!



Simak Video "5 Pekerjaan Teknologi yang Menjanjikan di Masa Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/kri)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia