Manfaat Komputer bagi Siswa

Nikita Rosa Damayati Waluyo - detikEdu
Kamis, 06 Jan 2022 17:00 WIB
Ilustrasi Anak Belajar
Ilustrasi manfaat komputer bagi siswa. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Era globalisasi tidak terpisahkan dengan peran teknologi terutama komputer. Pasalnya, teknologi menjadi jembatan setiap orang untuk berkomunikasi tanpa batas ruang dan waktu.

Dalam pemanfaatannya, teknologi memudahkan setiap orang dalam beraktivitas. Komputer adalah mesin yang dapat menyimpan dan memproses informasi. Pada tahun 1882, dasar teori komputer pertama diciptakan Charless Babbage, seorang ilmuwan Inggris.

Mengutip Encyclopedia Britanica, Babbage menciptakan operasi perhitungan matematika yang kemudian dikembangkan lagi oleh John Mauchly, J. Presper Eckert, Jr., dan rekan-rekannya dari University of Pennsylvania. Karya Mauchly, Eckert, dan rekan-rekannya, kita kenal dalam bentuk komputer sekarang ini.

Pemanfaatan komputer mengikuti perkembangan zaman. Dulu, komputer hanya digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas sederhana. Kini, komputer sudah bisa merekam video dan fitur-fitur lain yang tidak terbayangkan sebelumnya. Pengembangan fitur menyebabkan beragamnya manfaat komputer bagi kehidupan. Khususnya, komputer memiliki manfaat bagi siswa. Simak penjelasannya di bawah ini.

Manfaat komputer bagi siswa

Dunia pendidikan membutuhkan bantuan teknologi untuk memudahkan proses belajar mengajar. Dengan pemanfaatan komputer, proses belajar ini dapat berjalan dengan mudah. Seperti apa manfaat komputer bagi pendidikan? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Memudahkan pencarian informasi

Tugas-tugas sekolah membutuhkan informasi yang valid dengan waktu sesingkat mungkin. Komputer dapat membantu siswa dalam mencari informasi.

2. Dapat memanfaatkan aplikasi pembelajaran

Familiar dengan aplikasi google classroom atau zoom meeting? Kedua aplikasi ini sedang ramai digunakan dalam dunia pendidikan. Komputer dapat memudahkan siswa dalam menggunakan aplikasi pembelajaran. Siswa jadi dapat mengumpulkan tugas dan mengikuti kelas dengan mudah.

3. Inovasi kelas daring

Pandemi membatasi siswa untuk mengikuti kelas fisik. Di sini, komputer dapat memberikan solusi berupa kelas daring. Kelas dapat diikuti di mana saja dan kapan saja.

Nah, itulah manfaat komputer bagi siswa. Dengan memanfaatkan komputer, siswa dapat belajar dengan mudah dan maksimal.



Simak Video "Anak Google di Rusia Terancam Bangkrut"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia