Amal Jariyah Ini Bisa Sempurnakan Ibadah, Apa Saja?

Lusiana Mustinda - detikEdu
Kamis, 06 Jan 2022 14:00 WIB
business hand donation zakat concept moslem islam count counting money.
Foto: Getty Images/iStockphoto/useng
Jakarta -

Ada banyak amal yang bisa kita lakukan untuk menyempurnakan ibadah sekaligus sebagai bekal kita di akhirat nanti. Amal jariyah yang tidak akan terputus pahalanya ada tiga, meskipun kita sudah meninggal dunia.

Dalam hadits Abu Hurairah diriwayatkan Rasulullah SAW terdapat tiga amalan jariyah yaitu sedekah jariyah, ilmu bermanfaat dan doa anak sholeh. Hadits tersebut diriwayatkan dari Abu Hurairah ra dalam hadits riwayat Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya: "Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak sholeh yang berdoa baginya."

Dikutip dalam laman Universitas Islam Indonesia, Ustadz Amir mencontohkan sedekah yang pahalanya terus mengalir seperti amal wakaf yaitu bersedekah suatu benda yang bermanfaat kepada Allah. Benda tersebut memiliki sifat tidak habis dan tidak berkurang manfaatnya berkali-kali kecuali rusak. "Misalnya sedekah tanah, bangunan hingga karpet," ujarnya.

Amal jariyah ini juga tercantum dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman dalam surat Yasin ayat 12:

إِنَّا نَحْنُ نُحْىِ ٱلْمَوْتَىٰ وَنَكْتُبُ مَا قَدَّمُوا۟ وَءَاثَٰرَهُمْ ۚ وَكُلَّ شَىْءٍ أَحْصَيْنَٰهُ فِىٓ إِمَامٍ مُّبِينٍ

Arab-Latin: Innā naḥnu nuḥyil-mautā wa naktubu mā qaddamụ wa āṡārahum, wa kulla syai`in aḥṣaināhu fī imāmim mubīn

Artinya: "Sesungguhnya Kami menghidupkan orang-orang mati dan Kami menuliskan apa yang telah mereka kerjakan dan bekas-bekas yang mereka tinggalkan. Dan segala sesuatu Kami kumpulkan dalam Kitab Induk yang nyata (Lauh Mahfuzh)."

Lalu ada ilmu yang bermanfaat, jika ilmu yang telah diajarkan lalu kita ajarkan kembali pada orang lain maka kita akan mendapatkan pahala berlipat meskipun sudah meninggal. Ilmu yang bermanfaat di sini adalah ilmu yang baik dan bermanfaat bagi kehidupan seseorang.

"Jika saudara-saudara di sini memiliki kemampuan menulis juga bisa menulis membuat buku lalu dicetak nantinya lebih tahan lama untuk dimanfaatkan orang lain, ini sama saja ilmu jariyah," jelas Ustadz Amir.

Dan terakhir ada anak sholeh dan sholehah. Ustadz Amir menambahkan anak merupakan titipan yang paling mulia bagi sepasang suami istri. Sehingga sebaiknya orang tua mendidik anak-anaknya dengan benar dan mengajarkannya tentang hukum-hukum Allah. Tanda anak sholeh-sholehah selalu mendoakan orang tua meski sudah meninggal.

Sedekah tak harus berupa materi

Bersedekah dengan harta yang baik dan penghasilan halal menjadi ibadah yang paling mulia. Sebagaimana ibadah yang dapat dilakukan dengan anggota badan, ibadah juga bisa dilakukan dengan harta.

Dilansir dalam buku "Sedekah Pengubah Nasib: Membuka Jalan Rezeki dengan banyak Memberi" oleh Aditya Akbar Hakim, ada yang disebut sebagai segitiga emas untuk sarana kita beribadah kepada Allah SWT. Ada zakat, infak dan sedekah. Ketiganya adalah jalan ibadah yang tentu saja dapat menguatkan cinta kita kepada Allah SWT.

Abu Dzar ra, menceritakan bahwa sebagian dari para sahabat Rasulullah SAW berkata, "Wahai Rasulullah, orang-orang kaya lebih banyak mendapat pahala, mereka mengerjakan salat sebagaimana kami salat, mereka berpuasa dan mereka bersedekah dengan kelebihan harta mereka." Nabi SAW bersabda, "Bukankah Allah telah menjadikan bagi kamu sesuatu untuk bersedekah? Sesungguhnya tiap-tiap tasbih adalah sedekah, tiap-tiap tahmid adalah sedekah dan tiap-tiap tahlil adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, mencegah kemungkaran adalah sedekah dan persetubuhan salah seorang diantara kamu (dengan istrinya) adalah sedekah." Mereka bertanya, "Wahai Rasulullah, apakah (jika) salah seorang di antara kami memenuhi syahwatnya dia akan mendapat pahala?" Rasulullah SAW menjawab, "Tahukah engkau jika seseorang memenuhi syahwatnya pada yang haram, ia berdosa. Demikian pula jika ia memenuhi syahwatnya itu pada yang halal ia mendapat pahala." (HR. Muslim).





Simak Video "Suasana Gelaran Sedekah Bumi di Bekasi yang Digelar Sewindu Sekali"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia