4 Tujuan Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-hari, Siswa Sudah Tahu?

Nikita Rosa - detikEdu
Senin, 03 Jan 2022 14:15 WIB
Asian and Caucasian ethnicity women colleagues met in office hall chatting enjoy friendly warm conversation, multi-ethnic mates having informal talk drink tea or coffee take break distracted from work
Ilustrasi komunikasi. Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta -

Para ahli sosial mendefinisikan komunikasi sebagai suatu proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan. Dalam hal ini, diperlukan suatu media atau saluran yang berfungsi sebagai alat penyampaian pesan.

Komunikator dan komunikan tidak selalu bersifat individu, tetapi bisa dalam kelompok. Proses komunikasi dapat berlangsung antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok.

Pengertian Komunikasi Menurut Ahli

Menurut Pawito dan C Sardjono dalam bukunya yang berjudul Teori-Teori Komunikasi, komunikasi adalah suatu proses di mana suatu pesan dipindahkan atau dioperkan lewat suatu saluran dari suatu sumber kepada penerima. Proses ini dilakukan dengan maksud mengubah perilaku, pengetahuan, sikap dan perilaku lainnya.

Pengertian komunikasi lain datang dari Everett M. Rogers yang dikutip oleh Cangara dalam bukunya Pengantar Ilmu Komunikasi. Menurut Rogers, komunikasi adalah proses pengalihan suatu ide dari sumber kepada satu atau lebih penerima dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.

Tujuan Komunikasi

Komunikasi memiliki tujuan tersendiri. Berikut tujuan komunikasi seperti dikutip dari buku Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi oleh Onong Uchjana Effendy:

1. Perubahan Sikap

Salah satu tujuan komunikasi adalah untuk merubah sikap seseorang. Perubahan ini dapat terjadi setelah proses komunikasi tersebut berlangsung.

2. Perubahan Pendapat

Komunikasi juga bertujuan untuk mengubah pendapat seseorang. Perubahan pendapat dapat terjadi saat proses komunikasi berlangsung atau bisa juga setelahnya. Hal tersebut tergantung bagaimana penyampaian yang dilakukan oleh komunikator.

3. Perubahan Perilaku

Tujuan komunikasi yang lainnya adalah untuk merubah perilaku. Dalam hal ini, perubahan perilaku dapat terjadi apabila terdapat kesesuaian antara apa yang dikemukakan oleh komunikator dengan komunikan. Penyampaian ini juga tergantung pada kredibilitas komunikator itu sendiri.

4. Perubahan Sosial

Perubahan sosial juga dapat terjadi melalui proses komunikasi. Perubahan dalam tatanan masyarakat tersebut sesuai dengan lingkungan terjadinya komunikasi.

Nah, itulah tujuan komunikasi yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dapat dipahami ya, detikers!



Simak Video "Jaringan Komunikasi Internasional di Tonga Bisa Diakses Terbatas"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/kri)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia