5 Tips Menjadi Bartender Profesional, Fresh Graduate Tertarik?

Anatasia Anjani - detikEdu
Jumat, 31 Des 2021 15:30 WIB
Kisah Sedih Bartender
Foto: Istimewa/Ilustrasi Bartender
Jakarta -

Bekerja menjadi seorang bartender perlu ada keterampilan yang harus dimiliki. Keterampilan tersebut adalah bartending dan mixology.

Bartender sendiri adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam meracik minuman. Pekerjaannya terdiri dari berbagai aspek mulai dari tahap persiapan hingga penyajian minuman kepada pelanggan.

Apakah detikers tertarik menjadi bartender profesional? Jika iya berikut adalah 5 tipsnya dari Batam Tourism Polytechnic.

5 Tips Menjadi Bartender Profesional:

1. Memiliki Etika yang Baik

Etika yang baik dibutuhkan di berbagai lini pekerjaan. Etika yang baik sangat diperlukan bagi seorang bartender. Hal ini dikarenakan bartender berinteraksi langsung dengan para pelanggan.

Aspek selanjutnya yaitu sopan santun dan keterampilan komunikasi seperti bersikap ramah dan melatih gestur tubuh.

2. Berpenampilan Rapih dan Menarik

Seorang bartender harus berpenampilan rapih dan menarik. Berpenampilan menarik yaitu memperhatikan atribut pekerjaan dan menata rambut dengan rapih. Selain itu gunakanlah parfum di hadapan pengunjung.

Dengan berpenampilan rapih dapat menarik perhatian pengunjung dan akan membuat pengunjung merasa nyaman.

3. Memiliki Stamina dan Fisik yang Kuat

Bekerja di bar memiliki dinamik tersendiri seperti kedatangan waktu pengunjung yang belum dapat dipastikan setiap harinya. Seorang bartender harus memiliki stamina dan kekuatan fisik.

Selain itu, ketangkasan juga harus dimiliki oleh seorang bartender.

4. Mengasah Keterampilan Bartending

Kemampuan seorang bartender seperti seni meracik minuman juga harus terus diasah. Jangan cepat merasa puas, terus belajar, dan tingkatkan pengetahuan serta keahlianmu.

Seorang bartender juga harus kreatif mengkreasikan minuman. Oleh karena itu mengenali cita rasa dari berbagai jenis bahan adalah hal yang harus dikuasai oleh seorang bartender.

Selain itu belajarlah untuk melakukan atraksi sederhana untuk menghibur pelanggan seperti melempar botol atau juggling.

5. Dapat Bekerja di Bawah Tekanan

Dunia kerja bartender memiliki tekanan yang dinamis. Seorang bartender memang harus menyelesaikan tugas dan tanggung jawab dalam waktu yang terbatas. Jadi pastikan kalian memiliki pengelolaan dan manajemen diri yang baik ya!

Nah itulah tips untuk menjadi seorang bartender profesional. Apakah detikers ada yang tertarik menjadi seorang bartender ?



Simak Video "Holywings, Bukan Sekadar Klub Malam!"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/faz)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia