10 Pulau Terbesar di Dunia, Dua di Antaranya dari Indonesia

Kristina - detikEdu
Kamis, 30 Des 2021 14:00 WIB
es yang mencair di greenland
Foto: (dok BBC)/Ilustrasi Pulau Greenland, Pulau Terbesar di Dunia
Jakarta -

Banyak pulau di dunia berukuran sangat besar dan banyak di antaranya merupakan sebuah negara. Dilihat dari luasnya, dua pulau terbesar di dunia ada di wilayah Indonesia.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pulau merupakan tanah atau daratan yang dikelilingi air, baik laut, sungai, atau danau. Sementara itu, dalam UN Convention on The Law of The Sea (UNCLOS 1982), disebutkan bahwa pulau adalah massa daratan yang terbentuk secara alami yang dikelilingi perairan dan tidak tenggelam saat terjadi pasang tertinggi.

10 Pulau Terbesar di Dunia

Australia secara teknis merupakan sebuah pulau terbesar di dunia karena tidak terhubung dengan daratan lainnya. Tetapi, wilayah tersebut sering dianggap sebagai daratan kontinental. Dilansir dari Ensiklopedia Britannica, Kamis (30/12/2021), berikut 10 pulau terbesar di dunia (non-Australia):

1. Greenland

Greenland merupakan pulau terbesar di dunia dengan luas mencapai 2.166.086 km² atau sekitar tiga kali ukuran Texas. Greenland adalah bagian dari Denmark, meskipun pemerintah dalam negeri mengurus urusan dalam negeri.

2. New Guinea

Pulau terbesar selanjutnya adalah New Guinea. Luas wilayah ini mencapai 821.400 km². New Guinea terletak di sebelah utara Australia, timur wilayah Indonesia, dan baratnya negara Papua Nugini.

3. Kalimantan

Pulau terbesar ketiga terletak di Indonesia adalah Kalimantan dengan wilayah seluas 748.168 km². Pulau yang dulunya bernama Borneo ini meliputi hutan hujan lebat yang dihuni oleh flora dan fauna paling beragam di dunia, termasuk bunga terbesar di dunia, Rafflesia arnoldii.

4. Madagaskar

Pulau terbesar selanjutnya adalah Madagaskar dengan luas mencapai 587.295 km². Madagaskar terletak pada 250 mil di lepas pantai Afrika. Madagaskar adalah rumah bagi beberapa satwa liar yang sangat unik, termasuk hampir 40 spesies lemur dan 800 spesies kupu-kupu.

5. Baffin

Baffin merupakan pulau terbesar di Kanada yang terletak di wilayah utara Kanada Nunavut. Luas pulau ini mencapai 507.451 km². Nama pulau Baffin sendiri diperoleh dari William Baffin, seorang navigator Inggris abad ke-17.

6. Sumatra

Pulau Sumatra termasuk dalam 10 pulau terbesar di dunia yang berasal dari Indonesia bersama dengan Kalimantan. Luas wilayah Sumatra mencapai 443.066 km². Pulau ini memiliki sejumlah situs Warisan Dunia UNESCO, seperti Gunung Leuser, Kerinci Seblat, dan Bukit Barisan Selatan yang ditetapkan pada tahun 2004 lalu.

7. Honshu

Honshu merupakan pulau terbesar dari empat pulau utama Jepang dengan luas mencapai 227.898 km². Di pulau tersebut terdapat Gunung Fuji dan Danau Biwa. Masing-masing merupakan gunung tertinggi dan danau terbesar di Jepang.

8. Pulau Victoria

Berbeda dengan yang lainnya, pulau terbesar selanjutnya terdapat di dalam sebuah pulau. Adalah Pulau Victoria dengan luas 217.291 km². Victoria terletak di Kepulauan Arktik Kanada.

9. Britania Raya

Pulau terbesar selanjutnya adalah Britania Raya seluas 209.331 km². Wilayah Britania Raya terdiri dari Inggris, Skotlandia, Wales, dan pulau-pulau lebih kecil dalam kewenangannya, seperti Pulau Wight.

10. Ellesmere

Ellesmere masuk dalam kategori pulau terbesar di dunia. Pulau yang terletak di Kepulauan Arktik Kanada ini memiliki luas 196.236 km². Pulau ini diyakini telah dikunjungi bangsa Viking pada abad ke-10.



Simak Video "Pulau Onrust, Menjadi Tempat Karantina Jemaah Haji Sebelum Berangkat ke Mekkah"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/faz)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia