5 Tips Menabung Demi Hemat dan Makin Cuan di 2022

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 28 Des 2021 18:30 WIB
Ilustrasi Tabungan Anak
Ilustrasi pendidikan/Tips menabung untuk pelajar. Foto: shutterstock
Jakarta -

Menabung harus dilakukan sejak dini utamanya saat masa sekolah. Apabila sejak kecil sudah diajarkan menabung maka akan membiasakan perilaku baik hingga dewasa.

Anak yang masih bersekolah biasanya mendapatkan uang saku setiap hari dan belajar menyisihkan uang sakunya tersebut. Namun tidak jarang ada yang masih belum bisa menabung dari uang saku tersebut.

Ada beberapa tips menabung yang harus dilakukan para siswa agar dapat menabung dengan baik. Berikut adalah tipsnya yang dikutip dari laman SMA Dwiwarna:

Tips menabung bagi pelajar

1. Menggunakan celengan yang unik

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk menggunakan celengan yang unik agar para siswa semangat untuk menabung. Jika mereka memiliki semangat untuk menabung maka mereka akan terus mengisi celengan tersebut.

Menggunakan celengan unik juga dapat mengasah kreativitas anak yaitu dengan membuat celengan sendiri dari bahan-bahan bekas.

2. Rutin Menabung dengan Nominal Kecil

Menabung tidak harus dengan nominal yang besar. Tidak masalah jika menabung dengan nominal yang kecil asalkan dilakukan rutin setiap hari.

Jika rutin menabung dengan nominal tersebut lama kelamaan akan menjadi nominal yang besar. Tentu tips menabung ini dapat berjalan efektif apabila dilakukan dengan niat.

3. Jangan meremehkan uang receh

Banyak orang yang meremehkan uang receh seperti 100 atau 200 Rupiah. Walaupun tidak bisa untuk membeli barang, uang receh tersebut juga berharga seperti uang lainnya. Uang receh tersebut juga dapat ditabung dan menjadi nominal yang besar apabila rutin melakukannya.

Masukkan uang receh langsung ke celengan jika sudah penuh dapat ditukarkan ke warung maupun supermarket. Nantinya uang yang ditukar tersebut dapat digunakan untuk membeli barang yang dibutuhkan dan keperluan lainnya.

4. Menabung dalam Toples Transparan

Menabung dalam toples transparan dinilai cukup efektif untuk mendorong anak-anak agar lebih semangat dalam menabung.

Hal ini dikarenakan menabung di toples dapat terlihat sehingga mendorong anak-anak untuk melihat jumlah yang ditabung setiap hari.

Agar lebih semangat, sebaiknya tempelkan tulisan dan foto tujuan untuk menabung. Ingat ya, yang terpenting adalah menabung secara rutin dan setiap hari.

5. Menabung ala Orang Korea

Tahukah detikers jika orang Korea memiliki cara yang unik dalam menabung dan dapat diikuti. Orang Korea melakukannya dengan menggunakan tempat menabung khusus yaitu kalender saku.

Setiap tanggal pada kalender tersebut memiliki tempat penyimpanan. Nantinya anak-anak dapat menabung dengan memasukkan uang saku di setiap tanggal kalender tersebut. Nantinya anak-anak akan terpaksa menyisihkan uang saku setiap tanggal tersebut.

Itulah 5 tips menabung untuk siswa sekolah. Jangan lupa menabung ya detikers!



Simak Video "Merajut Asa Kembali ke Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia