7 Negara dengan Piramida, Terbanyak dan Terbesar Bukan di Mesir

Trisna Wulandari - detikEdu
Selasa, 28 Des 2021 13:15 WIB
piramida di sudan
Piramida Nubia di Sudan. Foto: Faiz Alamsyah/d'Traveler
Jakarta -

Ada sekitar 138 piramida di Mesir yang menyimpan Firaun dari berbagai generasi. Salah satu piramida di Mesir yakni Piramida Giza, yang dinobatkan sebagai salah satu keajaiban dunia.

Kendati terkenal dengan piramidanya, Mesir bukanlah satu-satunya negara yang punya peninggalan piramida dari masa lalu. Mesir bahkan bukan negara dengan piramida terbanyak ataupun terbesar di dunia. Berikut negara yang memiliki piramida di dunia.

Negara dengan Piramida

Sudan

Sudan merupakan negara dengan piramida terbanyak di dunia. Negara di Afrika Utara ini punya sekitar 200-255 piramida, jauh lebih banyak dari piramida di Mesir yang hanya sekitar 136 bangunan, seperti dikutip dari laman Smithsonian Magazine.

Piramida di Sudan juga tidak didirikan orang Mesir yang berkelana ke selatan. Piramida tersebut dibangun oleh orang Kerajaan Kush, peradaban kuno yang menguasai pinggiran Sungai Nil sekitar tahun 1070 SM sampai 350 Masehi. Area dengan piramida terbanyak terletak di kota kuno Meroe, Nubia (kini Sudan Tengah).

Meskipun piramida Nubia dibangun sekitar 500 tahun setelah orang Mesir berhenti membuat piramida, bangunan ini sama-sama dibuat sebagai tempat peristirahatan terakhir keturunan raja dan bangsawan yang sudah wafat.

Bedanya, piramida di Sudan punya kemiringan lebih curam dan sempit. Piramida di Sudan juga lebih pendek, sekitar 6-30 meter. Sementara itu, piramida Mesir punya tinggi sekitar 138 meter. Meskipun beberapa di antaranya hancur karena pencarian harta karun oleh orang Italia, piramida di Sudan masih dapat disaksikan.

Meksiko

Piramida Cholula di Meksiko.Piramida Cholula di Meksiko. Foto: Wikimedia Commons

Piramida terbesar di dunia terletak di Meksiko, yaitu di Piramida Agung Cholula. Apa yang terlihat seperti bukit berumput di negara bagian Puebla, Meksiko, adalah kompleks piramida terbesar di dunia Cholula.

Piramida Cholula merupakan piramida tertutup rumput seluas 45 hektar dan setinggi 53 meter. Piramida yang bernama resmi Tlachihualtepetl ini dibangun oleh orang-orang sebelum kedatangan Christopher Colombus.

Piramida terbesar di dunia ini berfungsi sebagai kuil dewa Aztec Quetzalcoatl. Setelah penaklukan kota oleh penjajah Spanyol di abad ke-16, sebuah gereja Katolik didirikan di atas piramida yang tertutup rumput ini.

Di samping piramida agung, Meksiko juga punya Piramida Matahari di Teotihuacan. Piramida yang dibangun di abad-abad awal Masehi ini merupakan salah satu dari rangkaian Piramida Bulan dan kuil orang asli Meksiko. Sisi alas Piramida Matahari yang berbentuk persegi punya panjang 222 meter dengan tinggi semula hampir 60 meter.

Mesir

morning light on pyramidsPiramida Mesir. Foto: iStock

Ada banyak piramida yang terkenal di Mesir. Contohnya yakni piramida tengah dari rangkaian Piramida Giza, yang dibangun sekitar tahun 2520 SM untuk Firaun Khafre. Kompleks piramida ini juga dilengkapi Sphinx patung batu kapur monolitik dengan tubuh singa duduk berwajah wajah manusia dan hiasan kepala Firaun.

Piramida pertama di Mesir adalah Piramida Djoser. Piramida ini dibangun pada masa pemerintahan Firaun Djoser (2630 SM hingga 2611 SM) sebagai makam agung untuk dirinya sendiri.

Sebelumnya, makam Firaun berupa gundukan datar yang sebagian besar terbuat dari lumpur. Kelak, Kepala Arsitek Firaun Djoser, Imhotep, membuat desain piramida.

Peru

Piramida di tengah kota Lima di PeruPiramida di tengah kota Lima di Peru. Foto: Angga Aliya

Peru punya banyak piramida, salah satunya di kompleks kuil Chavin. Kompleks ini dibangun orang Chavin sekitar 900-200 SM. Kuil-kuil di Chavin dibangun dari balok batu persegi panjang yang membentuk piramida datar.

Kendati sudah banyak bagian yang hancur, pendatang Spanyol di abad ke-16 masih sempat menyaksikan piramida Chavin secara utuh. Saking mengesankannya, orang Spanyol percaya piramida di Peru ini dibangun oleh ras raksasa kuno.

Irak

Piramida Ziggurat di Irak.Piramida Ziggurat di Irak. Foto: Wikimedia Commons

Irak memiliki Piramida Ziggurat, yang dalam bahasa Babilonia berarti kuil berjenjang. Piramida Ziggurat dibangun untuk raja Sumeria Ur-Nammu pada pertengahan abad ke-21 SM.

Sebelum rusak dari waktu ke waktu, piramida di Irak ini punya tiga lantai bata bertingkat yang terhubung tangga dengan puncak berupa kuil dewa bulan.

Guatemala

Piramida di tengah hutan hujan di El Mirador, Guatemala.Piramida di tengah hutan hujan di El Mirador, Guatemala. Foto: Wikimedia Commons/Dennis Jarvis from Canada

Guatemala memiliki piramida peninggalan suku Maya di El Mirador dan Tikal. Tikal merupakan pusat kota dan upacara suku Maya sekitar tahun 300-900 M. Karena itu, ada banyak monumen keagamaan di sana, termasuk lima kuil berbentuk piramida.

Beberapa piramida tertinggi di Tikal yaitu Piramida IV dengan Kuil Ular Berkepala Dua setinggi 64 meter. Setelah suku Maya pergi, piramida ini tersisa hutan hujan Guatemala selama hampir 800 tahun.

Penjelajah Eropa kelak menemukan kembali piramida suku Maya di Guatemala sekitar tahun 1850-an. Kini, daerah tersebut menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO .

Italia

Piramida di ItaliaPiramida di Roma, Italia. Foto: Thinkstock

Italia memiliki piramida runcing dan curam yang dibangun sekitar tahun 12 SM. Seperti namanya, Piramida Cestius dibangun sebagai makam hakim Romawi Gaius Cestius Epulo,sebagaimana tertulis di prasasti yang diukir di sisi-sisinya.

Prasasti di Piramida Cestius juga mengungkapkan bahwa bangunan makam tersebut butuh waktu 330 hari untuk dibangun. Selama hampir setahun, piramida di Italia ini dibangun dari beton berlapis marmer putih dengan lukisan di dinding interior.

Nah, itu dia negara dengan piramida di berbagai penjuru dunia. Apakah detikers tertarik mengunjunginya?



Simak Video "Momen Pangeran Charles dan Camilla Kunjungi Piramida Agung Giza"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia