5 Tempat di Dunia Alami 24 Jam Siang Terus, Fenomena Apakah Itu?

Trisna Wulandari - detikEdu
Senin, 27 Des 2021 09:30 WIB
Midnight Sun di Islandia
Midnight sun di Islandia, satu hari siang terus selama 24 jam. Foto: (Getty Images/iStockphoto/Leamus)
Jakarta -

Tempat-tempat di Indonesia biasanya disinari matahari dari pagi sampai petang. Saat malam, cahaya bulan bergantian menerangi langit yang gelap. Namun di beberapa tempat di dunia, ada yang disinari matahari selama 24 jam. Di negara mana letak tempat yang 24 jam siang terus tersebut?

Rupanya, tempat yang disirami cahaya matahari 24 jam tersebut berada di negara-negara lingkar Arktik dan Antartika. Di negara tersebut, kemiringan sumbu Bumi membuat penduduk mengalami setidaknya satu hari dengan 24 jam siang terus dan satu hari 24 jam malam terus, seperti dikutip dari Encyclopaedia Britannica.

Fenomena 24 jam siang ini disebut midnight sun atau atau matahari tengah malam. Berikut sejumlah tempat di berbagai negara yang mengalami midnight sun.

Tempat di Dunia dengan Matahari 24 Jam

Lofoten Islands, Norwegia

Kepulauan Lofoten di Norwegia dikenal dengan pemandangan indah khas Arktik. Tapi, yang lebih unik adalah pemandangan orang setempat dan turis bermain golf tengah malam di bawah sinar matahari.

Fairbanks, Alaska, Amerika Serikat

Orang-orang di Fairbanks, Alaska, Amerika Serikat menikmati matahari sepanjang hari, sepanjang tahun, kecuali beberapa jam di sekitar pertengahan Mei sampai akhir Juli.

Midnight sun di Fairbanks membuat warga masih bepergian saat dini hari, baik untuk bersepeda sampai naik gunung.

Reykjavik, Islandia

Matahari tengah malam terjadi di Reykjavik, Islandia, terutama saat musim panas. Orang setempat dan turis biasanya memanfaatkan mandi cahaya matahari di negara yang dingin ini dengan mendaki gunung ke Thingvellir National Park atau jalan kaki ke Blue Lagoon.

Abisko, Swedia

Matahari terus bersinar selama 56 hari atau sekitar 8 minggu tanpa putus di Abisko, Swedia pada musim panas. Kendati beberapa situasi tanpa seperti pagi hari atau senja, tetapi malam pernah datang selama sekitar akhir Mei sampai pertengahan Juli tersebut.

Saint Petersburg, Russia

Fenomena midnight sun di Saint Petersburg juga dikenal dengan nama White Night. Peristiwa alam ini juga menarik turis dan warga setempat untuk melihat pemandangan langit seperti pagi dan senja yang cantik dari awal Juni sampai awal Juli.

Nah, itu dia lima tempat di dunia yang mengalami fenomena midnight sun sehingga 24 jam disinari matahari. Kalau detikers, mana yang paling ingin dikunjungi?



Simak Video "Ini Daftar Negara Paling Aman untuk Berkendara, Indonesia Termasuk?"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/faz)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia