Menangis hingga Berendam, Ini 6 Kebiasaan Unik Orang Jenius di Dunia

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Sabtu, 25 Des 2021 19:00 WIB
American inventor Thomas Edison (1847 - 1931) conducting an experiment in his laboratory, circa 1910. (Photo by FPG/Archive Photos/Getty Images)
Thomas Edison, salah satu orang jenius yang memiliki kebiasaa unik. (Foto: GettyImages)
Jakarta -

Mau tahu rahasia dari orang-orang jenius dan ilmuwan? Ternyata, sejumlah ilmuwan atau orang-orang jenius memiliki kebiasaan unik yang tidak biasa, lho.

Kebiasaan-kebiasaan tersebut, dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan ataupun meningkatkan proses berpikir kreatif bagi mereka. Sebagaimana dijelaskan dalam laman komunitas industri kreatif di Portugal, LACS yang dilihat detikEdu, Sabtu (25/12/2021).

"Jenius terkenal dengan keeksentrikannya. Pikiran hebat menghasilkan karya seni, sains, musik, sastra, dan lainnya yang hebat, tetapi pikiran yang sama itu juga menghasilkan beberapa keanehan yang sejalan dengan tingkat kejeniusan luar biasa tersebut," tulis LACS.

Untuk itu, detikEdu merangkum sejumlah kebiasaan tidak biasa yang dilakukan oleh orang-orang jenius dari laman Entrepreuner dan LACS.

6 Kebiasaan Unik Orang Jenius atau Ilmuwan di Dunia

1. Menyeleksi Kepribadian Seseorang dengan Tes Garam

Kebiasaan yang pertama ini merupakan kebiasaan dari salah seorang penemu lampu pijar Thomas Alva Edison. Ia memiliki proses wawancara yang cukup unik untuk memilih karyawan yang hendak bekerja untuknya.

Nama seleksi yang dilakukan Edison ini bernama The Salt Test (Tes Garam). Seluruh pelamar akan diminta untuk memakan semangkuk sup selama proses seleksi berlangsung. Menariknya, penentuan gugur dan kelanjutan peserta berawal dari sini.

Pelamar yang menambahkan garam tanpa memakan supnya terlebih dahulu akan dianggap gugur dalam seleksi. Menurutnya, menambahkan garam tanpa mencicip supnya terlebih dahulu merupakan tindakan pengambilan keputusan atas asumsi yang tidak berdasar.

2. Mengguyur Kepala dengan Air di Kamar

Kamu kenal dengan komponis dunia Ludwig Van Beethoven? Diketahui, Beethoven memiliki kebiasaan unik saat tengah menyusun mahakaryanya. Ia biasanya berpikir dengan mengitari ruang kamarnya, kemudian mengguyurkan kepalanya sendiri dengan air.

Hal ini dilakukannya secara berkala agar tubuhnya tetap terjaga dan dapat berpikir dengan jernih. Kebiasaan ini pula kadang kala membuat lantai rumah bagian bawahnya kebanjiran.

3. Berpuasa

Selanjutnya adalah kebiasaan yang dilakukan oleh filsuf dan matematikawan Yunani kuno. Ia adalah Pythagoras. Ternyata, ilmuwan ini rajin melakukan puasa tanpa mengonsumsi makanan apapun selama 40 hari.

Puasa yang dilakukannya hanya memperbolehkan minum air, sebagaimana yang diajarkan pada murid-muridnya. Menurutnya, kebiasaan itu dapat meningkatkan kesehatan mental hingga mengembangkan pemikiran kreativitas seseorang.

Hal ini pun diamini oleh salah satu penelitian dari Brain-Derived Neurotrophic Factor (BDNF). Penelitian tersebut menyebutkan, puasa dapat membantu fungsi kerja memori dan merangsang pertumbuhan sel-sel otak baru.

4. Meregangkan Jari Kaki 100 Kali

Selanjutnya, kebiasaan unik dari sang jenius penemu AC Nikola Tesla. Tesla mengungkapkan, memiliki kebiasaan melakukan peregangan jari-jari kakinya sebanyak 100 kali setiap hari. Menurutnya, hal itu dapat membantu merangsang sel-sel otaknya.

Selain itu, ia juga lebih banyak menghabiskan waktunya untuk berjalan hingga 16 km setiap harinya, dibandingkan untuk tidur.

5. Berendam di Sungai saat Musim Dingin

Ilmuwan dan penemu Benjamin Franklin mempunyai kegiatan unik yang selalu dilakukannya. Setiap hari, Franklin akan berenang di sungai Thames, London dengan air yang dingin.

Menurutnya, berendam di air dingin memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Seperti, memperlancar aliran darah ke tubuh, otak, dan organ vital. Senada dengan itu, ilmuwan Yunanai Hippocrates juga menyebut, air dingin dapat membantu menghilangkan keletihan fisik maupun mental.

Tidak hanya Franklin, ternyata Presiden Amerika Serikat ke-26 Theodore Roosevelt juga mempunyai kebiasaan berendam di Sungai Potomac, Washington D.C setiap musim dingin.

6. Suka Menangis

Kebiasaan menangis ini merupakan kebiasaan yang kerap dilakukan oleh sang jenius Steve Jobs. Jobs meyakini, menangis tanpa henti dapat meredekan stresnya. Terutama ketika frustasi dan tidak mendapatkan apa yang diinginkannya.

"Menangis dapat meredakan stress. Air mata dapat menghilangkan hormon penyebab stress dan menurunkan kadar mineral dalam tubuh yang dapat mengatur suasana hati," tulis Entrepreneur.

Nah, di antara 6 kebiasaan unik orang jenius di atas, mana nih yang menurut detikers paling nggak biasa dilakukan kebanyakan orang?



Simak Video "Melihat Barang-barang Langka Milik Steve Jobs yang Dilelang di AS"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/faz)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia