Serupa tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Santa Claus dan Sinterklaas

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Sabtu, 25 Des 2021 13:00 WIB
Santa Claus and Little girl,  Christmas Scene. Girl telling wish in Santa Clauss ear in front of Christmas tree
Ilustrasi Santa Claus. (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Tiap perayaan Natal seperti hari ini (25/12/2021), memang selalu identik dengan sosok pria berjubah merah dengan jenggot putih panjangnya. Sosok ini biasa dikenal sebagai Santa Claus dan Sinterklaas.

Melansir dari laman Britannica, nama Sinterklaas diambil dari nama sosok santo Kristen pada abad ke-4, Saint Nicholas, dalam bahasa Belanda.

Sinterklaas ini kemudian diperkenalkan sebagai sosok baik hati yang suka memberikan hadiah kepada anak-anak oleh penjajah Belanda.

Tepatnya tiap perayaan Hari Saint Nicholas pada 6 Desember. Nah, tokoh Santa Claus kemudian diadopsi dari Sinterklaas oleh masyarakat berbahasa Inggris di sana hingga memiliki perawakan yang serupa. Meskipun demikian, ternyata ada sejumlah perbedaan di antara keduanya lho, sebagaimana dikutip dari laman I Amsterdam dan The Hague International Centre,

Yuk, simak di sini 5 perbedaan antara Santa Claus dan Sinterklaas yang turut menghiasi perayaan Natal 2021.

5 Perbedaan Santa Claus dan Sinterklaas

1. Hari Besar Pembagian Hadiah

Hari besar bagi keduanya dalam membagikan hadiah pun berbeda. Pembagian hadiah agi Sinterklaas biasanya dilakukan pada tanggal 5 Desember. Setelah sebelumnya menghabiskan beberapa minggu untuk berparade.

Sementara itu, Santa Claus membagikan hadiahnya pada anak-anak pada 24 Desember malam. Ia berkelana dari atap ke atap rumah lain dan kemudian turun dari cerobong asap untuk mengantarkan hadiah.

2. Penampilan

Ternyata detail penampilan Sinterklaas dan Santa Claus juga ditemukan perbedaannya, lho.

Sinterklaas mengenakan jubah merah panjang dengan alba uskup putih tradisional dan terkadang stola merah. Sosok ini juga biasanya memakai mitre merah di kepala dan cincin ruby di tangan, sambil memegang tongkat berwarna emas.

Sementara Santa Claus dibalut dengan jubah two-piece merah dengan trim putih yang menggunakan ikat pinggang hitam tebal. Kemudian, ia juga digambarkan sebagai penggemar sepatu bot yang senantiasa membawa sebuah karung.

3. Kendaraan

Ketika berpergian, Sinterklaas biasanya terlihat menunggangi kuda putih keabu-abuan yang bernama Amerigo saat berkelana di Belanda. Kudanya ini disebut memiliki kemampuan untuk berjalan di atas atap maupun melompat dari atap ke atap.

Berbeda dengan Sinterklaas, Santa Claus biasanya terlihat tengah menarik 9 rusa terbang menggunakan kereta luncur. Termasuk salah satunya rusa Rudolph yang berhidung merah.

4. Asal Usul Hadiah

Baik Santa Claus maupun Sinterklaas, keduanya sama-sama memiliki asisten yang kerap membantu mereka. Santa Claus dibantu dengan Elf, sementara Sinterklaas dibantu oleh Zwarte Pieten.

Biasanya, Sinterklaas meminta bantuan dari asistennya untuk membungkus hadiah yang akan diberikan kepada anak-anak. Hadiah tersebut dibelinya dari toko mainan anak-anak. Sedangkan hadiah dari Santa Claus diketahui ternyata dibuat oleh dirinya sendiri.

5. Penempatan Hadiah

Untuk penempatan hadiah natal bagi keduanya pun ditemukan perbedaan baik dari Sinterklaas dan Santa Claus. Sinterklaas biasanya meletakkan hadiahnya di depan perapian. Kemudian, mengisi sepatu yang ditempatkan anak-anak di depan perapian sebelumnya dengan permen.

Sementara Santa Claus, meletakkan hadiahnya di sekitar pohon Natal dan mengisi kaus kaki yang tergantung di atas perapian dengan hadiahnya.

Nah, itu dia 5 perbedaan antara Santa Claus dan Sinterklaas. Mana fakta yang baru kamu tahu, detikers?



Simak Video "Antusiasme Pengunjung Tamasya di Ragunan Saat Libur Natal"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/faz)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia