Perbedaan Sifat Fisika dan Sifat Kimia Lengkap dengan Contohnya

Rika Pangesti - detikEdu
Jumat, 24 Des 2021 10:00 WIB
Ilustrasi struktur molekul
Foto: Thinkstock/ktsimage/Ilustrasi Sifat Fisika dan Sifat Kimia
Jakarta -

Sifat suatu zat akan menggambarkan karakteristik zat tersebut. Sifat zat dapat digunakan untuk identifikasi dan membedakannya dengan zat lain.


Sifat zat dibedakan menjadi dua yaitu, sifat fisika dan sifat kimia. Berikut pengertiannya, dilansir dari buku "Kimia SMP/MTs Kls VII" yang ditulis oleh Budi Suryatin, yaitu:


Sifat Fisika


Sifat fisika adalah sifat suatu zat yang dapat diamati, diukur, atau dirasakan oleh panca indra tanpa mengubah zat-zat yang menyusun materi tersebut.


Ciri-ciri sifat fisika antara lain:


1. Wujud zat

2. Rasa zat

3. Bau

4. Warna

5. Titik lebur dan titik didih

6. Titik leleh

7. Daya hantar panas

8. Daya hantar listrik

9. Kemagnetan

10. Kekerasan atau kelenturan


Contoh Sifat Fisika


1. Memakan buah yang sudah matang rasanya lebih manis dibanding dengan yang belum matang. Hal ini terjadi karena di dalam buah terkandung zat pati yang terdiri dari banyak molekul gula.


Sebagian besar buah mengandung zat pati yang terpecah menjadi molekul gula saat matang. Perubahan ini disebut pemasakan dan menghasilkan rasa manis pada buah yang sudah matang.


2. Titik didih

Zat dapat mengalami perubahan wujud dari cair ke gas. Pemanasan dapat menyebabkan zat cair menguap. Bila pemanasan terus dilakukan maka zat cair akan mendidih.


3. Titik meleleh

Zat dapat mengalami perubahan wujud dari padat menjadi cair. Ketika dipanaskan, zat padat akan melunak dan akhirnya melebur menjadi cairan.

Sifat Kimia


Sifat kimia adalah sifat zat yang berkaitan dengan kemampuan suatu zat untuk bereaksi atau mengalami perubahan tertentu.


Sifat kimia suatu zat tidak mudah diamati, sifat kimia berhubungan dengan pembentukan zat baru. Dengan kata lain, sifat kimia adalah sifat suatu zat yang berhubungan dengan zat lain membentuk zat baru.


Berikut ciri-ciri zat kimia, antara lain:


1. Berubah warna

2. Berubah suhu

3. Mudah Terbakar

4. Memiliki pH (Power of Hydrogen) tertentu

5. Meleleh

6. Membusuk

7. Mudah Berkarat

8. Meledak


Contoh Sifat Kimia


1. Pembakaran akan menghasilkan jenis zat baru. Terbentuknya jenis zat baru ini dapat menjadi indikator bahwa reaksi kimia telah berlangsung.


2. Tablet padat dicampur dengan air akan meghasilkan zat baru. Zat baru ini antara lain gelembung-gelembung gas. Proses yang mengubah zat pereaksi menjadi zat hasil atau produk yang berbeda disebut reaksi atau perubahan kimia.


3. Pisang yang dikupas dan didiamkan akan berubah warna menjadi kecoklatan. Itu disebabkan zat yang terkandung di dalam pisang mengalami oksidasi atau bereaksi dengan oksigen di udara.


Nah, itulah perbedaan antara sifat fisika dengan sifat kimia suatu zat. Semoga mudah dipahami ya detikers.



Simak Video "Misteri Multiverse"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia