Mengapa Nelayan Melaut pada Malam Hari? Siswa, Ternyata Ini Alasannya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Rabu, 22 Des 2021 18:00 WIB
Ilustrasi Nelayan
Foto: shutterstock/Ilustrasi Nelayan Melaut
Jakarta -

Tahukah siswa mengapa nelayan pergi melaut atau menangkap ikan pada Malam Hari? Padahal cahaya penerangan di malam hari sangat minim.


Mengutip akun instagram Direktorat Sekolah Dasar, Kemendikbud Ristek, ternyata hal itu disebabkan, para nelayan membutuhkan angin darat yang terjadi pada malam hari di mana saat suhu di daratan lebih dingin daripada suhu di lautan.


Apa yang Dimaksud Angin Darat?


Angin darat terjadi saat malam hari. Proses yang terjadi adalah udara panas di atas laut bergerak naik, lalu tempatnya digantikan oleh udara yang lebih dingin dari daratan.


Hal ini juga mengakibatkan terjadinya gerakan konvektif yang menyebabkan udara dingin dari daratan bergerak menggantikan udara yang naik di lautan.


Nah, aliran udara yang bergerak dari daratan ke lautan ini yang kemudian dikenal sebagai angin darat.


Arah angin darat yang menuju ke laut ini yang kemudian banyak dimanfaatkan nelayan untuk berangkat berlayar mencari ikan di laut. Waktu terjadinya angin darat biasanya pada tengah malam dan dini hari.


Terjadinya Angin Laut di Siang Hari


Adapun pada siang harinya, angin bertiup dari laut ke darat hal ini disebut dengan angin laut. Berarti, pada siang hari, suhu udara di laut lebih dingin dan suhu udara di darat lebih panas.


Proses terjadinya angin laut hampir sama dengan proses terjadinya angin darat, yaitu diakibatkan oleh perbedaan suhu pada kedua wilayah.


Pada siang hari, wilayah daratan mempunyai kemampuan menyerap suhu atau kalor dari matahari lebih cepat. Kondisi sebaliknya terjadi di lautan, proses penyerapan panas atau kalor berlangsung lebih lambat.


Kondisi ini membuat suhu di daratan lebih cepat panas daripada wilayah lautan. Akibatnya udara di atas daratan akan bergerak naik, kemudian udara dingin dari lautan akan menggantikannya.


Hal itu juga menyebabkan terjadinya aliran udara dari wilayah lautan ke daratan yang disebut sebagai angin laut.


Angin laut biasanya terjadi saat pagi hingga menjelang sore hari. Arah angin laut yang bergerak dari lautan ke daratan ini dimanfaatkan oleh nelayan untuk kembali ke daratan setelah bermalam mencari ikan di lautan.


Nah, itulah alasan mengapa nelayan melaut pada malam hari dan pulang pada siang hari. Sekarang siswa jadi semakin tahu, kan?



Simak Video "Musim Angin Barat, Nelayan di Subang Sudah 5 Hari Tak Melaut"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia