Ke Mana Air Hujan Pergi setelah Turun ke Bumi? Siswa, Ini Penjelasannya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Selasa, 14 Des 2021 13:45 WIB
Ilustrasi hujan
Foto: Andhika Prasetia/detikcom/Ilustrasi Air Hujan
Jakarta -

Siswa pernahkah bertanya-tanya ke mana perginya air hujan setelah turun ke bumi? Ternyata tidak semua mengalir ke sungai, lho. Yuk simak penjelasan di bawah ini!

Mengutip akun instagram Direktorat SD Kemendikbud Ristek, Selasa (14/12/20210, hujan adalah peristiwa turunnya air dari langit ke bumi, yang diakibatkan karena proses kondensasi uap air di atmosfer (awan) menjadi butir air yang cukup berat sehingga turun ke bumi.

Awan yang membawa air tersebut, kemudian bisa terbawa angin sehingga air hujan bisa turun di beberapa daerah sekaligus atau bahkan hanya di daerah tertentu.

Lantas ke mana perginya air hujan setelah turun?

1. Meresap ke Dalam Tanah

Air hujan yang turun ke bumi akan meresap ke dalam tanah atau mengalir ke daratan yang lebih rendah hingga menuju ke sebuah genangan air seperti sungai, danau dan laut.

Air hujan yang turun di daratan tanah akan meresap menjadi air tanah, yang dapat dimanfaatkan menjadi sumber air bagi manusia, tumbuhan, dan hewan.

Untuk melancarkan air hujan yang turun agar terserap ke dalam tanah, maka jalan-jalan yang ada di Indonesia perlu memiliki permukaan yang tidak di aspal karena dapat menghambat air masuk ke dalam tanah.

Apabila air gagal terserap ke tanah dalam jumlah banyak maka akan menggenang dan berpotensi mengakibatkan banjir.

2. Mengalir ke Danau dan Sungai

Air hujan juga akan jatuh dan mengalir ke danau atau sungai, yang dapat menambah jumlah volume air di tempat tersebut.

Untuk mencegah terjadinya air hujan yang meluap di jalan beraspal, maka dapat ditanami pohon di sisi jalan atau menyiapkan saluran air agar air hujan dapat mengalir ke tempat yang dapat menyerap air.

3. Mengalir ke Laut

Tidak hanya ke danau dan sungai, air hujan juga akan mengalir ke laut, dan akan kembali mengalami penguapan dengan bantuan panas matahari sehingga proses sirkulasi hujan akan terus terjadi.

Manfaat Air Hujan

Meski ketika meluap dapat menyebabkan banjir, namun sebenarnya air hujan memiliki banyak manfaat bagi kehidupan, di antaranya:

1. Mengairi persawahan atau pertanian dan perkebunan, sehingga lebih subur

2. Menjadi sumber air minum bagi makhluk hidup

3. Membantu fotosintesis pada tumbuhan

4. Air hujan yang tertampung di danau atau sungai dapat menjadi sumber tenaga listrik

Nah, itulah penjelasan tentang ke mana perginya air hujan setelah turun ke bumi. Sekarang siswa sudah semakin paham, kan?



Simak Video "Setelah Suhu Panas 48 Derajat Celcius, Kini India Dilanda Banjir"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia