10 Desa Tertinggi di Indonesia, Siswa Pernah Mengunjungi?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Selasa, 21 Des 2021 20:00 WIB
Desa Sembungan di Wonosobo
Foto: Randy/detikTravel/Desa Tertinggi di Wonosobo
Jakarta -

Pernahkah pergi ke daerah pegunungan dan melihat pemandangan indah dari sebuah desa? Di Indonesia tempat tersebut ternyata menjadi desa tertinggi, lho.


Ketika pergi ke sebuah dataran tinggi seringkali ada pemukiman dengan masyarakat yang ramah dan udara yang masih alami serta cuaca dingin. Tempat tersebut banyak tersebar di daerah dataran tinggi di Indonesia.


Lantas desa mana saja yang tertinggi di Indonesia? Berikut rangkumannya mengutip laman CNN Indonesia.


10 Desa Tertinggi di Indonesia:


1. Desa Hargo Dalem di Gunung Lawu

Bagi pendaki gunung, desa Hargo Dalem tidaklah asing karena merupakan salah satu tempat yang dilewati di jalur pendakian.


Terlebih di sini ada warung tertinggi di Indonesia yakni Warung Pecel Mbok Yem. Warung tersebut adalah tempat yang wajib dikunjungi pendaki Gunung Lawu untuk melepas lelah.


Tempat tinggal dan warung Mbok Yem berada di satu dari tiga puncak Gunung Lawu, Hargo Dalem, yang memiliki ketinggian 3.265 mdpl.


2. Distrik Mulia di Puncak Jaya

Desa ini berada dekat dengan Pegunungan Jaya Wijaya, dan memiliki ketinggian 2.448 mdpl. Di desa ini terdapat sebuah bandara bernama Bandara Mulia.


3. Desa Sembungan di Wonosobo

Di Jawa Tengah ada Kabupaten Wonosobo yang dikenal dengan daerah dataran tinggi yang dingin. Tepatnya ada Desa Sembungan yang berada di kaki Gunung Sikunir, tepatnya di ketinggian 2.300 mdpl.


Desa ini sering dijadikan titik pendakian Gunung Sikunir. Banyak yang datang untuk berburu pemandangan golden sunrise alias matahari terbit berwarna keemasan di puncaknya.


4. Desa Ranu Pani di Gunung Rinjani

Desa tertinggi di Indonesia selanjutnya berada di ketinggian 2.100 mdpl. Desa ini juga menjadi salah satu pos pendakian favorit, karena pemandangan gunung dan danau yang sangat indah.


5. Desa Argosari di Bromo Tengger


Pendaki gunung pasti sudah akrab dengan sebutan B29, yang merupakan nama untuk sebuat puncak di Kecamatan Senduro, Lumajang, Jawa Timur, yang tak jauh dengan jalur Ranupani Semeru.


Dari puncak ini, pendaki bisa melihat Gunung Bromo dan gunung di sekitarnya. Pemandangannya indah, bak lukisan, ditambah dengan keberadaan Desa Argosari.


Tak heran kalau pemukiman ini masuk dalam salah satu desa tertinggi di Indonesia, karena berada dalam ketinggian 2.000 mdpl.


6. Kampung Deiyai di Papua

Lokasi desa yang masuk dalam kabupaten Deiyai memang menjadi tempat tertinggi di Papua. Pemukiman ini sendiri berada di ketinggian 1.700 mdpl.


7. Kampung Bena di Gunung Inerie

Desa Bena merupakan daerah yang masuk daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Berlokasi di Bajawa, Flores, Nusa Tenggara Timur, Desa Bena ialah pemukiman yang berada di lereng Gunung Inerie, dengan ketinggian sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut (mdpl).


Tanpa aliran listrik, masyarakat di desa ini tetap hidup sejahtera, karena pemukimannya dikelilingi oleh alam yang subur serta panorama yang indah.


8. Fatumnasi di Gunung Fatu Timau NTT

Berada di ketinggian 1.400 mdpl, daerah Fatumnasi menghadirkan hamparan padang hijau yang luas dengan balutan pohon-pohon Kasuari (Casuarina equisetifolia), Ampupu (Eucalyptus urophylla) dan kebun Bonsai yang telah berumur ratusan bahkan ribuan tahun.


9. Tana Toraja di Sulawesi Selatan

Masih di Selatan, Tana Toraja berada di ketinggian 1.400 mdpl dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisman yang liburan ke Sulawesi Selatan.


10. Berastagi di Sumatera Utara

Kawasan yang telah lama menjadi lumbung sayur dan buah ini menjadi salah satu destinasi wisata popular di Sumatera Utara. Berada di sisi utara Danau Toba, kawasan dengan ketinggian 1.300 mdpl ini memiliki udara yang sejuk.


Nah, itulah 10 desa tertinggi di Indonesia. Kamu pernah mengunjungi salah satunya?



Simak Video "Desa Wisata Penglipuran Bali Bersiap Sambut Delegasi G20"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia