Arti Makhorijul Huruf Al Jauf, Pahami untuk Modal Membaca Al Quran

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Selasa, 21 Des 2021 15:30 WIB
Sejumlah anak kolong dan punk belajar mengaji bersama di Kolong Jembatan Tebet, Jakarta Pusat. Mereka dibimbing oleh Ustad Halim Ambiya dan kawan-kawan.
Ilustrasi. Arti dari makhorijul huruf al jauf adalah tempat keluarnya hruuf dari rongga kerongkongan. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Ayat-ayat Al Quran tidak dapat lepas dengan huruf-huruf hijaiyah beserta pelafalannya. Hal ini tentunya memiliki kaitan erat dengan ilmu makhorijul huruf agar pelafalan ayat Al Quran tidak menimbulkan perbedaan arti.

Makhorijul huruf atau tempat keluarnya huruf hijaiyah terbagi menjadi lima. Salah satunya ada al jauf yaitu huruf hijaiyah yang dilafalkan lewat kerongkongan atau makhrojnya ada di kerongkongan.

Pasalnya, kata jauf (الجَوْفُ) secara bahasa bermakna rongga mulut dan rongga kerongkongan, seperti yang dilansir dari buku Modul Praktikum Pembelajaran Tilawatil Qur'an karya Zainol Hasan dan Moh Afandi.

Adapun bunyi huruf yang keluar dari rongga mulut dan rongga tenggorokan ada tiga macam, misalnya huruf-huruf mad yang terdiri dari alif ( ا ), wawu ( و ), dan ya' ( ي ). Untuk lebih jelasnya dapat disimak pada pemaparan berikut,

Huruf-huruf dengan makhorijul huruf al jauf

1. Huruf alif ( ا ) dan sebelumnya ada huruf yang berharakat fathah ( ﹷ ). Contohnya: مَالَا غَوَى

2. Huruf wawu sukun ( و ) dan sebelumnya ada huruf yang berharakat dhammah ( ُ- ). Contohnya: قُوْلُوْا

3. Huruf ya' sukun (ي) dan sebelumnya ada huruf yang berharakat kasrah ( ِ- ). Contohnya: حَامِدِيْنَ

Selain makhorijul huruf al jauf yang berarti makhrojnya ada di kerongkongan. Terdapat empat tempat keluarnya huruf hijaiyah lainnya yang dipelajari dalam makhorijul huruf. Berikut penjelasannya yang dilengkapi dengan huruf-hurufnya,

4 Makhorijul huruf selain al jauf

1. Tenggorokan atau halq ( الْحَلْقِ)

Artinya, makhorijul huruf yang dilafalkan lewat tenggorokan atau makhrojnya ada di tenggorokan. Huruf-hurufnya terdiri dari:

  • pangkal tenggorokan: hamzah (ء) dan ha' (هـ),
  • pertengahan tenggorokan: ha' ( ح ) dan 'ain ( ع )
  • ujung tenggorokan: gho ( غ ) dan kho' ( خ )

2. Mulut atau fammun atau lisan (اللِّسَانُ)

Makhorijul huruf yang dilafalkan lewat mulu atau lisan, atau makhrojnya ada di (lidah). Huruf-hurufnya dikelompokkan menjadi 10 makhroj yaitu qof (ق), kaf (ك), jim (ج), syin (ش), ya' (ي), dho (ض), lam (ل), nun (ن), ro (ر), da (د), ta' (ت), tho' (ط), shod (ص), sin (س), za (ز), dzho (ظ), tsa (ث), dan dzal (ذ).

3. Antara dua bibir atau syafatain ( الشَّفَتَيْنِ)

Artinya makhorijul huruf yang dilafalkan lewat bibir atau makhrojnya ada di bibir. Huruf-hurufnya terdiri dari fa (ف ), wawu ( و ), ba' (ب ), dan mim ( م ).

4. Hidung atau khoisyum (الخَيْشُوْمُ)

Makhorijul huruf dilafalkan lewat hidung atau makhrojnya ada di hidung. Biasanya hanya digunakan untuk bacaan ghunnah. Huruf-hurufnya terdiri dari nun bertasydid, mim bertasydid ( مّ ), nun sukun ( نْ ) yang dibaca idghom bighunnah, iqlab, dan ikhfa haqiqi, serta mim sukun yang bertemu dengan mim atau ba'.

Setelah memahami arti makhorijul huruf al jauf dan lainnya, semoga dapat menambah wawasan kita dalam membaca Al Quran dengan baik dan benar ya, detikers.



Simak Video "Melihat Madrasah di Afghanistan di Bawah Kepemimpinan Taliban"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia