Buat Siswa yang Mau Liburan, Ini Syarat Naik Pesawat Libur Nataru

Kristina - detikEdu
Minggu, 19 Des 2021 16:00 WIB
Wide-angle view of a modern aircraft gaining the altitude outside the glass window facade of a contemporary waiting hall with multiple rows of seats and reflections indoors of an airport terminal El Prat in Barcelona
Ilustrasi pesawat/Syarat naik pesawat untuk siswa selama libur Nataru 2022. Foto: Getty Images/iStockphoto/skyNext
Jakarta -

Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun ini bersamaan dengan libur sekolah semester ganjil di berbagai wilayah Indonesia. Bagi siswa yang mau liburan, berikut syarat naik pesawat pada tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2022.

Aturan perjalanan dalam negeri untuk seluruh wilayah Indonesia selama periode Nataru ditetapkan dalam Addendum SE Nomor 24 Tahun 2021 tentang Pengaturan Aktivitas dan Mobilitas Masyarakat Selama Periode Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022 dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

"Tujuan Addendum Surat Edaran ini adalah untuk melakukan pemantauan, pengendalian, dan evaluasi dalam rangka pengendalian laju penularan COVID-19 selama periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022," bunyi Addendum SE tersebut seperti dikutip, Minggu (19/12/2021).

Menyusul aturan tersebut, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Perhubungan Udara mengeluarkan SE Nomor 111 tahun 2021 tertanggal 11 Desember 2021 tentang Pengaturan Aktivitas dan Mobilitas Masyarakat dengan Transportasi Udara Selama Periode Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022 dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

SE atas nama Menteri Perhubungan ini berisi aturan perjalanan bagi pelaku perjalanan, penyelenggara angkutan udara, penyelenggara bandar udara, dan penyelenggara navigasi penerbangan selama periode Natal tahun 2021 dan Tahun Baru 2022.

Syarat naik pesawat libur Nataru

Merujuk pada aturan tersebut, pelaku perjalanan udara diwajibkan untuk menunjukkan kartu vaksin dosis lengkap dan hasil negatif rapid test antigen. Sementara itu, tes PCR hanya diwajibkan bagi anak usia di bawah 12 tahun.

Berikut syarat naik pesawat selengkapnya sebagaimana ditetapkan dalam SE Nomor 111 tahun 2021.

A. Usia Dewasa

1. Wajib menunjukkan kartu vaksin lengkap (vaksinasi dosis kedua).

2. Wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan.

2. Apabila tidak vaksin dosis lengkap karena alasan medis maupun belum mendapatkan vaksin dosis lengkap maka mobilitasnya dibatasi untuk sementara.

B. Usia di bawah 12 tahun

1. Wajib menunjukkan hasil negatif RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan.

2. Tidak ada syarat untuk kartu vaksinasi.

Apabila siswa hendak naik pesawat untuk keperluan medis atau berobat, tidak diwajibkan untuk menunjukkan vaksin dosis lengkap. Sebagai gantinya, siswa dapat menunjukkan hasil negatif RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan dan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah. Syarat naik pesawat ini tentunya harus dipenuhi demi kesehatan seluruh masyarakat.



Simak Video "Penumpang Pesawat Mengaku Tak Takut Tertular Varian Omicron"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia