Daftar Hewan yang Makin Pintar Jika Manusia Punah, Ada Simpanse

Kristina - detikEdu
Minggu, 19 Des 2021 13:00 WIB
Simpanse: Apa yang membuat binatang ini bisa bertahan di tengah perubahan iklim?
Simpanse yang bisa menjadi makhluk paling pintar, jika manusia punah. Foto: BBC Karangan Khas
Jakarta -

Pernahkah detikers membayangkan jika manusia berhenti memiliki keturunan dan populasinya akan menghilang alias punah? Para ilmuwan memprediksi kira-kira ada beberapa hewan yang akan berevolusi untuk memiliki kecerdasan dan keterampilan yang kompleks seperti manusia.

Manusia merupakan satu-satunya spesies yang mampu mengembangkan kecerdasan yang lebih tinggi. Mereka mampu menciptakan berbagai teknologi yang berguna bagi kehidupan sehari-hari, seperti smartphone sebagai alat komunikasi hingga kendaraan sebagai sarana transportasi.

Tetapi, bagaimana jika manusia sebagai makhluk yang paling cerdas dan berdampak secara ekologis ini tiba-tiba punah? Melalui teknologi pengurutan gen modern dan pemahaman tentang evolusi, ahli ekologi molekuler di North Carolina State University, Martha Reiskind, menyebut bahwa manusia dapat membuat prediksi jangka pendek.

"Kita dapat memprediksi bahwa jika manusia tiba-tiba punah besok, perubahan iklim akan terus mendorong banyak spesies menuju ketahanan kekeringan untuk bertahan hidup," kata Reiskind kepada LiveScience, dikutip Minggu (19/12/2021).

Ahli geologi sekaligus penulis buku 'After Man: A Zoology of the Future' mengatakan perubahan besar akan merujuk pada konsep konvergensi. Di mana proses evolusi dari dua organisme yang tidak terkait akhirnya mengembangkan sifat yang sama untuk berhasil dalam lingkungan tertentu atau mengisi ceruk tertentu.

Hewan yang akan berevolusi makin pintar jika manusia punah

1. Simpanse

Menurut penelitian dari University of Manchester, salah satu fitur yang membuat manusia pandai membangun dan memiliki penalaran spasial adalah tangan yang cekatan. Untuk mengisi peran ekologis yang sama dengan manusia dalam hal membangun kota dan melakukan perubahan lingkungan, diperlukan spesies yang pandai dalam memanipulasi objek.

Primata seperti simpanse (Pan troglodytes) dan bonobo (Pan paniscus) adalah dua spesies yang memungkinkan untuk mewarisi kemampuan manusia dengan tangan yang cekatan. Kerabat dekat manusia ini memiliki ibu jari berlawanan yang digunakan untuk membuat alat di alam liar.

Meski demikian, dibutuhkan waktu ratusan ribu atau bahkan jutaan tahun evolusi bagi kera lain untuk mengembangkan kemampuan menciptakan dan menggunakan alat canggih seperti manusia. Namun bagaimanapun, simpanse dapat dimusnahkan oleh bencana yang juga memusnahkan manusia.

2. Burung

Ketika dinosaurus non-unggas punah 66 juta tahun yang lalu, mamalia bangkit untuk mengisi banyak ruang kosong mereka. Jika manusia menghilang, mungkin saja burung, satu-satunya dinosaurus yang masih hidup, dapat mengisi peran manusia sebagai hewan darat yang paling cerdas dan paling terampil.

Sebuah penelitian tahun 2020 yang diterbitkan dalam jurnal Science mengungkap beberapa burung, seperti gagak, memiliki kecerdasan yang bahkan menyaingi simpanse. Pada penelitian sebelumnya dalam jurnal yang sama, beberapa burung diketahui dapat menggunakan kaki dan paruh mereka yang cekatan untuk membuat kawat menjadi kait.

Burung dapat berkumpul bersama dalam kelompok besar, dan beberapa di antaranya, seperti penenun yang ramah (Philetairus socius), bahkan membangun tempat bersarang bersama. Menurut penelitian diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Ecology and Evolution, beberapa sarang mereka tetap ditempati oleh burung selama beberapa dekade.

3. Gurita

Selain burung, ada kelompok hewan lain yang sangat mahir memanipulasi objek dan anggota tubuhnya. Kecerdasan modifikasi perilaku ini merupakan akibat pengaruh dari lingkungan. Mereka adalah gurita.

Menurut penelitian tahun 2020 yang diterbitkan dalam The Biological Bulletin, gurita dapat membedakan antara objek nyata dan virtual. Bahkan, dalam jurnal Communicative dan Biologi Integratif, disebutkan bahwa gurita dapat merekayasa lingkungan mereka dengan menghilangkan ganggang yang tidak diinginkan dari sarang mereka dan menghalangi pintu masuk dengan cangkang. Hal itulah yang menyebabkan gurita menjadi hewan terpintar di Bumi.

Namun demikian, gurita akan kesulitan beradaptasi dengan kehidupan di darat. Kondisi ini yang membuat gurita dan cumi lainnya tidak mungkin melakukan transisi ke darat dan mengambil alih peran manusia sebagai makhluk darat paling cerdas.

4. Serangga

Serangga digadang-gadang sebagai hewan yang mungkin akan mewarisi keterampilan dan kecerdasan manusia khususnya untuk membangun kehidupan di darat. Serangga diketahui sangat mudah beradaptasi dengan berbagai jenis lingkungan. Menurut catatan Museum Sejarah Alam di London, serangga telah ada selama 480 juta tahun.

Pada saat itu, mereka telah berevolusi untuk mengisi hampir setiap ceruk yang bisa dibayangkan, mulai dari terbang, menggali, berenang, dan bahkan membangun menara mirip kota yang rumit. Organisasi koloni semut dan rayap mungkin lebih menyerupai peradaban manusia daripada spesies hewan lainnya di Bumi.



Simak Video "China Deteksi Kasus Pertama Flu Burung H3N8 pada Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia