5 Air Terjun Tertinggi di Dunia, Ada yang Hampir 1 Km

Trisna Wulandari - detikEdu
Rabu, 15 Des 2021 10:30 WIB
AirTerjun Angel Falls
Angel Falls, salah satu air terjun tertinggi di dunia. Foto: Wikimedia Commons/Francisco Becerro
Jakarta -

Air terjun merupakan salah satu keindahan alam yang dikagumi manusia. Ketinggian, aliran air yang deras maupun yang tenang, suara gemercik air, dan suasana di sekitar tebing, bebatuan, dan air membuat air terjun menarik bagi wisatawan, penjelajah, maupun peneliti.

Dari berbagai air terjun tinggi di dunia, ada di antaranya yang sangat tinggi. Beberapa bahkan hanya bisa dinikmati manusia dari kejauhan, dari laut, bahkan dari udara menggunakan pesawat atau helikopter. Apa saja air terjun tertinggi di dunia?

Air Terjun Tertinggi di Dunia

Angel Falls, Venezuela

AirTerjun Angel FallsAir Terjun Angel Falls Foto: Wikimedia Commons/Francisco Becerro


Angel Falls ditetapkan Guiness World Records sebagai air terjun tertinggi di dunia. Air terjun setinggi 979 meter di Venezuela, Amerika Selatan ini sekitar 20 kali tinggi Air Terjun Niagara. Air terjun di Venezuela's Canaima National Park ini juga ditetapkan sebagai Warisan Budaya Dunia UNESCO.

Angel Falls dikenal juga dalam dengan nama Kerepakupai Merú oleh oran setempat. Dalam bahasa Pemon, nama tersebut berarti air terjun dari tempat terdalam, dan Parakupá Vená yang berarti arti terjun dari titik tertinggi, seperti dikutip dari Encyclopaedia Britannica.

Nama Angel Falls sendiri diambil dari nama James Angel, petualang Amerika yang pertama kali terbang di atas air terjun ini pada 1933. Angel Falls baru mulai dikenal sejak 1930-an karena hutan lebat dan lereng curam menghambat akses ke tempat air terjun ini.

Meskipun Angel Falls dulu sulit untuk dikunjungi, setidaknya sudah ada tiga orang Amerika dan satu orang Inggris yang mendaki permukaan batu terjal di air terjun ini pada tahun 1971. Air terjun ini mengalir di atas tebing datar yang disebut Auyán-Tepuí atau "Gunung Setan". Untuk mencapai Angel Falls, para petualang tersebut harus melakukan perjalanan 10 hari.

Tres Hermanas Falls, Peru

Tres Hermanas FallsTres Hermanas Falls. Foto: Atlas Geo Mundo

Tres Hermanas Falls merupakan air terjun tertinggi kedua di dunia menurut World Waterfall Database. Air terjun setinggi 914 m ini dinamakan Tres Hermanas atau "Air Terjun Tiga Saudari" karena terbagi atas tiga fragmen.

Seperti Angel Falls, akses jalan kaki ke air terjun di kawasan Otishi National Park, Peru ini juga susah. Dikutip dari laman Komisi Promosi Ekspor dan Pariwisata Republik Peru, penjelajah biasanya harus mencapai area air terjun dengan pesawat atau helikopter. Sebelumnya, pejalan juga harus mendapat izin khusus dari Dinas Nasional Kawasan Konservasi Alam Negara Bagian Satipo.

Selanjutnya, Oloʻupena Falls, Hawaii



Simak Video "Air Terjun Sedudo, Keindahan Alam Setinggi 105 Meter, Nganjuk"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia