Mau Kursus Bahasa Inggris Berkualitas di Jakarta? Intip 4 Lembaga Ini!

Sponsored - detikEdu
Kamis, 09 Des 2021 14:28 WIB
adv golden english
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Kemampuan berbahasa Inggris kini semakin dibutuhkan di berbagai bidang. Terutama di era disrupsi seperti sekarang ini.

Tingginya kebutuhan akan kemampuan berbahasa Inggris disambut dengan munculnya berbagai penyedia layanan kursus bahasa Inggris. Maraknya kursus bahasa saat ini memberi kemudahan untuk Anda memilih. Namun perlu diingat, setiap lembaga tentu memiliki metode, fasilitas, materi, serta kualifikasi pengajar yang berbeda-beda sehingga Anda tidak bisa begitu saja memilih tanpa pertimbangan yang matang.

Di era digital ini, biasanya lembaga menawarkan 2 pilihan program, yakni kursus online dan offline. Bagi Anda yang merasa lebih nyaman dan efektif dengan kelas offline, kami telah merangkum 4 rekomendasi kursus bahasa Inggris offline berkualitas yang ada di Jakarta.

1. Golden English

adv golden englishFoto: dok. Golden English

Golden English dikenal sebagai lembaga kursus yang memiliki berbagai fasilitas menarik dengan biaya yang terjangkau. Hingga saat ini, Golden English terus menunjukkan geliat positifnya dan menjadi salah 1 tempat kursus bahasa Inggris di Jakarta yang banyak diminati. Hal ini terbukti dengan terus bertambahnya cabang Golden English di Jakarta, bahkan terus merambah hingga ke kota-kota lain di sekitar Jakarta.

Pencapaian ini tidak terlepas dari komitmen dan totalitas pelayanan yang diberikan Golden English kepada para peserta kursusnya. Golden English menawarkan kombinasi pengajar lokal dan native speaker, gratis konsultasi materi selamanya, English forum, hingga memberikan garansi/jaminan aktif berbahasa Inggris untuk para lulusannya.

Golden English juga terus menguatkan strategi ekspansinya dengan menyajikan program kursus lengkap untuk semua usia, serta mengadakan layanan online dengan sebutan Golden Online Class (GOC). Hal yang paling menarik adalah di segi biaya, semua fasilitas kursus Golden English dapat dinikmati hanya dengan biaya Rp 300-400 ribuan per bulannya. Tidak salah jika Golden English mengusung tagline 'now everyone can speak English'.

2. English First (EF)

adv golden englishFoto: dok ef.co.id

English First merupakan salah satu lembaga kursus bahasa Inggris yang cukup populer di Indonesia. Sebagai penyedia layanan kursus unggulan, EF menawarkan fasilitas kursus yang lengkap untuk setiap peserta kursusnya. Dengan berbagai layanan premium yang ditawarkan, EF pun membanderol biaya kursus yang relatif lebih mahal jika dibandingkan layanan serupa. Selain kursus tatap muka, EF juga menawarkan kursus online yang disebut EF live.

3. Wallstreet English

adv golden englishFoto: dok. Wallstreet English

Wallstreet English menawarkan program kursus bahasa Inggris yang lengkap untuk berbagai usia. Salah 1 fasilitas unggulan yang ditawarkan adalah adanya community yang diklasifikasikan berdasarkan minat para peserta. Di komunitas tersebut para peserta dapat mempraktikkan kemampuan bahasa Inggrisnya.

Cabang-cabang Wallstreet English biasanya dapat ditemui di mall, seperti Kota Kasablanka, Pacific Place, Central Park, dan lain-lain. Wallstreet English menawarkan metode belajar blended learning dan tutor kelas yang diisi langsung oleh pengajar native speaker. Berdasarkan informasi dari harga.web.id, harga kursus di Wallstreet English berada di kisaran Rp20,8 hingga 38 juta, tergantung pada membership yang Anda pilih.

4. British Council

adv golden englishFoto: dok. British Council

British Council selama ini dikenal sebagai pemilik dan penyelenggara resmi IELTS. Namun, tak hanya itu, British Council juga fokus pada pengajaran bahasa Inggris, pengujian, dan pengembangan guru. Selain program kursusnya yang lengkap, British Council memiliki salah 1 fasilitas andalan, yaitu myClub.

MyClub adalah kegiatan ekstra yang dirancang untuk para siswa British Council. Kegiatan tersebut meliputi aktivitas bahasa, sosial, dan budaya yang bertujuan agar siswa semakin terbiasa berbahasa Inggris. Biaya kursus yang ditawarkan British Council bervariasi, mulai dari Rp8,9 juta.

Tips Memilih Kursus Bahasa Inggris

      1. Materi dan Modul Pembelajaran Sesuai Kebutuhan

        Materi dan modul belajar terbaik adalah yang sesuai dengan yang kebutuhan Anda. Misal, Anda membutuhkan materi business English dengan porsi praktik speaking lebih banyak daripada writing, maka pastikan lembaga memfasilitasi dengan menyediakan modul yang sesuai kebutuhan tersebut.

      2. Pengajar Profesional dan Menyenangkan

        Menguasai bahasa memerlukan atmosfer belajar yang hidup dan ceria, sehingga Anda akan mampu mempraktikkan kemampuan bahasa Inggris Anda dengan lepas dan natural. Pengajar memiliki peran besar untuk menciptakan atmosfer kelas seperti yang diharapkan.

      3. Tersedia Native Speaker

        Mempelajari bahasa Inggris langsung dengan native speaker tentu pilihan yang tepat. Bisa dikatakan bahwa native speakers memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang sempurna.

        Belajar dengan native speaker akan memberikan Anda pengalaman dan kepercayaan diri lebih dalam berkomunikasi bahasa Inggris, khususnya saat bertemu ekspatriat.

      4. Tersedia Fasilitas Pendukung untuk Mencapai Target

        Lembaga kursus berkualitas akan mengupayakan berbagai fasilitas untuk mendukung pencapaian para peserta didiknya. Fasilitas pendukung di lembaga kursus biasanya terdiri dari kelas multimedia, teaching aids yang aplikatif, make up class, English community/forum, free counseling, dan lain sebagainya.

      5. Lembaga Kredibel dan Terakreditasi

        Hal terakhir yang tak kalah penting adalah mempertimbangkan kredibilitas dan legalitasnya. Pada umumnya, lembaga kursus bahasa Inggris profesional akan memberikan fasilitas menarik untuk menunjang proses belajar, salah satunya adalah sertifikat. Sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga kredibel dan sudah terakreditasi tentu memiliki value yang lebih kuat.

Itulah 4 lembaga kursus bahasa Inggris berkualitas yang patut untuk Anda pertimbangkan. Kesimpulannya, tempat kursus terbaik adalah tempat kursus yang dapat menyajikan kualitas pembelajaran yang unggul serta tepat dalam memenuhi kebutuhan pesertanya.

(Test TOEFL Online, Golden English/ads)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia