Cara Imam Minta Diganti oleh Makmum, Pernah Terjadi pada Umar bin Khatab

Rosmha Widiyani - detikEdu
Kamis, 09 Des 2021 06:00 WIB
Suasana Sholat Tarawih di Masjidil Haram 2021
Foto salat tarawih, bagaimana cara imam minta ganti oleh makmum saat salat? Foto: (AFP)
Jakarta - Cara imam minta diganti oleh makmum saat salat mungkin tak diketahui semua muslim. Namun sebetulnya, hal ini pernah terjadi pada sahabat Nabi SAW Umar bin Khatab. Saat itu Umar ditikam sehingga tak bisa meneruskan sebagai imam sholat.

"Hal ini (penggantian imam oleh makmum) pernah dilakukan Umar bin Khatab ketika dia ditikam. Saat itu Umar menyuruh Abdur Rahman bin Auf maju untuk mengimami dan meneruskan salat," tulis buku Shalatul Mu`min: Bab Imamah karya Dr. Sa`id bin `Ali Wahf Al-Qahthani.

Kisah penusukan Umar bin Khatab di Madinah diceritakan dalam hadits yang diriwayatkan imam Bukhori. Dalam hadits yang diceritakan Amr bin Maimun tersebut, Umar dikisahkan sedang memimpin salat dan mengawali dengan takbir.

Namun segera setelah takbir Umar mengatakan, "Anjing telah makan atau membunuhku." Tepat saat itu, seorang non Arab menusuk semua muslim yang dilihatnya termasuk Umar. Sang khalifah segera meminta seorang makmum untuk menggantikan posisi sebagai imam.

Cara imam minta diganti oleh makmum seperti yang dilakukan Umar ternyata simpel. Dia cukup memegang tangan Abdur Rahman bin Auf yang berdiri tidak jauh. Umar kemudian membiarkannya memimpin salat hingga usai.

Khalifah Mu'awiyah bin Sufyan juga dikisahkan pernah minta digantikan saat mengimami sholat. Sama seperti Umar, Mu'awiyah ditikam sehingga tak bisa melanjutkan memimpin sholat. Namun cerita Mu'awiyah berbeda dengan sang khalifah.

Alih-alih menerapkan cara imam minta diganti oleh makmum saat salat seperti Umar, Mu'awiyah tidak melakukan hal tersebut. Makmum salat yang dipimpun Mu'awiyah meneruskan ibadah sendiri. Salat dilanjutkan hingga sempurna tanpa perlu mengulang kembali.

Cara imam minta diganti oleh makmum sebaiknya diketahui seorang muslim. Karena, imam adalah seorang manusia yang tak lepas dari kesalahan saat memimpin sholat. Misalnya berhadas yang menyebabkan wudhu sang imam batal dan tak bisa melanjutkan sholat.

Hal tersebut disebutkan Nabi SAW dalam haditsnya

cara imam minta digantikan oleh makmumCara imam minta digantikan oleh makmum. Foto: Screenshoot buku Shalatul Mu`min: Bab Imamah

Semoga dengan mengetahui cara imam minta diganti oleh makmum saat salat dapat meningkatkan kesempurnaan ibadah detikers. Amin.

Simak Video "Titi Kamal Ungkap Ada yang Kesurupan saat Syuting Film 'Makmum 2' "
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia