Kenapa Sosok Luqman Diabadikan dalam Al Quran Surat Luqman?

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Senin, 06 Des 2021 18:00 WIB
Muslim woman reading from the quran stock photo
Ilustrasi Al Quran. Kenapa salah satu surat dalam Al Quran dinamakan surat Luqman? (Foto: Getty Images/iStockphoto/evrim ertik)
Jakarta - Surat Luqman merupakan surat yang ke-31 dalam susunan mushaf Al Quran dan terdiri dari 34 ayat. Surat ini dinamakan surat Luqman karena ada sejumlah alasan di baliknya sebagaimana dikutip dalam buku Tadabur Al-Qur'an: Menyelami Makna Al-Qur'an dari Al-Fatihah Sampai An-Nas karya Syaikh Adil Muhammad Khalil.

"Surat ini dinamakan dengan Luqman karena menyatut kisah Luqman dan sifatnya yang penuh hikmah. Begitupula menyebutkan beberapa nasihat yang ia wariskan kepada anaknya," tulis Syaikh Adil Muhammad Khalil dalam bukunya tersebut.

Nama Luqman Al Hakim dalam Al Quran disebut sebanyak dua kali. Keduanya terdapat dalam surat Luqman ayat 12-13,

(12) وَلَقَدْ آتَيْنَا لُقْمَانَ الْحِكْمَةَ أَنِ اشْكُرْ لِلَّهِ ۚ وَمَنْ يَشْكُرْ فَإِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهِ ۖ وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ حَمِيدٌ
(13) وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ ۖ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ

Artinya: "Dan sungguh, telah Kami berikan hikmah kepada Luqman, yaitu, "Bersyukurlah kepada Allah! Dan barangsiapa bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya dia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa tidak bersyukur (kufur), maka sesungguhnya Allah Mahakaya, Maha Terpuji.

Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, ketika dia memberi pelajaran kepadanya, "Wahai anakku! Janganlah engkau mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar."

Siapakah Luqman dan kenapa sosoknya diabadikan dalam Al Quran?

Mengenai hal ini, terdapat sejumlah perbedaan pendapat di kalangan para ulama. Namun, pendapat mayoritas menyebut, Luqman hanyalah seorang ahli hikmah yang bijaksana, bukan seorang nabi. Sebab dalam Al Quran disebutkan bahwa Allah memberikan hikmah kepadanya.

"Ia terkenal dengan nasihat kepada anaknya untuk berbakti kepada orang dan tidak menyekutukan Allah," tulis Adil Musthafa Abdul Halim dalam bukunya yang bertajuk Kisah Bapak dan Anak dalam Al-Qur'an.

Hal ini didasarkan pada hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar RA, ia berkata,

"Aku mendengar Rasulullah SAW berkata, 'Luqman bukanlah seorang nabi, tetapi dia adalah seorang hamba yang banyak berpikir, yang memiliki keyakinan yang bagus, dan mencintai Allah. Sebab itu, Allah Ta'ala mencintainya. Kemudian Dia anugerahkan kepadanya kebijaksanaan,'"

Surat dalam Al Quran yang dinamakan surat Luqman ini juga hanya menceritakan kebijaksanaan yang diilhami kepadanya. Terutama pada surat Luqman ayat 13, diisyaratkan bahwa apa yang disampaikan kepada anaknya adalah pengajaran bukan penyampaian syariat.

Pernyataan ini diperkuat oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof Nasaruddin Umar. Ia mengatakan, Luqman Al Hakim bukanlah orang yang lahir dari kalangan nabi. Ia adalah orang biasa yang namanya diabadikan menjadi satu surat dalam Al Quran.

"Luqman ini menarik ya karena (dia) adalah orang biasa. Bukan nabi bukan siapa-siapa," kata Prof Nasaruddin dalam detikKultum detikcom, bulan Ramadhan lalu.

Berdasarkan penjelasan di atas, meskipun bukan seorang nabi, Luqman diabadikan dalam Al Quran karena memiliki nasihat yang baik dan bijaksana. Hal ini diisyaratkan agar seluruh orang tua dapat meniru apa yang telah dilakukan oleh Luqman pada anaknya.

"Luqman adalah salah satu manusia yang namanya disebut dalam Al Quran karena kemuliaan akhlaknya," tulis buku Prinsip dan Tahapan Pendidikan Islam oleh Muhammad Fathurrohman.

Karena itu, surat Luqman dalam Al Quran dinamakan demikian bukan tanpa alasan. Melainkan sebagai salah satu usaha Allah SWT dalam memberikan sosok figur pendidikan Islam terkait bagaimana seharusnya para orang tua mendidik anaknya.

Wallahu'alam.

Simak Video "Melihat Madrasah di Afghanistan di Bawah Kepemimpinan Taliban"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia