Apa Singa Adalah Hewan Pemberani? Ini Kata Peneliti

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 06 Des 2021 10:30 WIB
Empat Ekor Singa di Kebun Binatang Spanyol Positif COVID-19 Setelah Dites
Foto: ABC Australia
Jakarta -

Manusia memandang singa sebagai salah satu hewan yang paling pemberani. Menurut sebuah kitab Yahudi kuno menyebutkan agar umatnya berani seperti singa dan melakukan perintah Tuhan dengan keberanian tersebut.

Bahkan Raja Richard I dari Inggris dijuluki berhati singa karena keberaniannya dalam pertempuran. Tetapi apakah singa merupakan hewan yang benar-benar berani atau hanya mitos?

Menurut penelitian, jika menilai perilaku manusia berdasarkan standar manusia, singa adalah hewan yang cukup berani. Walaupun singa tidak mengalami perasaan keberanian seperti kita, tetapi singa tidak takut untuk berburu mangsa yang besar dan berbahaya.

"Mereka paling tidak takut pada semua pemangsa," kata ahli ekologi Universitas Minnesota yang merupakan salah satu pakar singa terkemuka di dunia, Craig Packer yang dilansir dari laman mentalfloss.

Packer menyebutkan jika singa betina berburu rusa dan zebra. Sedangkan singa jantan bertugas untuk berburu mangsa besar yang harus dijatuhkan dengan kekerasan.

"Bukan hal kecil untuk menangkap seekor kerbau, Itu perilaku yang cukup berisiko," kata Packer.

Walaupun dikenal sebagai hewan yang pemberani, Packer menyebut jika batas keberanian dan kebodohan singa sangat tipis, sama seperti manusia.

"Terkadang keberanian itu berubah menjadi kebodohan karena terkadang mereka mencoba menangkap badak atau gajah dan mereka terbunuh," kata Packer.

Karena dikenal sebagai hewan pemberani, singa dijuluki sebagai raja hutan. Meskipun begitu, singa memiliki musuh terburuknya yaitu hyena. Hal ini dikarenakan Hyena makan makanan yang sama dengan singa, sehingga singa dan hyena sering berselisih satu sama lain.

Walaupun singa adalah karnivora, singa menjaga keseimbangan mereka dengan membunuh beberapa hewan. Jika tidak ada singa, kawanan kijang akan memenuhi sabana dan menghancurkan semua sumber daya rumput.

Singa dianggap sebagai raja karena ia menguasai tanah tempat ia hidup dan semua hewan lain yang hidup di atasnya.

Selain itu, singa tidur selama 20 jam sehari. Kegiatan singa sehari-hari adalah makan, minum, tidur, dan membasmi hama. Itulah mengapa singa dianggap sebagai raja hutan.

Singa juga merupakan satwa langka, menurut data WWF tersisa 23 ribu singa di alam bebas. Sedangkan untuk gajah terdapat 415 ribu gajah liar di Afrika. Jika dibandingkan dengan singa, angka ini cukup rendah.

Faktanya, sebanyak 90% singa menghilang dari jangkauan sejarah.

Jadi detikers, singa memang hewan pemberani dan pantas dijuluki sebagai raja hutan.



Simak Video "Bermain dan Bercengkrama Lebih Seru Bersama Satwa- Satwa Cantik di Gianyar Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia