10 Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 12 Tentang Teks Sejarah

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Jumat, 03 Des 2021 18:30 WIB
Ujian Nasional dalam Narasi Politik
Ilustrasi contoh soal teks sejarah mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 12 SMA. (Foto: detik)
Jakarta - Ada sejumlah teks kebahasaan yang diajarkan di sekolah. Salah satunya, topik teks sejarah yang dipelajari dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 12 SMA.

Seperti diketahui, teks sejarah adalah salah satu jenis teks narasi yang menceritakan tentang kejadian masa lalu dan memiliki nilai sejarah. Contoh teks narasi yang sering ditemukan misalnya, teks tentang Perang Diponegoro.

Untuk memahaminya, kamu bisa mulai berlatih beberapa contoh soal teks sejarah Bahasa Indonesia kelas 12 yang telah dikumpulkan detikEdu berikut.

Rangkuman soal ini dikutip dari buku CMS Cara Menguasai Soal Bahasa Indonesia SMA dan MA Latihan Soal dan Pembahasan HOTS dan buku CCM Cara Cepat Menguasai Bahasa Indonesia SMA dan MA Rangkuman Bahasa Indonesia SMA MA karya Tomi Rianto, serta buku Pasti Bisa Bahasa Indonesia oleh Tim Tunas Karya Guru.

10 Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 12 Tentang Teks Sejarah

Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!

Pada tahun 1848-1849 terjadi Perang Puputan di Jagaraga antara pasukan Kerajaan Buleleng dan Belanda. Seluruh anggota Kerajaan Buleleng bersama rakyatnya di bawah pimpinan I Gusti Ketut Jelantik berjuang mempertahankan daerahnya sampai titik darah penghabisan. Mereka bertahan dengan mencari bantuan ke Karangasem. Sayangnya, I Gusti Ketut Jelantik dan seluruh pasukannya gugur dalam pertempuran di Perbukitan Bale Pundak.

1. Perang Puputan terjadi antara...

A. Kerajaan Buleleng dan Jepang
B. Kerajaan Buleleng dan Belanda
C. Kerajaan Majapahit dan Jepang
D. Kerajaan Majapahit dan Belanda
E. Kerajaan Buleleng dan Kerajaan Karangasem

Jawaban soal nomor 1 adalah B.

2. Jelaskan kalimat utama dalam teks tersebut...

A. I Gusti Ketut Jelantik memimpin Perang Puputan di Jagaraga dengan mencari bantuan Karangasem.
B. I Gusti Ketut Jelantik memimpin Perang Puputan di Jagaraga.
C. Pada tahun 1848-1849 terjadi Perang Puputan di Jagaraga antara pasukan Kerajaan Buleleng dan Belanda.
D. I Gusti Ketut Jelantik dan seluruh pasukannya gugur dalam pertempuran di Perbukitan Bale Pundak.
E. Pada tahun 1848-1849 terjadi Perang Puputan di Buleleng antara pasukan Kerajaan Jagaraga dan Belanda.

Jawaban soal nomor 2 adalah C.

3. Bacalah teks cerita sejarah berikut dengan saksama!

Peristiwa ini dilatarbelakangi oleh pengibaran bendera Belanda Merah-Putih-Biru di Hotel Yamato oleh tentara Inggris sehingga menyulut berkobarnya bentrokan-bentrokan bersenjata antara tentara Inggris di Surabaya memuncak dengan terbunuhnya Brigadir Jenderal Malaby (pimpinan tentara Inggris untuk Jawa Timur) pada 30 Oktober 1945.

Pernyataan berikut yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah...

A. Bentrokan-bentrokan bersenjata dengan tentara Inggris di Surabaya memuncak dengan terbunuhnya Brigadir Jenderal Malaby.
B. Brigadir Jenderal Malaby (pimpinan tentara Inggris untuk Jawa Timur) pada 30 Oktober 1945 terbunuh.
C. Peristiwa yang dilatarbelakangi oleh pengibaran bendera Belanda Merah-Putih-Biru di Hotel Yamato oleh tentara Inggris berakhir damai.
D. Peristiwa ini dilatarbelakangi oleh pengibaran bendera Belanda Merah-Putih-Biru tidak menyulut berkobarnya bentrokan bersenjata antara Inggris dan rakyat.
E. Bentrokan-bentrokan bersenjata antara pasukan Inggris dan badan-badan perjuangan yang dibentuk oleh rakyat terjadi pada tanggal 31 Oktober 1945.

Jawaban soal nomor 3 adalah A.

4. Baca teks berikut untuk menjawab soal nomor 4!

Pagi itu, pagi kedua setelah Ken Ndok menghilang. Maharesi tegak di depan pondoknya menatap gerakan sang mentari. Air mukanya terlihat murung. Hampir semalaman ia sulit memejamkan mata. la masih berharap istrinya kembali. Namun, hingga pagi menjelang, harapannya tidak menyisakan apa pun selain ranjang kayu yang dingin dan kosong. Maharesi mengembuskan napas panjang. Mulutnya berkemik. Apa pun yang terjadi, seharusnya Rayi tidak meninggalkan pondok. Aku bersedia menerima kenyataan apa pun. Sang Dewata Agung telah menetapkan keinginan-Nya. Aku harus patuh. Itulah alasan mengapa aku tidak menyentuhmu, Rayi. Tapi, aku bukan laki-laki kuat yang berani mengatakan apa adanya.

(Ken Arok: Cinta dan Takhta, halaman 20-21)

Suasana yang tepat untuk menggambarkan hati Maharesi adalah...

A. sedih
B. bahagia
C. senang
D. takut
E. benci

Jawaban soal nomor 4 adalah A.

5. Teks sejarah dapat dikategorikan sebagai teks naratif jika...

A. menggunakan urutan peristiwa
B. disajikan simbolisasi verbal
C. menceritakan fakta sejarah
D. mengangkat peristiwa penting
E. disajikan dengan latar sejarah

Jawaban soal nomor 5 adalah A.

6. Simak teks berikut!

Monas selalu ramai dikunjungi wisatawan untuk melihat keindahan kota Jakarta dari puncak Monas, menambah wawasan sejarah Indonesia di ruang diorama atau pun menikmati segarnya hutan kota seluas kira-kira 80 hektar di tengah kota Jakarta, tepatnya berada di Jalan Merdeka Barat No 45 dan berdekatan dengan Masjid Istiqlal yang merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara.

Struktur dalam kutipan teks tersebut adalah...

A. orientasi
B. abstraksi
C. rekaman peristiwa
D. reorientasi
E. evaluasi

Jawaban soal nomor 6 adalah C.

7. Bacalah kutipan paragraf cerita sejarah berikut!

Peristiwa yang sangat memilukan terjadi di bumi serambi mekah, Aceh. Gempa bumi dan tsunami Aceh terjadi pada hari Minggu pagi, 26 Desember 2004. Kurang lebih 500 ribu nyawa melayang dalam sekejab di seluruh tepian dunia yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia.

Struktur dalam kutipan teks tersebut adalah...

A. orientasi
B. abstraksi
C. rekaman peristiwa
D. reorientasi
E. evaluasi

Jawaban soal nomor 7 adalah A.

Baca teks ini untuk menjawab soal nomor 8 dan 9.

Mata uang rupiah bukanlah satu-satunya mata uang yang pernah berlaku di Indonesia. Kerajaan Mataram lama, Sriwijaya, dan Majapahit telah mengenal dan menggunakan berbagai tipe "uang" yang umumnya berupa logam. Setelah kedatangan penjajah di Indonesia pun, Indonesia telah mengenal berbagai macam mata uang termasuk sen dan gulden yang diterbitkan oleh De Javasche Bank khusus untuk dipergunakan di Hindia Belanda (Indonesia saat itu).

8. Struktur dalam kutipan teks tersebut adalah...

A. orientasi
B. reorientasi
C. peristiwa
D. sumber berita
E. abstraksi

Jawaban soal nomor 8 adalah C.

9. Informasi yang disampaikan oleh kutipan teks tersebut adalah ...

A. rupiah merupakan mata uang yang digunakan sejak zaman dahulu kala.
B. Kerajaan Mataram lama, Sriwijaya, dan Majapahit menggunakan mata uang gulden.
C. Hindia Belanda menggunakan "uang" berupa logam.
D. tiap masa dalam sejarah Indonesia menggunakan jenis alat tukar atau uang yang berbeda-beda.
E. penggunaan Rupiah ditetapkan pada zaman penjajahan Belanda.

Jawaban soal nomor 9 adalah D.

10. Struktur teks cerita sejarah orientasi terdapat dalam teks berikut ini...

A. Hari buruh, yang dikenal juga dengan sebutan May Day, diperingati setiap 1 Mei. Di beberapa Negara, Hari Buruh dijadikan hari libur tahunan yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh.

B. Demonstrasi besar yang berlangsung sejak April 1886, dari waktu ke waktu pendukungnya semakin banyak. Demonstrasi menjalar ke berbagai kota, seperti Chicago, New York, Detroit, Loisville, dan Baltimore.

C. Peristiwa monumental yang menjadi puncak dari persatuan gerakan buruh dunia adalah penyelenggaraan Kongres Buruh Internasional tahun 1889. Kongres yang dihadiri ratusan delegasi dari berbagai negeri dan memutuskan delapan jam per hari menjadi tuntutan utama kaum buruh seluruh dunia.

D. Delapan jam per hari atau 40 jam/minggu (lima hari kerja) telah ditetapkan menjadi standar perburuhan internasional oleh ILO melalui konvensi ILO No. 01 tahun 1919 dan Konvensi No 47 tahun 1935.

E. Rangkaian demonstrasi yang terjadi pada saat itu. tidak hanya terjadi Amerika Serikat. Bahkan menurut Rosa Luxemburg (1894), demonstrasi yang menuntut pengurangan jam kerja tersebut sebenarnya diinspirasikan oleh demonstrasi serupa yang terjadi sebelumnya di Australia pada tahun 1856.

Jawaban soal nomor 10 adalah A.

Selamat mengerjakan contoh soal Bahasa Indonesia kelas 12 tentang teks sejarah di atas, ya!

Simak Video "UAS Tepis Kena COVID-19, Tunjukkan Dirinya Sehat-Ngajar Mengaji"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia