3 Pohon Tertua di Dunia, Ada yang Lebih Tua dari Piramida Mesir?

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Kamis, 02 Des 2021 12:00 WIB
Methuselah, pohon pinus bristlecone di Pegunungan Putih California
Pohon Methuselah, salah satu pohon tertua di dunia. (Foto: CNN)
Jakarta - Ada deretan pohon tertua di dunia yang usianya hingga 4000-an tahun lebih lamanya. Pohon-pohon kuno ini seakan menjadi saksi bisu bagi peradaban dan perkembangan zaman yang dilalui dari masa ke masa.

Mereka bahkan mampu berdiri tegak hingga sekarang setelah melewati cuaca ekstrem sejak ribuan tahun. Sebagian dari mereka juga diuntungkan dengan kondisi fisik yang memang dapat bertahan lama dan menjadi faktor penentu usia panjang si pohon.

Lantas, ada pohon apa saja ya?

3 Pohon Tertua di Dunia

1. Great Basin Bristlecone Pines

Pada tahun 2012, pohon ini dinobatkan sebagai pohon tertua yang mengalahkan pemegang rekor sebelumnya dengan usia lebih dari 200 tahun. Mengutip dari situs Oldest sampelnya berhasil ditemukan oleh peneliti Amerika Serikat Dr. Edmund Schulman bersama rekannya Tom Harlan.

Sayangnya, Schulman harus menemui ajalnya terlebih dulu sebelum menentukan usia pohon ini. Usia pohon kemudian ditentukan oleh Tom Harlan pada 2010, ia melaporkan bahwa pohon itu masih hidup dan berumur 5.062 tahun.

Belum lagi, daun pada ujung ranting bisa tetap hijau selama 40 tahun, sebagaimana dijelaskan dalam laman National Park Service. Kayunya juga memiliki struktur yang kuat.

Hal itu membuat pohon longaeva menjadi lebih tahan serangan serangga, jamur, dan hama lainnya. Ketahanan ekstrem kayu inilah yang memainkan peran besar dalam usia panjang pohon.

2. Methuselah, Pinus Longaeva

Menurut catatan dari Guinness World Records, pohon pinus longaeva ini pun ditemukan oleh peneliti sebelumnya, Schulman sejak tahun 1957 silam. Sampel intinya bahkan disebut-sebut saat ini sudah berusia sekitar 4.853 tahun.

Nama Methuselah sendiri juga diambil dari salah satu tokoh Alkitab yang memiliki usia hidup panjang yakni mencapai 969 tahun.

Menariknya, pohon pinus longaeva digolongkan sebagai pohon individu, bukan pohon kloningan. Sebab, masih jarang ditemukan pohon individu yang berumur lebih dari 3 ribu hingga 4 ribu tahun lamanya.

Berdasarkan usia pohon yang dilansir dari Olderst, diperkirakan sudah berkecambah pada sekitar tahun 2832 SM. Hal ini pula yang membuatnya dapat dikatakan lebih tua dari Piramida Mesir yang terkenal.

Pohon ini tumbuh terisolasi di daerah pegunungan White Mountains, Inyo County, California. Beberapa juga berpendapat bahwa lokasi persis dari pohon dengan nama baptis Methuselah ini sengaja dirahasiakan untuk melindungi kelestariannya.

3. Sarv-e Abarqu

Selanjutnya datang dari benua Asia, yakni pohon Sarv-e Abarqu atau yang juga disebut Zoroaster Sarv. Mengutip situs Tree Hugger, pohon ini adalah pohon cemara yang terletak di Provinsi Yazd, Iran.

Diperkirakan, pohon tersebut setidaknya sudah berusia 4 ribu tahun dan telah melalui sejumlah awal peradaban manusia. Beberapa juga menganggap pohon cemara ini disebut sebagai monumen nasional Iran. Bahkan, pohon Sarv-e Abarqu diprediksi sebagai makhluk hidup tertua di Benua Asia.

"Itu dianggap sebagai monumen nasional Iran. Banyak yang mencatat bahwa Sarv-e Abarqu kemungkinan besar adalah makhluk hidup tertua di Asia," tulis Tree Hugger.

Nah, gimana menurut detikers? Penasaran dengan pohon-pohon tua lainnya?

Simak Video "Pohon Tumbang Tutup Jalur Purwakarta-Subang, Macet Panjang Terjadi"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia