Al-Aziz Artinya Apa? Asmaul Husna yang Menegaskan Kuasa Allah SWT

Rosmha Widiyani - detikEdu
Rabu, 01 Des 2021 07:00 WIB
Holy Al-Quran with Allah name on it embraced with beads.
Ilustrasi tulisan Allah SWT yang memiliki Asmaul Husna Al-Aziz. Foto: iStock
Jakarta - Al-Aziz dalam Asmaul Husna adalah satu dari 99 nama baik yang hanya dimiliki Allah SWT. Dikutip dari buku Pendidikan Agama Islam yang ditulis Elfan Fanhas Fatwa Khomaeny, al Aziz artinya adalah Yang Maha Perkasa.

Kata Al-Aziz disebutkan dalam beberapa ayat Al Quran, salah satunya pada Al Baqarah ayat 129

رَبَّنَا وَٱبْعَثْ فِيهِمْ رَسُولًا مِّنْهُمْ يَتْلُوا۟ عَلَيْهِمْ ءَايَٰتِكَ وَيُعَلِّمُهُمُ ٱلْكِتَٰبَ وَٱلْحِكْمَةَ وَيُزَكِّيهِمْ ۚ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْحَكِيمُ

Arab latin: Rabbanā wab'aṡ fīhim rasụlam min-hum yatlụ 'alaihim āyātika wa yu'allimuhumul-kitāba wal-ḥikmata wa yuzakkīhim, innaka antal-'azīzul-ḥakīm Terjemah

Artinya: "Ya Tuhan kami, utuslah untuk mereka sesorang Rasul dari kalangan mereka, yang akan membacakan kepada mereka ayat-ayat Engkau, dan mengajarkan kepada mereka Al Kitab (Al Quran) dan Al-Hikmah (As-Sunnah) serta mensucikan mereka. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana."

Al-Aziz juga disebutkan dalam hadits Nabi Muhammad SAW, berikut salah satunya

يُحْشَرُ النَّاسُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَفَاةً عُرَاةً غُرْلاً كَمَا خُلِقُوا.... فَأَقُوْلُ كَمَا قَالَ الْعَبْدُ الصَّالِحُ: إِنْ تُعَذِّبْهُمْ فَإِنَّهُمْ عِبَادُكَ وَإِنْ تَغْفِرْ لَهُمْ فَإِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ

Artinya: "Manusia dikumpulkan pada hari kiamat dalam keadaan tidak beralas kaki, telanjang, dan tidak dikhitan sebagaimana dahulu mereka diciptakan... Aku mengatakan seperti perkataan seorang hamba yang saleh, "Jika engkau siksa mereka, sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu. Jika Engkau ampuni mereka, sesungguhnya Engkau adalah al-Aziz (Mahaperkasa) dan Mahabijaksana." (HR Tirmidzi).

Asmaul Husna Al-Aziz memiliki kata sifat izzah yang memiliki tiga makna yaitu:

1. Pertahanan diri dari musuh yang hendak menyakitiNya

2. Kemampuan memaksa dan mengalahkan karena kuasa yang besar terhadap musuh

3. Kesempurnaan sifat Allah SWT sehingga tidak ada yang mampu menyerupai kekuatan dan kemuliaanNya.

Ada beberapa hikmah yang bisa diperoleh seorang muslim dengen mempelajari arti Al-Aziz dalam Asmaul Husna. Al-Aziz menumbuhkan sifat patuh pada aturan Allah SWT, sehingga tak ingin melanggar perintahNya dengan berbagai alasan.

Hikmah yang lain adalah selalu memohon pada Allah SWT untuk memperoleh perlindungan, petunjuk, dan ridhoNya. Ketaatan ini akan menumbuhkan kemuliaan dalam diri karena selalu menuruti perintahNya dan menjauhi laranganNya.

Simak Video "Melihat Madrasah di Afghanistan di Bawah Kepemimpinan Taliban"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia