Tujuan Dilaksanakannya Puasa Menurut Islam, Apa Saja Ya?

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Selasa, 30 Nov 2021 19:00 WIB
Minum Air dan Makan Kurma, Sunah Buka Puasa yang Dicontohkan Rasulullah SAW
Ilustrasi puasa. Apa saja tujuan dilaksanakannya puasa menurut Islam. (Foto: iStock)
Jakarta - Tujuan dilaksanakannya puasa menurut Islam telah jelas disebutkan dalam firmanNya surat Al Baqarah ayat 183. Disebutkan di dalamnya tujuan puasa untuk menjadikan seseorang bertakwa.

Berikut bacaannya,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Bacaan latin: yā ayyuhallażīna āmanụ kutiba 'alaikumuṣ-ṣiyāmu kamā kutiba 'alallażīna ming qablikum la'allakum tattaqụn

Artinyai: "Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Melalui ayat di atas, penulis Tafsir Zhilal Al Quran Sayyid Quthb menjelaskan ketakwaan dapat berperan sebagai penjaga hati manusia dari maksiat. Sebab itu, takwa adalah tujuan yang hendak dicapai tiap orang yang beriman.

Amalan puasa merupakan salah satu sarana dan cara menggapai ketakwaan. Seperti yang dikatakan dalam Rahasia Puasa Menurut 4 Mazhab karya Dr. Thâriq Muhammad Suwaidân, orang yang berpuasa berada dalam kondisi spiritual nyata dan kebahagiaan imani tinggi.

Hal tersebut membantunya merasa dekat dengan Allah SWT dan jiwanya siap untuk menerima ketakwaan. Selain jalan ketakwaan, ternyata Al Quran juga menyebutkan tujuan puasa lainnya dalam Islam. Ada apa saja?

Tujuan dilaksanakannya puasa menurut Islam

1. Bersyukur kepada Allah, momen puasa menjadi pengingat nikmat yang diberikan Allah dengan diberikan rasa kehilangan nikmat tersebut sementara (QS Al Baqarah ayat 185).

2. Agar umat muslim selalu berada dalam kebenaran atau terbimbing (QS Al Baqarah ayat 186). Menjadi hamba yang terbimbing artinya menjadi hamba yang selalu beriman kepada Allah, berdoa, dan mengikuti perintahNya.

3. Agar dosa-dosa diampuni. Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah SAW ketika malaikat Jibril mendatanginya dan berkata,

"Siapa yang menikmati bulan Ramadhan namun tidak diampuni dosanya, maka dia akan masuk neraka. Ya Allah, semoga Engkau menjauhkannya (dari neraka)," Malaikat Jibril berkata, "Katakanlah, 'Amin'," Rasulullah SAW pun mengikutinya. (HR Abu Khuzaimah dan Ibnu Hibban).

4. Mendapat pahala surga dan jauh dari siksa neraka. Allah memerintahkan umat muslim berpuasa karena Allah ingin mendekatkan hambaNya kepada surga, bahkan pintu surga bagi orang-orang yang berpuasa telah disiapkan Allah SWT.

Selain itu, tujuan puasa dapat menjauhkan diri dari siksa api neraka seperti yang disabdakan Rasulullah SAW,

"Siapa berpuasa sehari dengan niat fi sabilillah (di jalan Allah), niscaya Allah akan menjauhkan mukanya dari neraka sepanjang 70 musim panas," (HR Bukhari).

Setelah memahami tujuan dilaksanakannya puasa menurut Islam, semoga dapat memotivasi kita semua untuk menjalankan puasa dengan ikhlas berikut dengan mengerjakan amalan-amalan sholeh yang mengiringinya.

Simak Video "Melihat Madrasah di Afghanistan di Bawah Kepemimpinan Taliban"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia