Qadar Terbagi dalam Dua Jenis, Salah Satu Rukun Iman

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Senin, 29 Nov 2021 18:00 WIB
mother and kid reading quran together at home
llustrasi/Qadar terdiri dari dua yaitu takdir mubram dan takdir muallaq. (Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto)
Jakarta - Qadar merupakan salah satu rukun iman yang wajib diyakini oleh umat muslim. Qadar biasanya selalu digandengkan dengan Qada menjadi iman kepada Qada dan Qadar. Di antara keduanya, Qadar inilah yang sering disebut sebagai takdir.

Melansir dari buku Pendidikan Agama Islam oleh Bachrul Ilmy, alasan Qadar disebut sebagai takdir Allah SWT karena hal ini adalah perwujudan dari ketetapanNya atas segala sesuatu. Selain itu, takdir berasal dari kata yang sama dengan qadar secara bahasa.

Buku tersebut juga menjelaskan bahwa pembagian Qadar tersebut terbagi menjadi dua yaitu, takdir mubram dan takdir muallaq dalam pengaplikasian kehidupan sehari-hari.

"Dalam kehidupan sehari-hari, qadar disebut takdir. Takdir terbagi menjadi dua, takdir mubram dan takdir muallaq," tulis Bachrul Ilmy dalam bukunya.

Perbedaan keduanya terletak pada kemampuan untuk dapat atau tidaknya sesuatu itu diubah. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini penjelasan takdir mubram dan takdir mu'allaq beserta dengan dalilnya.

2 jenis qadar atau takdir dalam Islam

1. Takdir mubram

Menurut Sumber Belajar Kemendikbud, takdir mubram adalah ketentuan mutlak dari Allah SWT yang pasti berlaku dan manusia tidak diberi peran untuk mewujudkannya. Artinya, takdir mubram tersebut tidak akan mengalami perubahan.

Contoh takdir mubram adalah kelahiran, kematian manusia, jodoh, hingga hari kiamat. Sebab, tidak ada manusia yang mengetahui kapan seseorang akan lahir maupun mati. Sehingga itu hanya menjadi rahasia milik Allah SWT.

Hal ini sesuai dengan keterangan dari firmanNya dalam surat An Nisa ayat 78 yang berbunyi,

أَيْنَمَا تَكُونُوا يُدْرِكْكُمُ الْمَوْتُ وَلَوْ كُنْتُمْ فِي بُرُوجٍ مُشَيَّدَةٍ ۗ وَإِنْ تُصِبْهُمْ حَسَنَةٌ يَقُولُوا هَٰذِهِ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ ۖ وَإِنْ تُصِبْهُمْ سَيِّئَةٌ يَقُولُوا هَٰذِهِ مِنْ عِنْدِكَ ۚ قُلْ كُلٌّ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ ۖ فَمَالِ هَٰؤُلَاءِ الْقَوْمِ لَا يَكَادُونَ يَفْقَهُونَ حَدِيثًا

Artinya: "Di manapun kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu berada di dalam benteng yang tinggi dan kukuh. Jika mereka memperoleh kebaikan, mereka mengatakan, "Ini dari sisi Allah," dan jika mereka ditimpa suatu keburukan, mereka mengatakan, "Ini dari engkau (Muham-mad)." Katakanlah, "Semuanya (datang) dari sisi Allah." Maka mengapa orang-orang itu (orang-orang munafik) hampir-hampir tidak memahami pembicaraan (sedikit pun)?"

2. Takdir muallaq

Pembagian qadar selanjutnya adalah takdir muallaq. Takdir ini disebut sebagai ketentuan Allah SWT yang mengikuti sertakan peran manusia melalui usaha atau ikhitiar.

Artinya, takdir muallaq dapat diubah ketetapannya berdasarkan usaha atau pun doa seseorang. Contoh takdir muallaq adalah keberhasilan anak sekolah meraih prestasi dengan giat belajar.

Dalil takdir muallaq tertulis dalam surat Ar Rad ayat 11, Allah SWT berfirman mengenai sesuatu yang tidak dapat diubah sampai suatu kaum tersebut mau mengubahnya. Berikut bacaannya,

لَهُ مُعَقِّبَاتٌ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ يَحْفَظُونَهُ مِنْ أَمْرِ اللَّهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ ۗ وَإِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِقَوْمٍ سُوءًا فَلَا مَرَدَّ لَهُ ۚ وَمَا لَهُمْ مِنْ دُونِهِ مِنْ وَالٍ

Artinya: "Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia."

Beriman kepada Qadar artinya meyakini bahwa Allah SWT Maha Kuasa yang menentukan takdir kita. Selebihnya, peran manusia hanya mampu berusaha dan bertawakal kepadaNya.

Semoga dengan memahami dan meyakini bahwa qadar terbagi menjadi dua yaitu takdir mubram dan muallaq ini dapat meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT ya, detikers. Aamiin.

Simak Video "Penampakan Bungker 'Anti-Kiamat' yang Super Mewah"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia