Pengertian Teori Kutub Pertumbuhan, Pencetus, dan Fungsinya

Novia Aisyah - detikEdu
Sabtu, 27 Nov 2021 09:45 WIB
pertumbuhan ekonomi
Foto: Shutterstock/
Jakarta - Teori kutub pertumbuhan (growth poles theory) atau teori pusat pertumbuhan (growth centres theory) adalah teori yang dikembangkan oleh Perroux di tahun 1955. Demikian disebutkan dalam buku Geografi SMA XII IPS tulisan Yoga Ariwibowo.

Perroux melakukan pengamatan terhadap proses pembangunan dan menyatakan, pada nyatanya perkembangan di manapun bukanlah suatu proses yang terjadi sentral. Melainkan muncul di wilayah-wilayah tertentu dengan intensitas dan kecepatan yang berbeda.

Wilayah yang menjadi pusat pembangunan inilah yang dinamakan dengan kutub pertumbuhan atau pusat pertumbuhan. Dari pusat-pusat inilah kemudian pembangunan menyebar ke berbagai wilayah lain di sekitarnya.

Pengertian Teori Kutub Pertumbuhan

Dikutip dari TOP No. 1 SKL UN SMA IPS 2017 oleh Tim Guru Indonesia, teori kutub pertumbuhan menurut Perroux (1955) adalah pusat wilayah ekonomi yang abstrak dan memancarkan kekuatan sentrifugal serta sentripetal yang menarik.

Kemudian, menurut Boudeville (1966) teori kutub pertumbuhan adalah pengelompokan atau aglomerasi geografis berbagai kegiatan di dalam suatu sistem yang kompleks.

Fungsi Teori Kutub Pertumbuhan

Dalam buku Tentang Kota Marisa karangan Irwan Wunarlan dan Nilawaty Yusuf lebih lanjut disebutkan, teori kutub pertumbuhan menerangkan perkembangan ekonomi kota di suatu daerah yang luas, dengan sumber daya yang menyebar serta penyerapan sumber daya yang timpang.

Teori pertumbuhan ekonomi juga cukup dapat memaparkan perkembangan, baik di negara maju maupun berkembang.

Kembali melansir dari buku Geografi SMA XII IPS, pusat-pusat pertumbuhan dapat meningkatkan kesejahteraan dan mempengaruhi berbagai sektor, seperti sektor ekonomi, sosial, dan budaya di masyarakat.

Di samping itu, adanya pusat-pusat pertumbuhan juga berkontribusi langsung pada kegiatan ekonomi masyarakat. Hal ini ditunjukkan melalui peluang kerja di banyak sektor, pergerakan arus barang antarpusat pertumbuhan, dan sebagainya.

Demikian yang dimaksud dengan teori kutub pertumbuhan serta fungsinya. Semoga membantu, detikers!

Simak Video "Keyakinan Jokowi RI Jadi Negara Ekonomi Terbesar Ketujuh di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia