Mengenal Pengertian Komik dan Elemennya, Simak Yuk!

Mengenal Pengertian Komik dan Elemennya, Simak Yuk!

Anatasia Anjani - detikEdu
Jumat, 26 Nov 2021 14:15 WIB
Perjalanan Erlina dengan Toko Buku Maranatha sebagai salah satu toko komik legendaris di Bandung dorong seniman menceritakannya kembali lewat pameran lukisan.
Foto: Siti Fatimah/Detikcom
Jakarta -

Komik mengalami perubahan secara definisi dari tahun ke tahun. Pengertian komik diawali dari Will Eisner dalam bukunya yang berjudul Comics and Sequental Art karya Will Eisner pada tahun 1986. Pengertian komik menurut Will Eisner adalah susunan gambar dan kata-kata untuk menceritakan sesuatu atau mendramatisasi suatu ide.

Kemudian 10 tahun kemudian, ia mengatakan komik merupakan tatanan gambar dan balon kata yang berurutan, dalam sebuah buku komik. Pada tahun 1993, Scott McCloud mendefinisikan pengertian komik sebagai gambar-gambar yang bersebelahan dalam urutan tertentu yang bertujuan untuk memberikan informasi.

Dengan demikian sebenarnya komik memanfaatkan ruang dalam media gambar untuk meletakkan gambar demi gambar sehingga membentuk alur cerita.

Komik juga merupakan bentuk komunikasi visual yang memiliki kekuatan untuk menyampaikan informasi secara populer dan mudah dimengerti. Kekuatan komik sendiri terletak pada teks dan gambar yang membentuk alur cerita.

Elemen dalam Komik

Komik memiliki banyak elemen pembentuknya. Elemen-elemen ini merupakan bahan dasar komik dan merupakan ciri khas dari komik dibandingkan dengan media yang lain.

Berikut adalah elemen komik yang dikutip dari buku Komik karya Indiria Maharsi:

1. Panel

Panel adalah kotak yang berisi ilustrasi dan teks yang membentuk alur sebuah cerita. Panel juga berisikan frame atau representasi dari kejadian utama atau cerita yang terdapat di dalam komik tersebut.

Dalam membaca komik, urutan arah panel dari kiri ke kanan, atas ke bawah atau searah jarum jam.

2. Parit

Parit adalah ruang diantara panel yang merupakan jantung sebuah komik. Parit inilah yang menumbuhkan imajinasi pembaca menjadi sebuah gagasan yang sesuai dengan intrepretasi pembaca dalam membaca cerita dalam komik tersebut.

Parit adalah semacam perekat cerita agar intepretasi pembaca memiliki arah yang jelas dan sesuai dengan kemauan komikus dalam membentuk cerita komik tersebut.

3. Balon Kata

Balon kata adalah representasi adalah pembicaraan atau narasi dari peristiwa yang sedang terjadi yang digambarkan dalam panel tersebut. Balon kata juga merupakan balon ucapan. Balon kata terdiri dari balon ucapan, balon pikiran, dan captions.

4. Ilustrasi

Ilustrasi adalah gambar yang terdapat dalam panel komik. Ilustrasi adalah elemen penting dalam komik selain teks, karena dengan ilustrasi maka aspek cerita akan terwujud secara jelas.

5. Cerita

Cerita merupakan kekuatan dasar dalam komik. Tema cerita dalam komik dapat dilihat dalam rentang sejarah yang sangat variatif.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian komik dan elemennya. Apa detikers hobi membaca komik?



Simak Video "1 Halaman Komik Spider-Man 1984 Laku Jutaan Dolar"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia