Memahami Sudut Lancip, Sudut Siku-siku, dan Sudut Tumpul

Kholida Qothrunnada - detikEdu
Kamis, 25 Nov 2021 14:30 WIB
Ilustrasi matematika atau kalkulus
Foto: Getty Images/iStockphoto/jittawit.21
Jakarta - Sudut adalah suatu daerah yang dibentuk oleh dua buah sinar garis, yang titik pangkalnya berimpit (bersekutu), seperti dikutip dari modul Matematika Garis dan Sudut oleh Ponidi, S.Pd., dkk.

Sementara, menurut Glencoe Geometry, sudut dibentuk dari dua sinar garis tak segaris, yang bertitik pada pangkal yang sama. Pengetahuan akan sudut ini sangat berguna karena penerapannya dapat dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu contohnya, kamu dapat memindahkan sebuah benda berat ke tempat yang lebih tinggi dengan memanfaatkan penerapan sudut.

Tiga unsur dasar yang membangun geometri adalah titik, garis, dan bidang. Dalam turunan definisi garis, kita akan menemukan sinar garis yang membentuk suatu sudut.

Sudut terdiri atas sudut lancip, sudut siku-siku, sudut tumpul, dan sudut refleks. Masing-masing sudut tersebut memiliki besar sudut yang berbeda.

Sudut dilambangkan dengan "∠", seperti ∠A, ∠BC, ∠ABC, atau ∠5. Misal untuk titik Q dan R, maka kita dapat menuliskannya dengan ∠Q dan ∠R, keterangan tersebut menjelaskan bahwa hanya terdapat satu sudut saja.

Bagian-bagian Sudut:

  • Kaki sudut: kedua sinar garis yang membentuk suatu sudut.
  • Titik sudut (vertex): titik potong atau pangkal kedua sinar dari kaki sudut.
  • Daerah sudut: daerah yang terbentuk antara dua kaki sudut.

Suatu sudut membagi bidang menjadi dua bagian, yaitu daerah sudut (interior), dan luar daerah sudut (eksterior).

Bagaimana cara menentukan daerah sudut? Untuk menemukan daerah sudut, kita harus mengambil masing-masing titik sudut, tapi bukan titik pangkal. Maka seluruh ruas yang menghubungkan kedua titik itu, terletak pada daerah sudut. Alat untuk mengukur sudut disebut busur.

Perhatikan gambar-gambar sudut di bawah ini, maka detikers akan mengetahui bentuk dan besaran macam-macam sudut.

  • Sudut lancip atau acute angle adalah sudut yang besarnya di antara 0° hingga 90°, atau sudut yang kurang dari 90°.

Sudut lancipSudut lancip Foto: Modul Matematika

  • Sudut siku-siku atau right angle adalah sudut yang besarnya tepat 90°.

Sudut siku-sikuSudut siku-siku Foto: Modul Matematika

  • Sudut lurus adalah sudut yang memiliki besar 180°.

Sudut lurusSudut lurus Foto: Modul Matematika

  • Sudut tumpul atau obtuse angle adalah sudut yang memiliki besar antara 90° sampai dengan 180°.

Sudut tumpulSudut tumpul Foto: Modul Matematika
    • Sudut refleks adalah ukuran banyaknya sudut. Sudut refleks memiliki besar 180°dan 360°.

    Jenis-jenis sudutSudut refleks Foto: Kemendikbud


    Satuan Pengukuran Sudut

    Dikutip dari modul Matematika Pembelajaran Geometri Datar Kelas VII oleh Untung TS, dan Jakim Wiyatono, satuan pengukuran sudut terdapat tiga macam, yakni satuan sudut derajat (°), radian (rad), dan grade.

    • Derajat

    Untuk mengetahui besar sudut dalam satuan derajat adalah dengan menggunakan busur derajat. Ukuran sudut yang lebih kecil, 1° terdiri atas 60 menit (60'), dan 1' terdiri atas 60". Dalam satuan derajat, sudut yang dibentuk dari satu putaran penuh adalah 360°.

    • Radian

    Sudut di pusat lingkaran atau sudut pusat yang dibentuk oleh kedua jari-jari, akan membuat sudut yang besarnya 1 radian. Panjang busur yang dihasilkan oleh sudut 180°, merupakan setengah keliling dari lingkaran yaitu, ½ × 2π r = π r. Maka, 180° = π rad.

    Perlu diperhatikan bahwa besar sudut dalam radian adalah berupa bilangan real, sehingga jika besar suatu sudut tidak memiliki atau tidak disebutkan satunya maka itu adalah besar sudut dalam radian. Pengukuran sudut dengan radian mempermudah perhitungan, terutama dalam perhitungan fisika, dan matematika tingkat lanjut.

    • Grade atau Gradien

    Sekitar tahun 1900 di Inggris dan Perancis, tercipta sistem baru untuk membagi sudut dalam lingkaran, satu putaran penuh terdiri atas 400 gradien.

    Simak Video "Menyusuri Jejak Hilangnya Gibran di Gunung Guntur"
    [Gambas:Video 20detik]
    (pal/pal)

    Ranking PTN

    Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia