12 Hewan Terkecil di Dunia, Ada yang Sekecil Ujung Kuku Manusia

Fahri Zulfikar - detikEdu
Minggu, 21 Nov 2021 12:07 WIB
Brookesia micra, bunglon terkecil dunia
Foto: (Getty Images/iStockphoto)
Jakarta - Pernahkah melihat hewan yang imut dan menggemaskan? ternyata di dunia ini banyak spesies hewan yang berukuran kecil bahkan ada yang sekecil kuku manusia, lho.


Hewan kecil tersebut kebanyakan merupakan spesies langka yang terancam punah. Oleh karena itu banyak dari mereka yang hanya bisa ditemukan di habitat asli, kebun binatang, atau lembaga penelitian.


Apa saja hewan terkecil di dunia? berikut ulasannya dikutip dari laman womansday.com.


12 Hewan Terkecil di Dunia:


1. Lemur Tikus

Meskipun marmoset kerdil adalah spesies monyet terkecil, namun menurut National Geographic lemur tikus adalah primata terkecil di dunia.


Hewan asal Madagaskar ini merupakan hewan yang aktif di malam hari. Tubuhnya memiliki berat antara 1 dan 4 ons dan tinggi 2,25 dan 4,75 inci atau sekitar 5-10 cm.


2. Pygmy Marmoset

Kebun Binatang San Diego mengatakan bahwa monyet-monyet jenis ini hanya memiliki berat sekitar sebatang mentega dan menjadi monyet terkecil di planet. Tinggi tubuhnya 4,6 hingga 6,2 inci dan beratnya hanya 3 hingga 5 ons.


3. Burung Hantu Kerdil Utara

Lembaga Penelitian Burung Hantu mengatakan pemangsa kecil ini, yang juga dikenal sebagai Burung Hantu Kerdil California atau Gunung, hanya memiliki berat antara 2,2 dan 2,5 ons.


Meski hanya memiliki tinggi 6 hingga 7 inci, namun mereka bisa membunuh burung berukuran sedang dan mamalia kecil seperti burung pemangsa lainnya.


3. Fennec Fox

National Geographic mencatat tubuh rubah mungil ini bisa tumbuh hingga sekitar 6 inci dan memiliki berat antara 2,2 hingga 3,3 pon atau sekitar 1 kilogram.


4. Pygmy Seahorse

Seorang Ahli Perikanan dari Australia mengatakan bahwa hewan ini adalah ahli kamuflase, dan memiliki ukuran kurang dari satu inci.


Penghuni laut ini semakin sulit dikenali di alam liar seperti kuda laut lainnya dan jantan dari spesies ini juga mengerami telurnya.


5. Tarsius Filipina

Menurut Konservasi Primata New England, makhluk bermata besar ini hanya berukuran sekitar 6 inci dan beratnya kurang dari setengah kilogram.


6. Jerboa

Jika tikus dan kanguru memiliki bayi, mungkin yang terjadi adalah seperti hewan pengerat kecil yang melompat ini.


Menurut National Geographic, kaki belakang mereka sekitar empat kali lebih panjang dari kaki depan mereka, yang membuat mereka lebih baik dalam menyeimbangkan dan melompat keluar dari bahaya.


7. Barbados Threadsnake

Ular mungkin menjadi salah satu hewan paling menakutkan, tetapi mungkin ada yang kurang menakutkan jika ukurannya sangat kecil dan tidak berbisa.


Menurut Reuters, ular ini merupakan yang terkecil di dunia karena hanya setipis spaghetti, dan tumbuh sekitar 4 inci panjangnya.


8. Monte Iberia Eleuth

Hewan asli Kuba ini juga dikenal sebagai Eleutherodactylus Iberia atau katak terkecil yang hidup di Belahan Bumi Utara. Spesies yang terancam punah ini hanya mencapai sekitar 0,39 inci atau sekitar 0,9 cm (paling besar sekitar 0,7 inci).


9. Kelinci Pygmy

Kelinci imut yang terancam punah ini dikenal sebagai Brachylagus Idahoensis. Menurut Departemen Ikan dan Margasatwa Washington, hewan ini hanya akan tumbuh sekitar 11 inci atau 27 cm dan beratnya tak mencapai setengah kilogram.


10. Octopus Wolfi

Terletak di antara karang, dia terlihat sangat besar, tetapi menurut Octolab.tv, cephalopoda berukuran kurang dari 3 cm, dan beratnya sekitar satu gram. Mereka dapat ditemukan di Samudra Pasifik Barat di sekitar Tahiti.


11. Burung Kolibri Lebah

Burung terkecil di dunia ini sangat sedikit jumlahnya sehingga sering disalahartikan sebagai lebah (karena itu namanya). Panjang tubuhnya hanya lebih dari 5 cm dan terdapat di Kuba.


12. Brookesia Micra

Hewan ini adalah bunglon terkecil di dunia dan baru ditemukan pada tahun 2012. Menurut Live Science, bunglon remaja itu bisa muat di kepala batang korek api dan ketika dewasa hanya lebih dari 1,2 cm.


Nah, itulah 12 hewan terkecil di dunia yang pernah ditemukan. Kamu pernah lihat?

Simak Video "Mengulik Cara Kuda Nil Berkomunikasi Satu Sama Lain"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia