Mengapa Bajak Laut Menutup Sebelah Matanya? Ternyata Ini Alasannya

Mengapa Bajak Laut Menutup Sebelah Matanya? Ternyata Ini Alasannya

Anatasia Anjani - detikEdu
Minggu, 21 Nov 2021 11:00 WIB
The Jose Gasparilla pirate ship, carrying members of Ye Mystic Krewe of Gasparilla, arrives at the Tampa Convention Center during the 103nd Gasparilla Invasion and Parade of the Pirates on Saturday, Jan. 25, 2020, in Tampa. This years event was postponed and then canceled due to the coronavirus pandemic. The group now says the next one wont be held until January 2022. (Douglas R. Clifford/Tampa Bay Times via AP)
Foto: AP /DOUGLAS R. CLIFFORD
Jakarta -

Detikers apakah kalian suka memperhatikan di film atau kartun yang kalian tonton jika bajak laut selalu menutup satu matanya? Seperti dalam kartun Sponge Bob, film Peterpan, dan animasi One Piece.

Kira-kira apa yang menjadi alasan Bajak Laut menutup satu matanya? Berikut adalah penjelasannya yang dikutip dari akun Instagram Disdik Jabar:

1. Penutup Mata Membantu Mempercepat Adaptasi Cahaya

Bajak laut memiliki tugas untuk memantau apa yang terjadi di atas dek dan di bawah dek kapal. Di dek atas kapal, bajak laut harus mengatur arah kendali kapal. Sedangkan di dek bawah bajak laut mengatur kru yang bertanggung jawab melihat kondisi kerusakan kapal.

Dek atas dan bawah memiliki kondisi yang berbeda. Sedangkan dek bawah sangat gelap. Perbedaan cahaya tersebut sehingga perlu adanya penyesuaian mata. Nah, di sinilah pentingnya penggunaan penutup mata.

2. Menutup Mata untuk Beradaptasi dengan Kondisi Gelap

Kita terbiasa melihat dengan menggunakan dua mata, sehingga kita kerap berpikir jika melihat dengan satu mata akan lebih susah melihat/ mengamati.

Namun jika, terbiasa menutup satu mata maka mata tersebut akan beradaptasi dengan kondisi gelap. Dengan kemampuan ini , menurut para peniliti bajak laut dapat beradaptasi dengan kondisi gelap sepanjang waktu.

3. Sudah Teruji Kebenarannya

Menurut catatan militer Amerika, pada tahun 1995 para prajurit diinstruksikan untuk menutup satu mata saat bertemu cahaya terang. Hal ini dilakukan untuk beradaptasi kegelapan saat operasi malam hari.

Walaupun tidak ada sumber orang pertama dari sejarah yang menyatakan bajak laut menggunakan penutup mata adalah fakta, tetapi tidak diragukan lagi bahwa menjaga satu mata berhasil dengan adaptasi gelap.

Bahkan FAA juga merekomendasikan untuk seorang pilot harus menutup satu mata saat menggunakan cahaya untuk mempertahankan beberapa derajat penglihatan malam.

Demikianlah penjelasan mengapa bajak laut menggunakan satu penutup mata. Siapa nih tokoh bajak laut favorit detikers?



Simak Video "Cahaya Hantu dari Bintang-bintang di Luar Galaksi"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia