Mau Pegang Al Quran tapi Belum Punya Wudhu, Boleh atau Tidak?

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Kamis, 18 Nov 2021 13:15 WIB
Young beautiful Muslim Woman Praying In Mosque.
Ilustrasi memegang dan membaca Al Quran. (Foto: Dok. iStock).
Jakarta - Hukum memegang Al Quran tanpa bersuci atau pun didahului wudhu masih dianggap membingungkan bagi sebagian umat muslim. Pasalnya masih ada perbedaan pendapat, baik yang membolehkan atau pun pendapat yang melarang.

Merespons hal ini, Ustaz Adi Hidayat memaparkan hukumnya dalam Islam. UAH, begitu kerap dia disapa, menjawab pertanyaan mengenai hukum memegang Al Quran tanpa didahului wudhu dengan mengutip pernyataan dari kitab 'At-Tibyaan fii Aadaabi Hamalatil Quran' karya Imam An Nawawi.

"Dalam kitab (At-Tibyaan fii Aadaabi Hamalatil Quran), semua ulama sepakat dalam konteks orang tidak punya wudhu, itu masih dibolehkan menyentuh. Misalnya mushaf atau membaca," kata UAH dalam siaran Youtube dari Dakwah Sunnah dan dikutip detikEdu, Rabu (17/11/2021).

Meskipun demikian, ustaz kelahiran Banten ini juga menambahkan, menyentuh Al Quran tanpa wudhu bukan termasuk dalam perkara yang utama. Artinya, memegang Al Quran tetap diutamakan dengan didahului wudhu sebelumnya.

"Dibolehkan walaupun bukan yang utama. Jadi, yang utamanya Anda tetap punya wudhu ya," papar UAH.

Sementara itu, ahli fiqih Ustazah Aini Aryani dalam kajian Khazanah TRANS7 juga mengungkapkan hal serupa. Ia membagi perkara tersebut ke dalam dua jenis yakni, keadaan hadats besar dan hadats kecil.

"Kalau berhadats besar, tidak boleh melafadzkan Al Quran atau menyentuhnya. Tapi dalam keadaan berhadats kecil, boleh melafadzkan Al Quran tetapi tidak boleh menyentuhnya. Misalnya, hafalan atau muroja'ah," ungkap Ustazah Aini Aryani, seperti dikutip dalam channel YouTube Khazanah TRANS7 Official.

Kemudian, Ustazah Aini Aryani juga menambahkan mengenai hukum menyentuh Al Quran digital di ponsel tanpa didahului berwudhu. Menurutnya, pelarangan bagi orang yang berhadats berlaku ketika dihadapkan pada mushaf Al Quran.

Untuk Al Quran digital, bagian mushaf Al Quran hanya terletak pada lafadz Al Quran pada tiap ayatnya saja. Selebihnya, bukan termasuk dalam mushaf Al Quran. Artinya dibolehkan apabila bagian diluar lafadz Al Quran disentuh oleh jemari kita.

"Dua baris ini (lafadz Al Quran dalam aplikasi) yang disebut dengan mushaf Al Quran. Maka, kalau kita pegang yang bahasa Indonesia, tidak ada masalah. Tapi kalau saya tidak punya wudhu, saya tidak boleh pegang yang baris lafadz Al Quran ini," tutur Ustazah Aini Aryani.

Untuk itu, Ustazah Aini Aryani juga menyarankan umat muslim dalam berhati-hati meletakkan Al Quran atau pun kertas yang menyantumkan lafadz Al Quran di dalamnya. Sebab, bagian tersebut termasuk dalam perkara yang dimuliakan dalam Islam.

Gimana, detikers? Sudah jelas bukan terkait hukum memegang Al Quran tanpa berwudhu? Semoga mudah dipahami dan menjawab pertanyaan detikers semua, ya.

Simak Video "Melihat Madrasah di Afghanistan di Bawah Kepemimpinan Taliban"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia