Doa Pendek Mohon Dimudahkan Masuk Surga, Bisa Dibaca Seusai Sholat

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Selasa, 16 Nov 2021 06:00 WIB
Suasana Sholat Tarawih di Masjidil Haram 2021
Ilustrasi orang sedang berdoa. Doa Pendek untuk Tiket Masuk Surga, Bisa Dibaca Seusai Sholat (Foto: (AFP)
Jakarta - Berdzikir dan berdoa tiap selesai sholat fardhu adalah anjuran Rasulullah SAW kepada umatnya. Mendiang ulama Syekh Ali Saleh Mohammed Ali Jaber atau yang kerap disapa Syekh Ali Jaber membocorkan bacaan singkat berpahala berat berikut ini.

Melalui siaran YouTube bertajuk 'Baca Doa ini Jika Anda Ingin Masuk Surga', ulama berkebangsaan Arab Saudi ini menyebutnya sebagai doa ahli surga. Bahkan Syekh Ali Jaber mengaku belum pernah mendengar doa ringkas ini sebelumnya.

"Doa ahli surga, siapa pun yang membaca ini, In syaa Allah menjadi ahli surga. Banyak ustaz atau dai yang belum pernah mendengar doanya, termasuk saya," kata Syekh Ali Jaber dalam siaran yang diunggah pada 7 April 2021 dan dikutip detikEdu, Senin (15/11/2021).

Lantas, seperti apa bacaan doa ringkas yang disebut oleh Syekh Ali Jaber tersebut?

Doa Pendek Memohon Surga

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ

Bacaan latin: Allahumma inni as 'alukal jannah

Artinya: "Ya Allah, aku mohon kepadaMu surga,"

Menurut penuturan Syekh Ali Jaber, doa ini dapat diamalkan setiap selesai sholat sebanyak tiga kali. Dengan doa singkat memohon surga di atas, kata ulama kelahiran Madinah ini, surga akan mendoakan dan memohon kepada Allah untuk kita.

"Surga sendiri yang rindu kita kalau baca doa ini. Surga sendiri ingin kita masuk ke dalamnya kalau kita mau masuk ke dalamnya. Surga sendiri yang mohon kepada Allah," ujarnya.

Bacaan doa singkat ini bahkan sudah terbukti shahih dari hadits-hadits yang ditemukan oleh Syekh Ali Jaber. Salah satunya hadits yang dinukil dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,

مَنْ سَأَلَ اللَّهَ الْجَنَّةَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، قَالَتِ الْجَنَّةُ: اللَّهُمَّ أَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَمَنْ اسْتَجَارَ مِنَ النَّارِ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، قَالَتِ النَّارُ: اللَّهُمَّ أَجِرْهُ مِنَ النَّارِ

Artinya: "Siapa yang meminta surga 3 kali, maka surga akan berkata,'Ya Allah, masukkanlah dia ke dalam surga.' Dan siapa yang memohon perlindungan dari neraka 3 kali, maka neraka akan berkata, 'Ya Allah, lindungi lah dia dari neraka.'" (HR Ahmad, Nasai, dan Turmudzi, dinilai hasan oleh Syuaib al-Arnauth dan dinilai shahih oleh al-Albani).

Sebagai penutup, Syekh Ali Jaber berpesan untuk menyebarluaskan bacaan doa memohon surga ini pada kerabat di sekitar kita. Mulai dari keluarga hingga tetangga sekitar rumah.

"Lebih baik lagi, doa yang saya sampaikan, kita sampaikan ke teman, sampaikan ke saudara, sampaikan ke saudara, sampaikan ke suami atau istri, tetangga kita agar kita semua sama-sama masuk ke dalam surga," tutup dia.

Jadi, yuk kita sama-sama amalkan doa memohon surga ini, detikers. Semoga doa-doa kita bisa diperkenankan oleh Allah SWT, aamiin.

Simak Video "Museum Prabu Siliwangi yang Punya Koleksi Rambut Nabi Muhammad SAW"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia