Sejarah Pakaian Adat Palembang dalam Pernikahan Ria Ricis, Ada Sejak Sriwijaya

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 12 Nov 2021 18:30 WIB
foto pernikahan Ria Ricis
Foto: Dok. MNCTV/Sejarah Pakaian Adat Palembang dalam Pernikahan Ria Ricis, Ada Sejak Sriwijaya
Jakarta -

Pakaian adat Palembang menjadi busana dalam pernikahan Ria Ricis dan Teuku Ryan. Dilansir dari Wolipop, YouTuber tersebut mengenakan kebaya panjang dan songket berwarna emas.

Di kepalanya, Ria Ricis memakai mahkota yang dinamakan karsuhun. Mahkota tersebut adalah lambang keagungan Kerajaan Sriwijaya. Menurut adat Palembang, pakaian pernikahan Ria Ricis disebut dengan Aesan Gede.

Nah, ternyata pakaian adat ini punya sejarah yang menarik. Seperti apa?

Pakaian Adat Palembang Sejak Keemasan Sriwijaya

Pakaian adat Palembang Aesan gede yang dikenakan Ria Ricis dalam pernikahannya, sudah ada sekitar abad ke-9 zaman keemasan Kerajaan Sriwijaya. Demikian dilansir dari buku Ensiklopedia Seni, Budaya, dan Pariwisata Kota Palembang tulisan Syarifuddin Syarifuddin dkk.

Pada pakaian Aesan Gede, ada bagian busana yang dinamakan dodot yang merupakan hasil akulturasi dengan kebudayaan Jawa. Dalam buku Tata Rias Busana Pengantin Seluruh Indonesia karya Tien Santoso, didodot artinya dibentuk seperti kipas.

Kembali pada buku Ensiklopedia Seni, Budaya, dan Pariwisata Kota Palembang, Aesan Gede kerap digunakan dalam acara pernikahan, utamanya saat upacara Munggah. Prosesi Munggah adalah puncak dari sebuah upacara perkawinan.

Nama Aesan Gede terbentuk dari kata Aesan yang artinya hiasan dan Gede yang artinya kebesaran. Sehingga, Aesan Gede berarti pakaian kebesaran. Pakaian ini melambangkan keagungan, kemewahan, dan keanggunan.

Unsur busananya padat akan kebudayaan Hindu-Buddha. Aesan Gede juga kerap digunakan dalam tari, contohnya Gending Sriwijaya.

Ornamen Pakaian Adat Aesan Gede dari Palembang

Menurut buku Kamus Istilah Tarian Melayu karya Irwan P. Ratu Bangsawan, pada bagian kepala Aesan Gede, ada suri pengantin dan cucuk gelung. Kemudian, di belakang sanggul juga dipakaikan bunga rampai.

Pada bagian belakang kepala, ada kelapo setandan. Perempuan yang memakai Aesan Gede juga biasanya diberi aksesoris berupa sumping, gandik, kembang ure, dan anting-anting.

Di bahunya, ada terate atau teratai. Terate adalah penutup bahu berbahan kain songket. Dinamakan demikian karena bentuknya seperti kelopak teratai mekar. Kemudian, pada bagian dalam terate ada selempang sawit dan di atasnya ada kalung kebo munggah.

Atasan Aesan Gede terbuat dari songket atau perada yang ditambahkan ikat pinggang, pending dengan motif merak. Lalu, pada kain songket untuk bagian bawah tubuh, juga ada kain jumputan di sekitar pinggangnya.

Terakhir, pada area lengan, terdapat aksesoris kecak bahu, gelang kano, gelang sempuru, gelang gepeng, dan gelang ulo betapo yang membuat pakaian adat ini semakin cantik.

Itulah pakaian adat Palembang yang dipakai Ria Ricis dalam pernikahannya. Detikers sudah pernah melihatnya?



Simak Video "Pesta Resepsi Ria Ricis & Teuku Ryan Dihiasi Cheese Cake 4 Meter!"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia