3 Contoh Teks Deskripsi Beserta Strukturnya, Siswa Perlu Tahu

Trisna Wulandari - detikEdu
Selasa, 09 Nov 2021 19:30 WIB
Buku ilustrasi Jim Kay Harry Potter and the Chamber of Secrets
Teks deskripsi menggambarkan hasil pengamatan pancaindra melalui kalimat deskripsi. Foto: Dok.Bloomsbury and Scholastic
Jakarta - Teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan sesuatu. Objek dalam teks digambarkan dengan jelas dan terperinci, sehingga melibatkan kesan terhadap pancaindra, yaitu penglihatan, pendengaran, pengecapan, penciuman, dan perabaan. Seperti apa contoh teks deskripsi beserta strukturnya?

Dalam teks deskripsi, kalimat deskripsi membantu membaca untuk seolah-olah mendengar, melihat, dan merasakan sendiri hal-hal yang disampaikan dalam teks, seperti dikutip dari buku Explore Bahasa Indonesia Jilid 1 untuk SMP/MTs Kelas VII oleh Erwan Rachmat.

Kalimat deskripsi merupakan kalimat yang melukiskan sesuatu, menyatakan apa yang dicerap oleh indra, melukiskan perasaan, dan perilaku jiwa dalam wujud kalimat. Jadi, saat membaca teks deskripsi, seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang dibahas dalam teks.

Teks deskripsi menjelaskan ciri-ciri fisik objek, seperti bentuk, ukuran, warna, atau keadaan suatu objek dengan terperinci.

Contoh Teks Deskripsi

Struktur Teks Deskripsi

Teks deskripsi terdiri atas:

  • - Identifikasi atau deskripsi umum
  • - Deskripsi bagian
  • - Penutup


Contoh Teks Deskripsi I

Tari Merak

Tari Merak merupakan salah satu tarian kreasi baru yang mengekspresikan kehidupan seekor burung merak. Tata cara dan gerakannya diambil dari tingkah laku burung merak yang diangkat ke pentas oleh seniman Sunda, Raden Tjetje Somantri. (Identifikasi/deskripsi umum)

Pakaian penarinya memiliki motif seperti bulu merak. Kain dan bajunya menggambarkan bentuk dan rona bulu merak, seperti hijau, biru, dan hitam. (Deskripsi bagian)

Kostum itu pun dilengkapi sepasang sayap yang melukiskan bentuk sayap atau ekor merak yang membentang bagai kipas, sehingga menambah kemolekan penarinya. Bagian atas kepala penari mengggunakan mahkota, seakan-akan jambul yang bertengger di kepala burung merak. (Deskripsi bagian)


Tari Merak sering dipentaskan dalam acara resepsi perkawinan atau menyambut tamu agung. Karena kepopulerannya, tari ini pun sering ditampilkan dalam acara internasional sehingga terkenal di mancanegara. (Penutup)

Contoh Teks Deskripsi II

Danau Toba

Danau Toba adalah danau berkawah yang sangat besar. Danau Toba sebenarnya lebih menyerupai lautan daripada danau. Danau Toba merupakan danau terluas di Asia Tenggara dan terdalam di dunia, yaitu sekitar 450 meter. Danau bertipe vulkanik ini merupakan danau terbesar kedua di dunia sesudah Danau Victoria di Afrika. (Identifikasi/deskripsi umum)

Di tengah Danau Toba terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. Pulau tersebut berada di ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut. Di tengah Pulau Samosir, terdapat dua danau indah, yaitu Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. (Deskripsi bagian)

Daerah sekitar Danau Toba memiliki hutan-hutan pinus yang tertata asri dan tempat pemandian air belerang. Pemandian ini dipercaya bermanfaat untuk kesehatan kulit. Sementara itu, di pinggiran Danau Toba terdapat beberapa air terjun yang sangat memesona. (Deskripsi bagian)

Di pinggiran danau tersebut juga terdapat satu objek wisata bernama Tanjung Unta. Objek tersebut dinamai demikian karena wilayah daratannya yang menjorok ke danau ini mirip punggung unta. (Deskripsi bagian)

Banyak wisatawan lebih memilih tinggal di Pulau Samosir yang berlokasi di tengah danau raksasa ini. Sebagai tempat tinggal asli masyarakat Batak Toba, Pulau Samosir memiliki peninggalan zaman purbakala berupa kuburan batu dan desa tradisional. (Deskripsi bagian)

Di Tomok, Pulau Samosir, juga terdapat makam Raja Sidabutar yang usianya sudah 500 tahun. Di sana juga terdapat patung Sigale-Gale, yaitu patung yang bisa menari. Di Pulau ini kita bisa menemukan kebudayaan Batak Toba yang unik dan kuno. (Deskripsi bagian)


Pulau Samosir merupakan tempat yang cocok untuk beristirahat dari kepenatan rutinitas kota. Pulau Samosir mudah dijangkau oleh kapal feri dari Parapat. (Penutup)

Contoh Teks Deskripsi III

Perpustakaan Sekolahku

Perpustakaan sekolahku adalah salah satu perpustakaan terbaik di kotaku. Di lomba perpustakaan tingkat kota, perpustakaan sekolahku meraih juara pertama. Tentu banyak hal yang jadi pertimbangan mengapa perpustakaan ini jadi yang terbaik. (Identifikasi/deskripsi umum)

Dilihat dari ukuran, perpustakaan sekolahku tergolong cukup besar. Luas perpustakaan tersebut kira-kira 50x70 m persegi dan memiliki dua lantai. (Deskripsi bagian)

Di dalam perpustakaan, ada banyak rak buku yang disusun rapi menurut jenis buku. Rak-rak tersebut menyimpan ribuan buku koleksi. Di depan barisan rak buku terdapat barisan kursi dan meja belajar yang biasa digunakan oleh pengunjung untuk membaca atau mengerjakan tugas. (Deskripsi bagian)


Perpustakaan sekolahku dilengkapi dengan pendingin udara sehingga para pengunjung merasa nyaman untuk berlama-lama di sana. Selain itu, ada juga tiga komputer yang bisa digunakan untuk mencari buku yang diperlukan sehingga pengunjung bisa menemukannya dengan mudah. (Deskripsi bagian)

Lantai dua pun tak kalah nyaman dan luas. Di sini, siswa biasa melakukan diskusi dan mengerjakan tugas karena dilengkapi wifi untuk mengakses materi di internet. (Deskripsi bagian)


Selain luas dan nyaman, petugas perpustakaan sekolahku sangat ramah. Ada lima petugas yang siap membantu pengunjung. Itulah perpustakaan sekolahku. Aku bersyukur bisa belajar di sekolah yang punya perpustakaan sebaik ini. (Penutup)

Nah, itu dia contoh teks deskripsi beserta strukturnya. Selama belajar, detikers!

Simak Video "Penjelasan Polisi soal 2 WNA Korban Kebakaran Lapas Tangerang"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia