Terjemahan Ayat 1-7 Surat Al Mudatsir dan Sebab Turunnya

Kristina - detikEdu
Jumat, 05 Nov 2021 13:30 WIB
nuzulul quran
Foto: Getty Images/iStockphoto/Vector Artist and Photographer f/Terjemahan Ayat 1-7 Surat Al Mudatsir dan Sebab Turunnya
Jakarta - Ayat 1-7 surat Al Mudatsir berisi tentang beberapa perintah Allah SWT yang ditujukan kepada Rasul-Nya. Ayat ini kerap disebut sebagai ayat tentang kebersihan, tepatnya pada ayat 4-5.

Surat Al Mudatsir adalah surat ke-74 dalam urutan mushaf Al Quran. Surat ini terdapat dalam juz 29. Nama Al Mudatsir (المدثّر ) diambil dari ayat pertama pada permulaan surat. Al Mudatsir artinya orang-orang yang berkemul atau berselimut.

Para ulama Ulumul Quran sepakat surat Al Mudatsir diturunkan di Kota Mekkah dan tergolong surat Makkiyah. Surat ini disusun pada urutan tepat setelah surat Al Muzzammil dan sebelum surat Al Qiyamah.

Terjemahan ayat 1-7 surat Al Mudatsir

Secara keseluruhan, surat Al Muddassir terdiri dari 56 ayat. Berikut terjemahan ayat 1-7 surat Al Mudatsir:

يٰٓاَيُّهَا الْمُدَّثِّرُۙ - ١

Artinya: 1. Wahai orang yang berkemul (berselimut)!

قُمْ فَاَنْذِرْۖ - ٢

Artinya: 2. bangunlah, lalu berilah peringatan!

وَرَبَّكَ فَكَبِّرْۖ - ٣

Artinya: 3. dan agungkanlah Tuhanmu,

وَثِيَابَكَ فَطَهِّرْۖ - ٤

Artinya: 4. dan bersihkanlah pakaianmu,

وَالرُّجْزَ فَاهْجُرْۖ - ٥

Artinya: 5. dan tinggalkanlah segala (perbuatan) yang keji,

وَلَا تَمْنُنْ تَسْتَكْثِرُۖ - ٦

Artinya: 6. dan janganlah engkau (Muhammad) memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak.

وَلِرَبِّكَ فَاصْبِرْۗ - ٧

Artinya: 7. Dan karena Tuhanmu, bersabarlah.

Ababun nuzul ayat 1-7 surat Al Mudatsir

Ada beberapa versi mengenai sebab turunnya ayat-ayat pada surat Al Muddassir. Dalam tafsir Ibnu Katsir dijelaskan bahwa ayat pertama surat Al Mudatsir adalah ayat Al Quran yang pertama kali diturunkan kepada Rasulullah SAW. Pendapat ini merujuk pada riwayat Imam Bukhari dalam shahihnya.

Imam Bukhari mengatakan melalui hadits Yahya ibnu Abu Kasir, dari Abu Salamah, dari Jabir; ia pernah mengatakan bahwa ayat Al-Qur'an yang mula-mula diturunkan adalah firman-Nya: Hai orang yang berkemul (berselimut). (Al-Muddassir:1)

Namun demikian, jumhur ulama sepakat bahwa ayat yang pertama kali diturunkan adalah surat Al-Alaq ayat 1-5. Kala itu Jibril turun dengan membawa wahyu: "Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang Menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari 'alaq. Bacalah dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan qalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. (Al-'Alaq: 1-5).

Pendapat lain berasal dari Imam Thabrani. Namun, dia meriwayatkan dengan sanad yang lemah dari jalur Ibnu Abbas. Tatkala Walid ibnul-Mughirah bertanya kepada orang-orang Quraisy terkait Nabi Muhammad SAW, sebagian dari mereka mengatakan bahwa apa yang dibawa oleh Rasulullah SAW merupakan sihir yang dipelajari dari orang-orang terdahulu.

Mendengar ucapan tersebut, Rasulullah SAW merasa sedih lantas menutup kepalanya dan menyelimuti tubuhnya dengan selimut. Lalu, turunlah ayat "Wahai orang yang berkemul (berselimut)! hingga ayat ke-7 surat Al Mudatsir. Demikian seperti dikutip dari buku Asbabun Nuzul yang disusun Ach Fawaid.

Simak Video "Melihat Madrasah di Afghanistan di Bawah Kepemimpinan Taliban"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia