Dear Pelajar-Mahasiswa, Ini Lokasi Uji Emisi Gratis Jakarta dan Tangerang

Kristina - detikEdu
Rabu, 03 Nov 2021 20:00 WIB
Jakarta -

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta dan DLH Tangerang menggelar uji emisi gratis baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Uji emisi dilakukan mulai pukul 08.00 WIB.

"Kami buka pelayanan mulai pukul 08.00 sampai 14.00 WIB," ucap Humas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Yogi Ikhwan, di Jakarta.

Uji emisi adalah proses pengujian untuk mengetahui kinerja mesin yang terdeteksi melalui monitor khusus. Upaya ini dilakukan untuk mengetahui tingkat efisiensi pembakaran yang terjadi dalam mesin berdasarkan kriteria yang telah ditentukan.

Dikutip dari Antara, tidak ada pembatasan kuota kendaraan yang dapat melakukan uji emisi gratis setiap harinya. Pelayanan akan disesuaikan berdasarkan jam operasional yang telah ditetapkan.

Uji emisi gratis yang difasilitasi oleh DLH DKI Jakarta ini berlaku untuk kendaraan berpelat nomor Jakarta dan kendaraan non-Jakarta. Proses uji emisi dibagi menjadi tiga bagian, yakni kendaraan roda dua, roda empat, dan roda empat dengan bahan bakar solar.

Proses uji emisi tidak memakan waktu lama, hanya sekitar lima menit saja. Setelah proses uji emisi selesai, pemilik kendaraan harus menunggu 10-15 menit untuk mendapatkan bukti kendaraan telah lolos uji emisi. Kendaraan yang tidak lolos uji emisi akan diminta untuk melakukan perawatan dan ganti oli di bengkel.

Daftar Lokasi Uji Emisi Gratis Jakarta dan Tangerang

Uji emisi gratis telah digelar sejak Selasa (2/11/2021) kemarin. Rencananya, uji emisi masih berlangsung hingga besok, Kamis (4/11/2021). Berikut jadwal dan lokasi uji emisi gratis di wilayah Jakarta dan Tangerang:

Setiap Selasa dan Kamis
Bengkel dinas setempat di Cililitan, Jakarta Timur

Selasa 2 November 2021
Jl MH Thamrin, Kecamatan Tangerang (depan PT Argo Pantes)

Rabu 3 November 2021
Jl Sudirman, Kecamatan Tangerang (sekitar depan komplek imigrasi)

Kamis 4 November 2021
Jl Imam Bonjol (Palem Semi)

Uji emisi di lokasi tersebut dimulai pukul 08.00 WIB hingga selesai. Detikers dapat datang lebih awal untuk menghindari antrian. Selain di DLH DKI, uji emisi juga dapat dilakukan di 14 bengkel swasta. Namun, akan ada tarif yang dikenakan sesuai dengan mekanisme pasar.

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama pihak kepolisian akan mengenakan tilang bagi kendaraan yang tidak memenuhi syarat uji emisi. Kebijakan ini berlaku mulai 13 November 2021 mendatang. Penindakan ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Gubernur Nomor 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

Proses tilang diberlakukan berdasarkan UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 285 dan 286. Berdasarkan aturan tersebut, denda yang diberikan untuk pelanggaran yang dilakukan maksimal Rp 500 ribu.

(kri/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia