Mengapa Kita Harus Melakukan Sujud Syukur?

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Senin, 01 Nov 2021 17:30 WIB
itikaf
Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto/Mengapa Kita Harus Melakukan Sujud Syukur?
Jakarta - Mengapa kita harus melakukan sujud syukur? Pertanyaan ini dapat dijawab melalui pemahaman tentang definisi dari sujud syukur itu sendiri.

Melansir dari buku Fikih Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII oleh Zainal Muttaqin, MA dan Drs. Amir Abyan, MA, kata syukur secara bahasa berarti berterima kasih. Sujud syukur dilakukan sebagai rasa berterima kasih kepada Allah SWT karena memperoleh nikmat dariNya atau karena terhindar dari bahaya atau musibah.

Para ulama mazhab Syafi'iah dan Hambaliah berpendapat sujud syukur hukumnya sunnah dan ada sebab yang menjadi alasan mengapa kita harus melakukan sujud syukur. Sebab-sebab sujud syukur telah dijelaskan dalam hadits-hadits dari Rasulullah SAW.

Salah satunya, hadits dari sabda Rasulullah SAW yang memberi contoh untuk melakukan sujud syukur setelah menerima kabar baik, dinukil dari Abu Bakrah hadits tersebut berbunyi,

عَنْ أَبِى بَكْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- أَنَّهُ كَانَ إِذَا جَاءَهُ أَمْرُ سُرُورٍ أَوْ بُشِّرَ بِهِ خَرَّ سَاجِدًا شَاكِرًا لِلَّهِ

Artinya: Dari Abu Bakrah, dari Rasulullah SAW, "Ketika beliau mendapatkan hal yang menggembirakan atau dikabarkan berita gembira, beliau tersungkur untuk sujud pada Allah Ta'ala." (HR Abu Daud).

Selain itu, hadits lain menyebutkan bahwa Rasulullah SAW juga melakukan sujud syukur saat mendengar kabar baik dari Malaikat Jibril. Dari Abdurrahman bin 'Auf RA, ia berkata.

عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَوْفٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ سَجَدَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَطَالَ السُّجُوْدَ ثُمَّ رَفَعَ رَأْسَهُ فَقَالَ إِنَّ جِبْرِيْلَ أَتَانِي فَبَشَّرَنِي فَسَجَدْتُ ِللهِ شُكْرًا. [رواه أحمد وصححه الحاكم].

Artinya: "Rasulullah SAW pernah sujud dan lama sujudnya, kemudian beliau mengangkat kepalanya, lalu bersabda: Sesungguhnya malaikat Jibril telah datang kepadaku (membawa kabar), dan kabar itu menggembirakan hatiku, karena itu aku sujud sebagai tanda syukur kepada Allah," (HR Ahmad).

Dikutip dari buku Fikih Ibadah: Panduan Lengkap Beribadah Sesuai Sunnah Rasul karya Hasan Ayyub, ahli tafsir Imam Baghawi menyebutkan beberapa kondisi yang membuat seseorang diharuskan melakukan sujud syukur melalui tulisannya dalam syarh as-sunnah.

Menurutnya, sujud syukur dilakukan saat terjadinya nikmat yang telah lama dinanti dan terhindar dari musibah yang tidak diharapkan. Secara rinci, sebab-sebab mengapa kita harus melakukan sujud syukur di antaranya yakni,

  • Mendapatkan kenikmatan dari Allah
  • Mendapat rezeki materi, ilmu, kesehatan, dan sebagainya
  • Meraih keberhasilan
  • Sembuh dari penyakit
  • Menemukan harta yang hilang
  • Mendapatkan berita yang menggembirakan
  • Terhindar dari bahaya musibah yang akan menimpa atau diberikan keselamatan
  • Mampu menghindarkan diri dari perbuatan dosa dan maksiat, sedangkan banyak orang yang melakukan perbuatan tersebut

Sujud syukur disyariatkan untuk dikerjakan secara spontan, seperti yang dikutip dari buku Seri Fiqih Kehidupan 3: Shalat yang ditulis oleh Ahmad Sarawat. Sebab itulah, seseorang tidak disyariatkan untuk bersuci terlebih dahulu ketika hendak mengerjakan sujud syukur.

Mazhab Asy-Syafi'iyah dan Al-Hanabilah meralang sujud syukur bila dilakukan pada saat mengerjakan sholat. Hal ini dianggap telah menambah gerakan di luar gerakan sholat dan sholat menjadi batal.

"Karena penyebabnya di luar sholat. Dan bila sujud syukur itu dilakukan, sholatnya menjadi batal. Kecuali karena seseorang lupa atau tidak tahu," tulis Ahmad Sarawat.

Tata cara mengerjakan sujud syukur juga serupa dengan sujud dalam sholat. Kemudian, sujud dilakukan secara munfarid (sendiri) dan bisa dilanjutkan dengan membaca doa setelahnya.

Nah, gimana detikers? Pertanyaan mengenai 'mengapa kita harus melakukan sujud syukur' sudah terjawab, bukan?

Simak Video "Potret Pesisir Bekasi yang Terancam Tenggelam Karena Banjir Rob"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia