10 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di RI Tahun 2021, Ada yang Sampai Rp 250 Juta

Fahri Zulfikar - detikEdu
Rabu, 27 Okt 2021 16:30 WIB
Ilustrasi pekerjaan
Foto: Shutterstock/10 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di RI Tahun 2021, Ada yang Sampai Rp 250 Juta
Jakarta - Pekerjaan dengan gaji tinggi ternyata tidak hanya di luar negeri. Di Indonesia, beberapa pekerjaan dibayar dengan gaji tinggi bahkan hingga ratusan juta rupiah tiap bulannya.


Salah satu layanan rekrutmen profesional, Michael Page, telah melakukan riset terhadap posisi kerja di Indonesia yang mendapatkan gaji tinggi tahun 2021. Hasilnya, ada 10 pekerjaan yang berada pada daftar bayaran tertinggi. Posisi apa saja?


10 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi di Indonesia Tahun 2021:


1. Corporate Suite Roles (C-Suite Roles)


Riset Michael Page menuliskan pekerjaan pertama dengan gaji paling besar di Indonesia adalah level corporate suite. Posisi eksekutif di perusahaan seperti Chief Financial Officer, Chief Executive Officer, Chief Operating Officer berkisar dari Rp 137 juta hingga Rp 250 juta.


Umumnya mereka memiliki keahlian ilmu dari Properti & Konstruksi, Konsumen & Ritel, Bisnis & Layanan Keuangan hingga Industri & Manufaktur.


2. Head of Finance


Posisi pekerjaan kedua ada Head of Finance yang bisa mendapatkan gaji hingga Rp 115 juta. Posisi ini pada dasarnya bertanggung jawab atas keuangan organisasi, mengawasi anggaran di berbagai departemen, melakukan manajemen risiko, mengevaluasi investasi dan memastikan bisnis tetap menguntungkan.


3. Country Sales Manager


Posisi departemen penjualan dalam perusahaan merupakan bagian yang penting. Oleh karena itu, pemimpin departemen ini akan mendapat kompensasi yang baik ketika pekerjaan dilakukan dengan baik.


Menurut riset Michael Page, pekerjaan Country Sales Manager dapat mendapatkan gaji hingga Rp 175 juta. Namun, kisaran itu akan tergantung pada industri, ukuran perusahaan, dan volume penjualan untuk perusahaan.


4. Head of Risk


Sebagai Head of Risk atau Direktur Risiko untuk sebuah perusahaan, seorang profesional harus memiliki gelar dan pengetahuan terkini tentang peraturan dan regulasi yang terus berubah.


Pekerjaan ini bertanggung jawab untuk melindungi perusahaan dari risiko di berbagai bidang, mulai dari risiko keuangan, kepatuhan, hingga strategi.


Karena peran penting ini seseorang bisa mendapatkan gaji hingga Rp 150 juta lho.


5. Direktur Marketing


Perannya yang penting dalam memperoleh klien atau pelanggan baru, serta meningkatkan kesadaran merek dan meningkatkan pasar, membuat posisi Direktur Marketing dapat memperoleh penghasilan berkisar Rp 110 juta hingga Rp 150 juta.


6. Direktur Product Management


Menjadi Direktur Produk adalah pekerjaan manajemen tingkat tinggi yang dapat mencakup sejumlah tanggung jawab, tergantung pada industri, proyek, dan ukuran tim yang dikelola.


Sebagai orang kunci untuk mengatur dan menyelesaikan proyek, Direktur Product Management bisa dibayar hingga Rp 140 juta.


7. Direktur Teknik


Pekerjaan Direktur atau VP of Engineering bertanggung jawab memimpin departemen engineering sebuah perusahaan.


Seperti kepala departemen pada umumnya, tanggung jawab direktur teknik di antaranya merencanakan dan mengarahkan semua aspek kegiatan teknik mulai dari mempekerjakan dan melatih anggota tim baru hingga mengelola proyek dan anggaran teknik.


Seorang direktur teknik di berbagai industri dapat memperoleh gaji yang bervariasi, mulai dari Rp 117 juta hingga Rp 129 juta.


8. Direktur Supply Chain


Pada intinya, Supply Chain merupakan pekerjaan konvergensi dari berbagai proses yang datang bersama untuk menyelesaikan tugas. Proses ini bervariasi dalam kompleksitas dan keragaman, tergantung pada sektor tertentu dan ukuran organisasi.


Dengan pekerjaannya, Direktur Supply Chain bisa mendapatkan hingga Rp 103 juta.


9. Kepala Pengadaan (Procurement)


Peran Kepala Pengadaan juga sangat penting karena bertanggung jawab mengawasi pembelian perusahaan. Biasanya, kepala pengadaan bekerja sama dengan tim keuangan dan logistik untuk menetapkan strategi dan kebijakan pembelian sambil memenuhi anggaran perusahaan dan persyaratan operasional lainnya.


Gaji seorang Kepala Pengadaan di Indonesia bisa mencapai Rp 99 Juta.


10. Kepala Bagian Hukum (Legal)


Pekerjaan dengan gaji tinggi terakhir menurut riset Michael Page adalah Kepala Hukum atau Head of Legal yang dipekerjakan oleh perusahaan publik lebih dari sekadar pengacara.


Head of Legal diharuskan memanfaatkan pengetahuan industri dan berfungsi sebagai penasihat bisnis untuk CEO. Selain itu, penasihat umum perlu membantu mendorong efisiensi dalam organisasi mereka dengan memanfaatkan teknologi hukum.


Gaji yang bisa didapatkan Head of Legal berkisar antara Rp 57 Juta hingga Rp 91 Juta.


Nah, itulah 10 pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia tahun 2021 versi riset Michael Page.

Simak Video "Jenis Pekerjaan yang Diminati di Masa Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia