Sejarah Garuda Indonesia yang Dulunya Pesawat Militer

Puti Yasmin - detikEdu
Selasa, 26 Okt 2021 18:00 WIB
Pesawat Garuda Indonesia
Foto: (Afif/detikTravel)/Sejarah Garuda Indonesia yang Dulunya Pesawat Militer
Jakarta - Garuda Indonesia merupakan perusahaan BUMN di bidang transportasi udara. Tapi, tahukah detikers bahwa sebelum menjadi pesawat komersial, Garuda Indonesia merupakan pesawat militer.

Sejarah Garuda Indonesia

Dikutip dari laman resmi Garuda Indonesia, sejarah hadirnya penerbangan komersial oleh pesawat plat merah ini berasal dari inisiatif dari Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI). Adapun nama pesawat awalnya adalah 'Indonesian Airways'.

Pihak militer menyewakan pesawat Indonesian Airways kepada pemerintah Burma pada 26 Januari 1949. Namun, pada 21 Desember 1949 dilaksanakan perundingan hingga akhirnya lahir nama 'Garuda Indonesian Airways' (GIA) untuk maskapai Indonesia oleh Presiden Soekarno.

Pesawat Garuda Indonesia pertama kali pun terbang dari bandar udara Kemayoran, Jakarta ke Yogyakarta pada 28 Desember 1949. Penerbangan tersebut dilakukan untuk menjemput Soekarno sekaligus menandai perpindahan Ibukota kembali ke Jakarta.

Pada tahun 1950, Garuda Indonesia menjadi perusahaan negara. Tercatat di tahun tersebut terdapat 38 buah armada pesawat yang terdiri dari 22 buah pesawat DC-3, 8 pesawat Catalina, dan 8 buah Convair 240.

Penerbangan ke Mekkah pertama kali dilakukan pada tahun 1956 dengan membawa jemaah haji. Kemudian, pada tahun 1965 Garuda Indonesia kembali melakukan penerbangan pertama ke negara-negara di Eropa.

Saat ini, Garuda Indonesia sudah tak berada di bawah militer dan milik pemerintah sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Saat ini, Garuda Indonesia mengoperasikan 210 armada yang terdiri dari 142 pesawat untuk Garuda Indonesia dan 68 pesawat untuk Citilink.

Nah, detikers sudah tahu kan sejarah Garuda Indonesia yang dulunya pesawat militer?

Simak Video "Pesawat Kecil Mendarat Darurat di Jalan Raya"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia