Mengenal Bioma Taiga Beserta Ciri-cirinya

Kholida Qothrunnada - detikEdu
Selasa, 26 Okt 2021 12:00 WIB
hutan unik
Bioma taiga yang terdapat di Rusia Foto: (nindumize/Instagram)
Jakarta - Bioma taiga adalah ekosistem yang vegetasinya hanya terdiri atas satu spesies pohon. Bioma sendiri dapat didefinisikan sebagai sebuah ekosistem besar berdasarkan iklim, yang di dalamnya terdiri dari flora dan fauna tertentu.

Bioma taiga merupakan bioma terluas dibandingkan dengan bioma-bioma lainnya yang ada di bumi. Dikutip dari Encyclopedia Britannica, 17 persen daratan bumi merupakan jenis bioma ini

Samadi dalam buku Geografi SMA Kelas XI, mengungkapkan bahwa kata "taiga" berasal dari bahasa Rusia yang berarti hutan gelap yang misterius. Bioma ini sering disebut juga hutan boreal.

Untuk diketahui, bioma yang terbentuk akan menyesuaikan dengan letak geografis dan astronomisnya. Beberapa karakteristik bioma terbagi menjadi bioma padang rumput (stepa), bioma tundra, bioma gurun, bioma hutan tropis, bioma hutan gugur, bioma sabana dan bioma taiga.

Menurut e-Modul Geografi Kelas XI terbitan Kemendikbud yang disusun oleh Dra. Nyoman Suarning, persebaran bioma taiga pada umumnya terletak pada lintang 60° - 70° Lintang Utara atau Lintang Selatan.

Wilayah yang masuk kategori bioma taiga yakni di daerah bagian utara bumi seperti Kanada, Rusia, Siberia, Alaska, Finlandia, Skandinavia, Siberia, dan beberapa negara yang ada di beberapa di kawasan Asia Utara.

Ciri - ciri Bioma Taiga

  1. Terletak di kawasan subarktik, dimana musim dingin akan berlangsung cukup panjang dan dan musim panas berlangsung sangat pendek (1-3 bulan saja).
  2. Memiliki curah hujan hingga 400-750 mm per tahun.
  3. Perbedaan antara suhu musim panas dan musim dingin cukup tinggi. Suhu yang ada pada bioma taiga bisa mencapai 90°F atau lebih pada musim panas.
  4. Pertumbuhan tanaman terjadi pada musim panas berlangsung antara 3 -6 bulan.
  5. Tumbuhan akan tetap hijau sepanjang tahun, baik itu di musim dingin dengan suhu rendah sekalipun.
  6. Jenis tumbuhan yang hidup cenderung lebih sedikit dan spesifik, yaitu hanya terdiri dari 2-3 jenis saja.
  7. Flora khasnya adalah pohon berdaun jarum, seperti pohon konifer (pinus). Contoh flora khas lainnya yaitu, cemara, dan albus.
  8. Fauna yang dapat hidup merupakan hewan berdarah dingin. Contoh hewan yang ada dalam bioma adalah beruang, serigala, beruang hitam, rubah, rusa kutub, dan burung-burung yang berimigrasi.
  9. Daerahnya berfungsi sebagai daerah penghasil kayu, untuk dimanfaatkan sebagai penghasil kertas.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai bioma taiga beserta ciri-cirinya. Semoga bisa membuat detikers jadi lebih paham ya!



Simak Video "Hutan Hujan Amazon Kehilangan 13 Ribu Kilometer Persegi dalam 1 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia