Benarkah Facebook akan Berganti Nama? Ini Penjelasan Mark Zuckerberg

Novia Aisyah - detikEdu
Minggu, 24 Okt 2021 15:10 WIB
Mark Zuckerberg
Foto: shutterstock
Jakarta -

Facebook disebutkan akan berganti nama. Perubahan nama ini merupakan respons media sosial yang didirikan sejak 2004 lalu untuk membangun ruang digital metaverse.

Metaverse adalah lingkungan serta ekosistem virtual kolektif yang dapat diakses penggunanya secara daring.

Berdasarkan laporan dari The Verge, seperti dikutip dari detikInet pada Minggu (24/10/20210), sumber yang mengetahui hal ini secara langsung menyebutkan, bahwa perubahan nama yang dilakukan Facebook bertepatan dengan konferensi tahunan connect pada 28 Oktober sebentar lagi.

Akan tetapi, masih menurut sumber yang sama, pergantian nama ini bisa juga terjadi lebih cepat dari yang diperkirakan.

Alasan di Balik Perubahan Nama Facebook

Perubahan nama ini dilakukan Facebook dalam rangka untuk membangun citra baru yang meletakkan aplikasi Facebook sebagai salah satu dari berbagai produk yang ada di bawah induk perusahaan dari Instagram, WhatsApp, Oculus, dan lainnya.

Tidak lama sebelumnya, Facebook juga membuka lowongan yang cukup besar untuk 10.000 posisi. Rekrutmen ini ditujukan untuk menjalankan produk hardware consumer, seperti kacamata AR yang menurut Mark Zuckerberg bakal sepopuler ponsel pintar.

Sekarang ini, pihak Facebook tidak menanggapi pemberitaan terkait perubahan nama ini.

Namun, pendiri Facebook itu menyebutikan, "Kami akan secara efektif bertransisi dari orang-orang yang melihat kami sebagai perusahaan media sosial menjadi perusahaan metaverse."

Sebelumnya, di tahun 2015, Google juga mengubah nama perusahaan induk mereka menjadi Alphabet Inc. Tujuannya agar menciptakan citra bahwa Google tak hanya sekedar mesin pencari lagi, tetapi juga menjalankan bidang lain.

Kemudian, di tahun 2016, Snapchat juga mengubah nama mereka menjadi Snap Inc untuk membentuk citra yang baru sebagai perusahaan induk yang menaungi perusahaan-perusahaan lainnya.

Kalau menurut detikers, nama apa yang kira-kira sesuai untuk Facebook?



Simak Video "Pakar Kritisi Keputusan Facebook Ganti Nama Jadi Meta"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia