Besar Matahari Versus Planet, Satelit, dan Bintang-Bintang di Semesta

Trisna Wulandari - detikEdu
Selasa, 19 Okt 2021 20:00 WIB
Matahari
Matahari. Foto: Wikimedia Commons/NASA/SDO
Jakarta - Matahari adalah pusat tata surya yang punya massa dan ukuran paling besar di antara semua objek di tata surya. Apakah detikers tahu, seberapa besar Matahari jika dibandingkan dengan planet, satelit, dan bintang-bintang di alam semesta?

Matahari yang sudah berusia 4,6 miliar tahun ini punya massa 1,989 x 10 pangkat 30 kilogram. Bintang tunggal (single star) ini punya volume sekitar 1,41 x 10 pangkat 18 km kubik dan radius sekitar 696.000 km.

Besar Matahari Versus Objek di Alam Semesta

Dikutip dari pos Observatorium Bosscha Institut Teknologi Bandung @bosschaobservatory, jika volume Matahari diibaratkan sebagai kantong, maka kamu bisa memasukkan planet dan satelit sebanyak ini ke dalam matahari:

  • 1.000 Planet Jupiter
Planet Jupiter.Planet Jupiter. Foto: Wikimedia Commons/NASA

Jupiter adalah planet terbesar di tata surya. Besar Jupiter adalah lebih dari dua kali besar semua planet lain di tata surya kalau digabungkan, dan 11 kali besar Bumi, seperti dikutip dari laman NASA. Nah, terbayang ya detikers sebesar apa Matahari kalau planet paling besar di tata surya ini saja bisa muat 1.000 buah kalau masuk Matahari?

  • 1.300.000 Planet Bumi
Planet BumiPlanet Bumi. Foto: Getty Images

Bumi adalah planet terbesar kelima di tata surya. Meskipun terkesan kalah besar dari planet-planet lain, bumi menampung 7,9 miliar manusia di permukaannya, lho. Jika ada 1,3 juta Bumi yang bisa masuk Matahari, apakah kamu bisa hitung berapa triliun manusia yang bisa masuk Matahari?

Andaikan bumi sebesar kelereng, maka matahari adalah bola berdiameter 1,1 meter. Besar banget, ya.

  • 64.300.000 Bulan
Fenomena Bulan Biru Musiman atau Seasonal Blue Moon di langit Bekasi, Minggu (22/8/2021). Bulan Biru adalah purnama ketiga dari salah satu musim astronomis yang di dalamnya terjadi empat kali bulan purnama. ANTARA FOTO/Paramayuda/wsj.Fenomena Bulan Biru Musiman atau Seasonal Blue Moon di langit Bekasi, Minggu (22/8/2021). Bulan Biru adalah purnama ketiga dari salah satu musim astronomis yang di dalamnya terjadi empat kali bulan purnama. ANTARA FOTO/Paramayuda/wsj. Foto: ANTARA FOTO/Paramayuda

Bulan adalah satu-satunya satelit alaminya Bumi, berbeda dengan Jupiter yang punya ribuan satelit alami yang memutarinya. Meskipun sendirian, kehadiran Bulan punya banyak manfaat, di antaranya yaitu membantu stabilisasi gerakan Bumi dan pengaturan iklim di Bumi.

Ukuran Bulan adalah 3,7 kali lebih kecil dari Bumi. Dengan ukurannya, ada 64,3 juta Bulan yang bisa masuk matahari. Banyak banget, ya?

Di sisi lain, meskipun matahari merupakan objek terbesar di tata surya, ada banyak bintang yang lebih besar dari matahari dan cukup terang untuk terlihat di malam hari. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Sirius
Bintang Sirius.Bintang Sirius. Foto: Wikimedia Commons

Sirius adalah bintang paling terang di langit malam dengan besar 1,71 kali matahari. Sirius disebut juga Alpha Canis Major atau Bintang Anjing. Bintang biner di konstelasi Canis Major ini terang karena komponennya, yaitu bintang biru-putih yang 25,4 kali lebih terang dari matahari, seperti dikutip dari Encyclopedia Britannica.

Bintang biru adalah bintang panas. Suhu permukaan Sirius adalah 9.940 derajat Kelvin (K), 4.000 derajat K lebih tinggi dari Matahari. Nama Sirius berasal dari kata bahasa Yunani yang artinya 'berkilau' atau 'terbakar'.

  • Antares
Bintang Antares.Nebula bintang Antares. Foto: Wikimedia Commons/Martin Bernandi

Antares adalah bintang dingin berwarna merah dengan besar 680 kali besar Matahari. Chromosphere (lapisan di atas permukaan bintang) Antares adalah 2,5 kali radius Antares, sementara kromosfer Mahahari cuma 1/200 radius matahari, seperti dikutip dari laman Earth Sky.

Antares relatif lebih dingin dari bintang-bintang lain, yaitu 3.400 derajat Celcius (C). Sementara itu, matahari bersuhu kira-kia 5.800 derajat C. Tetapi karena sangat besar, cahaya bintang Antares sangat terang, yaitu 11.000 kali lebih terang dari Matahari.

Antares bisa terlihat di langit utara saat malam musim panas dan di langit selatan saat malam musim dingin. Bintang ini disebut juga Alpha Scorpii dan Scorpion's Heart, bintang paling terang di jantung konstelasi zodiak Scorpius the Scorpio.

Nah, jadi Matahari yang bisa memuat 1,3 juta Bumi saja masih 680 kali lebih kecil dari bintang Antares di alam semesta, dan bintang-bintang lainnya. Jikaa matahari saja sekecil itu di semesta, apalagi manusia di bumi ya detikers. Yuk, manfaatkan waktu kita di semesta dengan belajar dan bahagia!



Simak Video "Ada Uap Air Terdeteksi di Satelit Jupiter Ganymede"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia