Maulid Nabi Muhammad, Kapan Rasulullah SAW Lahir Dalam Tahun Masehi?

Rosmha Widiyani - detikEdu
Selasa, 19 Okt 2021 14:01 WIB
Ilustrasi Nabi Muhammad
Foto: Getty Images/iStockphoto/ramil110/Maulid Nabi Muhammad, Kapan Rasulullah SAW Lahir Dalam Tahun Masehi?
Jakarta - Maulid Nabi Muhammad adalah peringatan kelahiran Rasulullah SAW, yang jatuh pada Selasa (19/10/2021). Namun hari libur digeser menjadi Rabu (20/10/2021) untuk mencegah terjadinya kerumunan dan peningkatan kasus COVID-19 di tanggal merah.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad, seperti tahun sebelumnya, dilakukan seluruh muslim di Indonesia. Peringatan bertujuan meningkatkan rasa cinta, yang diwujudkan dengan mengikuti sunnah Nabi SAW dan ketentuan dalam Al Quran demi kemajuan Islam.

Peristiwa kelahiran Nabi Muhammad SAW selalu mengundang rasa penasaran masyarakat. Peneliti astronomi senior Prof Thomas Djamaluddin menjelaskan kapan Nabi Muhammad SAW lahir dalam penanggalan masehi (M), yang banyak digunakan di Indonesia.

"Saat kelahiran Nabi tersebut bertepatan dengan hari Senin 5 Mei 570 M. Nabi lahir pada tahun gajah, yaitu saat Abraha dan pasukan bergajahnya ingin menghancurkan Ka'bah yang digagalkan Allah SWT," kata Prof Thomas dalam siaran zoom berjudul Kisah Rasul Dalam Perspektif Astronomi.

Siaran pada Senin (18/10/2021) tersebut diselenggarakan Pengajian Cangkrukan ITB 81, yang berawal dari WhatsApp grup alumni ITB bernama Tadabur ITB 81. Dalam siaran tersebut, Prof Thomas mengatakan Nabi lahir pada Senin 12 Rabiul Awal Tahun Gajah.

Berikut adalah salah satu hadits yang menceritakan kelahiran Nabi Muhammad SAW, yang diriwayatkan Imam Ibnu Ishaq dari Ibnu Abbas,

وُلِدَ رَسُولُ اللَّهِ يَوْمَ الِاثْنَيْنِ، لِاثْنَتَيْ عَشْرَةَ لَيْلَةً خَلَتْ مِنْ شَهْرِ رَبِيع الْأَوَّلِ، عَام الْفِيلِ

Artinya: "Rasulullah dilahirkan di hari Senin, tanggal dua belas di malam yang tenang pada bulan Rabiul Awwal, Tahun Gajah."

Selain sesuai hadits, 12 Rabiul Awal Tahun Gajah juga menjadi pendapat umum terkait kapan Rasulullah SAW lahir. Momen tersebut bertepatan dengan awal musim semi yang tidak terlalu panas atau dingin, dengan durasi siang dan malam relatif sama.

Prof Thomas menjelaskan, Tahun Gajah terjadi pada 53 tahun sebelum hijrah. Secara matematis tahun tersebut dapat dinyatakan sebagai tahun -53 Hijriah (H). Tahun inilah yang kemudian dihitung mundur untuk mengetahui kelahiran Rasulullah SAW.

Maulid Nabi Muhammad yang ditandai kelahiran Rasulullah SAW bukan satu-satunya peristiwa yang dihitung mundur dalam kalender masehi. Berbagai peristiwa besar lain dalam kehidupan nabi juga diketahui momennya dengan metode ini.

Hal ini disebabkan sistem kalender Hijriah yang baru ditetapkan pada masa kekhalifahan Umar bin Khatab. Sistem ini diterapkan setelah umat muslim kesulitan dalam urusan administrasi, manajemen dan mengidentifikasi dokumen. Sebelumnya penanggalan hanya dilakukan berdasarkan peristiwa besar yang diingat tiap orang.

Maulid Nabi Muhammad biasanya dirayakan sesuai tradisi di tiap wilayah. Namun peringatan jangan sampai mengabaikan protokol kesehatan untuk mengantisipasi keramaian dan risiko melonjaknya kasus COVID-19.

Simak Video "Jelang Libur Maulid Nabi, Arus Kendaraan di Tol Cipularang Ramai"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia